Adobe Kembangkan Kecerdasan Buatan untuk Foto Selfie

0
131
adobe sensei
Adobe Kembangkan Kecerdasan Buatan untuk Foto Selfie

Nama Adobe sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer dan gadget, terutama di bidang grafis, video dan audio. Produk-produk terkenal pengembang aplikasi ini antara lain adalah Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Adobe Audition, dan lain-lain. Reputasi dan kualitas Adobe yang sangat baik membuat program-program besutan mereka banyak digunakan oleh berbagai perusahaan profesional pula.

Adapun program yang paling populer selama ini adalah Adobe Photoshop, di mana kemampuan editing fotografinya tergolong sangat baik, sehingga banyak digunakan oleh nyaris seluruh lapisan fotografer. Photoshop mudah dioperasikan serta kaya akan fitur, sehingga pemula pun bisa menggunakannya dengan mudah.

Baru-baru ini, pihak Adobe membuat gebrakan baru dengan mulai melirik teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Nantinya teknologi ini akan mereka gunakan pada program Photoshop besutannya.

Penggunaan teknologi ini diklaim akan mempermudah proses pengeditan foto dengan cara yang lebih cepat, efisien dan praktis. Teknologi ini sudah digunakan oleh Adobe dengan menggabungkan dua foto menjadi satu.

Saat ini, perusahaan yang bermarkas di San Jose, California, Amerika Serikat ini ingin menerapkan teknologi AI untuk memperindah foto selfie. Ya, selfie yang menjadi hobi sangat populer di kalangan para pengguna smartphone akan dimanfaatkan oleh Adobe. Para vendor smartphone serta pengembang aplikasi, termasuk Adobe, berlomba-lomba memberikan berbagai fitur foto selfie yang menarik dan mudah untuk digunakan para penggunanya.

Dilansir The Next Web (10/4), fitur yang dikembangkan divisi Adobe Research tersebut diberi nama “Sensei”. Mereka membuat mekanisme khusus, yaitu menciptakan aplikasi yang terpisah dari Adobe Photoshop dan dilengkapi sejumlah fitur Beautify khusus untuk mempercantik foto selfie yang diambil.

Selain untuk memperindah foto selfie, Adobe juga mengklaim fitur ini bisa mengubah tampilan foto selfie menjadi tiga dimensi. Para ilmuwan dari Adobe dan bekerjasama dengan Universitas Cornell juga menggarap metode “Neural Style Transfer” yang juga memanfaatkan AI. Metode ini bisa digunakan untuk memoles foto yang beragam, seperti pemandangan, obyek mikro dan makro. Metode ini disebut sudah siap untuk diluncurkan ke publik.

Berbeda dengan Neutral Style Transfer yang siap dirilis, Adobe belum bisa memastikan kapan aplikasi Sensei akan diluncurkan. Saat ini mereka masih mengembangkan aplikasi tersebut dan sedang diuji secara terbatas oleh kalangan pengembang aplikasi pihak ketiga.

Artiket terkait  Ponsel Dual Boot Segera Diproduksi, Akan Sepeti Apa?
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.