Home » Laptop » Tips Laptop » Penyebab Laptop Berisik dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Berisik dan Cara Mengatasinya

penyebab laptop berisik

Penyebab Laptop Berisik dan Cara Mengatasinya

Sebagai komputer portabel, laptop sangat menunjang kebutuhan bekerja dan aktivitas sehari-hari penggunanya. Betapa tidak, sifatnya yang ringkas dan mudah dibawa-bawa membuatnya lebih efisien ketimbang menggunakan komputer konvensional. Orang-orang pun saat ini lebih cenderung memilih laptop untuk aktivitas sehari-harinya. Maka, menyesuaikan kebutuhan, para perusahaan pun mengeluarkan beragam jenis laptop, dari jenis bisnis atau bekerja, multimedia, hingga khusus gaming.

Sayangnya, kepemilikan laptop terkadang tidak disertai dengan pemahaman mengenai laptop itu sendiri. Adakalanya laptop mendadak mengalami kendala hingga kerusakan komponen di dalamnya. Orang-orang lebih memilih untuk mengganti laptopnya ketimbang memperbaikinya. Padahal jika memiliki pengetahuan, mereka bisa memperbaiki laptopnya sendiri.

Salah satu kendala yang sering dialami dan tidak dipahami pengguna adalah suara berisik dan kencang yang dihasilkan oleh laptop. Perlu diketahui jika suara ini dihasilkan oleh kipas dari laptop tersebut. Kipas ini berfungsi untuk menjaga stabilitas temperatur pada komponen di laptop ketika sedang digunakan. Jika laptop dipaksa bekerja secara maksimal, otomatis kipas pun akan berputar semakin kencang. Maka suaranya pun menjadi berisik.

Selengkapnya :  Bagaimana Cara Transfer File Antar Laptop Tanpa Flashdisk?

Cara Mengatasi Suara Laptop Berisik

Suara berisik dan kencang dari kipas ini jelas mengganggu kenyamanan ketika sedang beraktivitas menggunakan laptop. Bahkan menjadi tak tenang, karena khawatir laptop akan mengalami kerusakan fatal. Memang jika hal ini terjadi terus-menerus, komponen laptop bisa mengalami kerusakan akibat terlalu panas dan suhunya tidak stabil. Laptop pun bekerja secara lambat hingga hang. Kipas yang kencang memakan daya baterai yang lebih besar, sehingga distribusi alias penyebaran arus tenaganya menjadi tidak merata ke seluruh bagian laptop.

Lantas apa saja penyebab kipas laptop menjadi berisik dan berjalan kencang? Berikut hal-hal yang menjadi pemicunya serta cara untuk mengatasinya.

  1. Kipas laptop kotor

kipas

Salah satu penyebab yang paling terlihat dari kipas laptop yang berisik adalah karena kondisinya yang kotor dan berdebu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kipas berfungsi sebagai sirkulasi udara untuk laptop. Maka tak heran jika debu pun bisa turut masuk lewat jendela sirkulasi dan berkumpul di bilah-bilah kipasnya. Mengingat kipasnya terus berputar, debu-debu pun akan tertarik dan terus menumpuk.

Selengkapnya :  Tips Menggunakan Android File Transfer di Mac

Akibatnya, kerja kipas menjadi lambat, sehingga terjadi gesekan yang menyebabkan munculnya suara yang berisik dan kencang tersebut. sirkulasi udara pun menjadi tidak lancar, membuat kipas harus bekerja lebih keras untuk menstabilkan suhu komponen dalam laptop. Cara mengatasinya adalah dengan membuka casing laptop dan membersihkan kipas tersebut secara manual apabila debunya sudah bertumpuk. Sangat disarankan untuk membongkar casing tersebut menggunakan jasa ahlinya, untuk mencegah kerusakan fatal. Jagalah juga kebersihan dari lingkungan kerja agar terbebas dari debu.

  1. Processor yang bekerja terlalu keras

cpu panas

Setelah masalah debu, ada baiknya untuk mengecek komponen prosesor dalam komputer atau laptop Anda. Pasalnya, kinerja prosesor yang terlalu keras dan maksimal akan menyebabkan mesin dan kipas laptop mengeluarkan suara yang kencang dan berisik. Kipas akan bekerja lebih keras untuk menjaga suhu komponen laptop. Pemicunya adalah terlalu banyak program yang dibuka secara bersamaan dan menjalankan program yang berat di luar kemampuan laptop. Akibatnya laptop bisa hang dan mati mendadak karena terlalu panas. Cara mengatasinya cukup sederhana, yaitu membatasi penggunaan program serta rajin melakukan pembersihan terhadap data-data yang sudah tidak digunakan dan cache.

  1. Kondisi kipas yang mengalami kerusakan

kipas

Pada masalah terakhir ini adalah yang paling berat, yaitu kipas yang rusak. Hal ini disebabkan oleh usia kipas yang sudah tua atau akibat hubungan arus pendek pada komponen yang terhubung dengan kipas. Bisa juga karena motor kipas yang sudah macet. Jika sudah begini, mau tidak mau Anda harus membawa laptop ke tempat perbaikan atau Service Center, agar bisa diketahui penyebab utamanya dan bisa dilakukan penggantian.

Selengkapnya :  Tips Internetan Gratis Menggunakan SSH

Gambar: MbahPC.net

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.