Cara Menghindari Malware di Android

0
132
malware di android
Cara Menghindari Malware di Android

Android, sebagai sebuah sistem operasi yang berbasis open-source memang terbilang lebih aman dari sistem operasi lainnya. Namun, hal ini tidak menjamin bahwa Android akan bebas dari malware sepenuhnya. Tanpa disadari oleh pengguna, banyak malware yang telah beredar dan disisipkan ke dalam aplikasi-aplikasi yang tersebar luas di berbagai media.

Malware pada Android umumnya bekerja dengan tiga tujuan yang beragam. Di antaranya untuk mencuri data pribadi, untuk menghabiskan ruang pada RAM Android, atau bisa juga menghabiskan daya baterai. Meskipun pencurian data pribadi terdengar lebih menakutkan, tapi kehilangan banyak memory pada RAM atau menghabiskan baterai juga akan terasa sangat menjengkelkan. Hasilnya, smartphone Android akan menjadi sangat lemot, bahkan hingga tidak bisa digunakan sama sekali.

Nah, jika Anda ingin terhindar dari bahaya malware di Android, simak dan ikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Gunakan Aplikasi Anti Malware

Meskipun keberadaan aplikasi anti malware masih diperdebatkan, apakah bertujuan membasmi malware atau justru menciptakan malware sendiri untuk kepentingan promosi, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi anti malware asalkan Anda berhati-hati ketika ingin melakukan instalasi. Pastikan aplikasi malware tersebut telah terbukti bekerja dengan baik. Untuk hal ini, Anda bisa memeriksa komentar pengguna lain di laman aplikasi tersebut di Play Store.

  1. Menciptakan Perisai Malware Sendiri

Perisai malware di sini sebenarnya adalah dengan mencegah ponsel untuk menginstal aplikasi dari penyedia lain selain Play Store. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuka menu Security Setting dan jangan berikan ijin untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terdefinisi dengan baik oleh ponsel.

  1. Update Aplikasi

Dengan melakukan update aplikasi secara rutin, maka aplikasi tersebut akan terus terlindung dari sisipan malware yang ditanam dari sumber lain. Sebab pihak pengembang pastinya juga akan selalu meningkatkan sistem keamanan di aplikasi mereka

  1. Periksa Aplikasi

Aplikasi, apabila ia hendak menggunakan akses ke smaprtphone Anda, akan meminta ijin terlebih dahulu. Perhatikan berbagai akses yang ingin dilakukan oleh aplikasi tersebut. Apabila Anda merasa akses yang dibutuhkan tidak sesuai dengan fungsi aplikasi tersebut, segeralah cari aplikasi lain degan fungsu yang sama.

  1. Gunakan VPN Untuk Akses WiFi di Tempat Umum

Cara ini dikhususkan bagi Anda yang ingin terbebas dari malware pencuri data. Perlu Anda ketahui, WiFi di tempat umum merupakan jalan termudah bagi malware untuk mengakses berbagai data di dalam smartphone, termasul data pribadi.

Dari beberapa cara di atas, sebenarnya poin kedua adalah yang terbilang paling aman. Malware, seperti yang sudah dijelaskan tadi, banyak disebarkan oleh oknum tidak bertanggung jawab degan cara disisipkan pada berbagai aplikasi. Play Store sendiri telah menyediakan pemindai virus bagi setiap aplikasi yang akan diunduh. Namun, apabila Anda menginstal aplikasi dari sumber lain, maka sistem pemindai virus dari Play Store tidak akan bekerja untuk Anda.

Jika Anda masih ingin tetap melakukan perburuan software unik maka lakukanlah pencegahan dengan menggunakan apliaksi anti-malware atau sejenisnya. Aplikasi ini berfungsi sangat vital untuk sebagai pelindung Android Anda terhadap serangan malware, yang mungkin bisa datang bersama aplikasi dari antah berantah. Untuk apliaksi anti malware, Anda sangat disarankan untuk mengunduh apliaksi yang memang terpercaya dan sudah di-review banyak pengguna lainnya.

Setelah Anda mengikuti beberapa cara pencegahan malware di Android tadi, maka niscaya ponsel Anda akan lebih aman dari serangan malware yang disisipkan pada berbagai media. Tetaplah berhati-hati dan lebih teliti dalam memilih aplikasi untuk ponsel Android Anda.

Artiket terkait  Fungsi Lain Tombol Volume pada Smartphone yang Jarang Diketahui
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.