Home » Smartphone » Tips Smartphone » Tetap Hemat Baterai Smartphone Walau Lupa Bawa Power Bank

Tetap Hemat Baterai Smartphone Walau Lupa Bawa Power Bank

baterai smartphone

Tetap Hemat Baterai Smartphone Walau Lupa Bawa Power Bank

Smartphone saat ini tidak lagi berfungsi sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga sebagai alat yang dapat memberikan hiburan serta menambah wawasan. Tak heran, pengguna smartphone terus bergantung kepada gadget mereka bahkan terkadang sampai seharian penuh.

Hal ini tentu menyebabkan smartphone harus bekerja dengan sangat keras. Meski telah dilengkapi berbagai fitur untuk menunjang fungsinya, smartphone tentu tidak dapat memenuhi segala kebutuhan dalam waktu yang lama. Apalagi saat smartphone sedang dibawa bepergian ke luar rumah. Daya tahan baterai smartphone rata-rata hanyalah berkisar antara 5 hingga 6 jam saja jika terus dipakai.

Tak jarang, pengguna smartphone kehabisan baterai justru di saat ketika smartphone sangat dibutuhkan seperti saat mendesak untuk menghubungi sesorang atau saat sedang bosan, di mana sangat membutuhkan hiburan.

Untuk mengatasi ini, sudah ada produk bank daya atau disebut power bank, sebuah pengisi daya portable yang memudahkan pengguna saat baterai habis saat smartphone dibutuhkan. Namun, manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Power bank pun terkadang lupa dibawa saat bepergian ke luar rumah. Alhasil, mau tidak mau pengguna harus pandai-pandai mengatur penggunaan smartphone supaya baterai tidak cepat habis dan tetap menyala saat dibutuhkan untuk hal yang penting. Bagaimana caranya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Artiket terkait  Aplikasi untuk Ubah Kamera Smartphone Ala DSLR

Tips Menghemat Baterai Smartphone

  1. Matikan Mode Getar

Mode getar memang membantu kita untuk mengetahui adanya notifikasi, baik panggilan, sms, maupun media sosial. Namun, getaran tidaklah terlalu dibutuhkan selama ada pemberitahuan lewat dering. Oleh karenanya, matikan mode getar apabila Anda berada pada situasi dimana menyalakan bunyi ponsel terasa memungkinkan. Nyalakan mode getar hanya pada saat mendesak ketika ibadah, rapat, atau di tempat umum yang kemungkinan akan terganggu apabila ponsel Anda berdering.

  1. Kurangi Brightness

Brightness atau kecerahan layar memainkan peran yang cukup besar dalam menguras baterai smartphone. Untuk itu, kurangi tingkat kecerahan layar seminimal mungkin. Tingkatkan pencahayaan hanya apabila Anda berada di bawah sinal matahari atau di bawah lampu yang terang. Jika tidak, maka Anda harus bersusah payah melihat layar ponsel yang kalah terang dengan lingkungan sekitar. Namun, selama memungkinkan, atur tingkat kecerahan layar menjadi seminimal mungkin demi penghematan.

  1. Persingkat Waktu Stand By

Smartphone memiliki fitur untuk mengunci layar atau mematikan layar apabila ia tidak digunakan selama rentang waktu tertentu. Jika Anda ingin baterai lebih hemat, persingkatlah rentang waktu ini. Diharapkan, dengan matinya layar setelah beberapa detik saja tidak digunakan, maka baterai akan menjadi lebih hemat.

  1. Charge Secara Efisien

Efisiensi pengisian daya sangat bergantung pada jenis baterai yang tertanam pada ponsel Anda. Jika Anda menggunakan baterai berbahan nickel, maka isilah daya baterai Anda hingga kapasitas 100% sebelum digunakan. Dengan begitu, maka baterai akan menjadi lebih awet. Namun jika Anda menggunakan baterai litium-ion, maka isilah daya ponsel sesering mungkin agar baterai tidak kehilangan kapasitas aslinya dan menjadi lebih awet.

  1. Matikan Fitur dan Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Matikan WiFi, Penggunaan Data, Bluetooth, serta aplikasi-aplikasi yang berjalan apabila sedang tidak digunakan. Hal ini diperlukan karena tanpa disadari, fitur dan aplikasi memakan daya baterai yang cukup besar.

Artiket terkait  5 Aplikasi Terbaik Android untuk Fotografi Outdoor

Nah, kurang lebih itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai smartphone ketika berada di luar rumah dan lupa membawa power bank. Tidak hanya hemat, tetapi baterai smartphone Anda juga akan jadi lebih lama umurnya. Jadi Anda tidak perlu cepat-cepat mengeluarkan uang untuk membeli baterai baru untuk smartphone kesayangan Anda. Selamat mencoba.

Artiket terkait  Cara Mengukur Tinggi Badan Menggunakan Smartphone

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.