Alipay Mulai Ancam Dominasi Paypal

0
138
alipay
Alipay Mulai Ancam Dominasi Paypal

Paypal sebagai salah satu layanan pembayaran internasional terbesar dan paling terpercaya ternyata juga tidak lepas dari persaingan dunia bisnis. Setelah berfungsi sebagai metode pembayaran untuk Alibaba, Alipay kini telah berkembang sebagai sebuah one-stop solution untuk berbagai pembayaran.

Sejak pertama kali didirikan pada 2004, Alipay pun berkembang menjadi sebuah sarana pembayaran terpadu yang bersifat non stop selama 24 jam. Perkembangan Alipay ini pun akhirnya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pesaingnya, Paypal.

Pada 2014, Alipay melakukan re-branding menjadi Ant Financial Services Group. Sekuat apa Alipay saat itu? Data menunjukkan bahwa Alipay telah memiliki 450 juta pengguna aktif di Tiongkok dan sekitarnya. Pengguna Alipay pun dipermudah dengan munculnya Alipay mobile platform yang dapat digunakan sebagai sarana pembayaran berbagai fasilitas seperti kesehatan, transportasi, hingga berbelanja.

Bahkan, metode pembayaran buatan Jack Ma ini ternyata telah menjalin kerjasama dengan Wal-Mart dan Carrefour. Hal inilah yang ditengarai menjadi kendala Paypal dalam menyaingi Alipay. Paypal sendiri baru memiliki 192 juta pengguna aktif. Namun, Paypal juga mengalami perubahan yang bersifat postifi berupa nilai transaksi yang melonjak sebanyak 24 persen menjadi 1.5 miliar. Sayangnya, hal ini tidak menyelamatkan Paypal dari anjlok saham pada tahun lalu sebesar hampir 4 persen.

Semakin berkembang, Alipay ternyata telah melebarkan sayapnya melangkah keluar dari Tiongkok ke berbagai negara seperti Korea Selatan, India, dan Indonesia. Untuk Indonesia sendiri, Alipay telah mengumukan kerjasama dengan PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) yang merupakan pemegang paltform Blackberry Messenger dengan 63 juta pengguna aktif di Indonesia.

Di lain sisi, BBM sendiri nantinya akan bertransformasi menjadi sebuah aplikasi terpadu yang dapat memudahkan penggunakan dalam melakukan transaksi. Nantinya, kedua platform (Alipay dan BBM) akan bekerja sama dalam membuat sebuah sistem pembayaran multi fungsi yang akan meng-upgrade sistem pembayaran digital Indonesia.

Sistem yang akan dibuat mencakup antara lain Over to Top (OTT), e-commerce dan Online to Offline (O2O), serta kepada merchant apapun yang ingin meningkatkan sistem pelayanan pembayarannya. Menarik untuk ditunggu apakah Alipay bisa benar-benar mengalahkan dominasi Paypal, atau hanya sesaat saja.

Artiket terkait  Penjelasan Xiaomi Soal Mi 6 yang Tanpa Jack Audio
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.