Home » News » iPhone 7 Ini Meledak karena Baterainya Bermasalah

iPhone 7 Ini Meledak karena Baterainya Bermasalah

iphone 7

iPhone 7 Ini Meledak karena Baterainya Bermasalah

Baterai menjadi salah satu komponen yang paling rawan mengalami kerusakan pada smartphone. Hal ini pun juga terjadi pada ponsel sekaliber iPhone. Seperti yang kita ketahui, iPhone generasi ke-7 yang terdiri atas dua jenis, yaitu iPhone 7 dan 7Plus yang masing-masing memiliki kapasitas baterai sebesar 1960mAh dan 2900mAh.

iPhone dikenal dengan desain unibody-nya, sehingga baterai pun tak bisa dikeluarkan secara manual dengan membuka casing belakang layaknya ponsel-ponsel lainnya. Meski produk iPhone buatan Apple ini sudah memiliki reputasi yang cukup baik di mata konsumen, tetap saja terjadi masalah-masalah pada komponen-komponen ponsel. Terutama pada bagian baterainya itu.

Selengkapnya :  Alipay Mulai Ancam Dominasi Paypal

Hal ini juga yang terjadi pada seorang perempuan dari Su Qian City, Tiongkok Timur. Wanita yang diketahui bernama Yin ini sedang mengisi ulang daya baterai iPhone 7 warna Matte Black miliknya, ketika tiba-tiba perangkat tersebut meledak begitu saja. Mengutip Phone Arena (8/4/2017), Yin mengaku hal tersebut terjadi mendadak dan begitu saja. Ia mengatakan jika ia sedang mengisi daya ponsel tersebut di meja samping ranjangnya.

Selengkapnya :  iPhone 8 Didukung Qi Wireless Charging?

Lantas ia membawa ponsel tersebut ke Apple Store terdekat untuk diperiksa lebih lanjut. Menurut keterangan dari pihak Apple Store yang menangani perbaikan, layar ponsel Yin yang menghitam menunjukkan jika ledakan bersumber dari dalam perangkat. Kondisi kabel dan charger yang tak layak juga dapat menyebabkan ledakan, karena aliran listrik yang tidak stabil. Yin tidak mengalami luka akibat insiden ini, namun belum diketahui apakah Apple mau mengganti perangkat miliknya yang dibeli seharga lebih dari 10 juta Rupiah.

Selengkapnya :  Pemuda 22 Tahun Hentikan Penyebaran Ransomware WannaCry

Baterai smartphone memang dapat menjadi ancaman yang tak terduga. Seperti yang diketahui, Samsung pun turut mengalami insiden serupa terhadap produk Galaxy Note 7 yang waktu itu baru saja diluncurkan. Ledakan perangkat ini terjadi hingga 7 kali berturut-turut oleh 7 orang berbeda. Kejadian ini diduga disebabkan oleh kesalahan fatal pada komponen baterai Note 7, sehingga perangkat gampang meledak. Akibatnya, Samsung pun terpaksa melakukan penarikan besar-besaran terhadap Galaxy Note 7, membuatnya rugi hingga miliaran dolar AS.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.