5 Aplikasi Terbaik Android untuk Fotografi Outdoor

0
368
foto outdoor
5 Aplikasi Terbaik Android untuk Fotografi Outdoor

Smartphone dengan kualitas kamera yang bagus belum tentu bisa menghasilkan foto yang bagus pula. Sebab, semua akan kembali pada diri kita sendiri, bagaimana cara kita saat mengambil gambar, terutama saat memotret di luar ruangan. Hasil foto bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, termasuk cuaca. Hasil foto di cuaca yang panas, mendung atau hujan pasti akan berbeda.

Namun bagi Anda yang masih awam soal fotografi, jangan cemas. Ada beberapa aplikasi pendukung di smartphone berbasis Android, yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan jepretan foto Anda di luar ruangan atau outdoor. Dengan bantuan beberapa aplikasi tersebut, maka hasil foto Anda pastinya akan jadi berbeda dan makin sensasional. Aplikasi apa saja itu? Berikut ulasan selengkapnya.

Tips Mengambil Foto di Luar Ruangan

  1. VSCO

vsco

Aplikasi Android pertama yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan fotografi outdoor adalah VSCO. Aplikasi ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para penggemar seni fotografi. Selain gratis, aplikasi VSCO bisa juga diunduh oleh pengguna smartphone berbasis iOS. Ini merupakan salah satu aplikasi edit foto terpopuler, dengan preset yang bagus dan kontrol kamera yang canggih. Anda juga bisa membuat profil VSCO untuk mengunggah hasil jepretan Anda ke akun tersebut dan membagikannya dengan pengguna lain.

  1. Afterlight

afterlight

Berikutnya ada aplikasi edit foto Afterlight, yang juga tersedia untuk perangkat berbasis Android ataupun iOS. Aplikasi ini memang berbayar, harganya sekitar USD 1 atau sekitar Rp 13 ribuan saja. Namun, harga tersebut akan terasa sangat murah setelah Anda menikmati banyak fitur keren di dalamnya. Terdapat setidaknya 74 filter yang keren, 78 tekstur natural, 15 tool khusus untuk menyesuaikan foto, hingga 128 frame yang bisa diatur ukurannya. Ditambah, aplikasi ini sangat Instagram-able bagi Anda yang suka mengunggah foto ke media sosial Instagram.

  1. Adobe Photoshop Lightroom

adobe lightroom

Untuk aplikasi edit foto tingkat lanjut, Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop Lightroom, yang bisa diunduh secara gratis. Aplikasi ini membantu Anda untuk meningkatkan kualitas foto menjadi lebih profesional dan berkualitas. Mungkin fitur terbaik dari aplikasi ini adalah proses perampingan yang lebih sederhana dan membuat Anda bisa meng-copy satu foto ke foto lainnya. Dengan aplikasi ini, hasil jepretan kamera ponsel Anda bisa terlihat seperti menggunakan kamera DSLR.

  1. Polarr

polarr

Pilihan berikutnya adalah aplikasi Polarr. Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store. Anda bisa mengkustomisasi tampilan antarmukanya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Selain itu dilengkapi pula dengan fitur color mask yang keren, 3D Touch, penyesuaian foto, dan pastinya sangat memudahkan untuk memberi sentuhan profesional pada hasil jepretan Anda. Walau aplikasi gratisan, tapi fiturnya tidak akan mengecewakan.

  1. Snapseed

snapseed

Terakhir, ada aplikasi edit foto besutan Google, Snapseed. Ya, aplikasi ini juga gratis 100 persen! Fitur yang diberikan memang tidak terlalu banyak, jika dibandingkan dengan empat aplikasi sebelumnya tadi. Hanya saja ada pilihan penyesuaian foto yang lebih spesifik. Anda bisa melakukan beberapa pengaturan seperti merotasi foto, brush, memotong (crop), mengatur tune, blur, kontras, heal, dan sebagainya. Tapi aplikasi ini kurang cocok bagi Anda yang menyukai hasil filter instan.

Nah, itulah tadi lima macam aplikasi Android terbaik untuk memaksimalkan hasil fotografi outdoor Anda. Jangan lupa juga untuk mengasah kemampuan fotografi Anda, supaya hasil jepretan yang didapat makin ciamik. Pastinya foto hasil jepretan Anda bukan hanya bagus karena sentuhan filter aplikasi semata. Selamat mencoba!

Artiket terkait  Game 2D Android yang Seru Lepas Jenuh