Tingkatkan IQ dengan Game Android Ini

0
378
game android
Tingkatkan IQ dengan Game Android Ini

Bermain game memang memunculkan keasyikan tersendiri bagi mereka yang menyukainya. Game menawarkan dunia virtual yang menarik, lengkap dengan berbagai tantangan yang menguji kemampuan pemainnya. Belum lagi tampilannya yang memukau, terutama yang sudah mendukung fitur 3D dan VR (Virtual Reality) yang membuat pemainnya seakan terlibat langsung dalam permainannya. Para pengembang game ini pun lalu membuat aplikasi permainan yang bisa dimainkan lewat smartphone, sehingga bisa dimainkan secara fleksibel, kapan saja dan di mana saja.

Game yang dikenal dan dominan adalah permainan berkonsep petualangan dan perang seperti Clash of Titans atau Super Mario Bros. Masih banyak yang beranggapan jika bermain game hanya menghabiskan waktu saja dan tidak menghasilkan apa-apa. Namun jangan salah, ada beberapa jenis game yang bertujuan untuk mengasah kemampuan otak dan meningkatkan level IQ.

Beragam game asah otak ini juga menjadi pilihan sebagian orang untuk mendidik dan belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan lebih santai tentunya. Anda pun bisa bermain bersama dengan buah hati, tanpa takut ia akan keranjingan bermain game. Apa saja deretan game asah otak tersebut? Berikut lima permainan di antaranya.

  1. Roll The Ball

roll the ball

Permainan ini bisa diunduh secara gratis lewat smartphone berbasis Android dan iOS. Konsep permainannya sederhana, yaitu menyusun jalur-jalur bola yang tersebar secara acak, agar bola mampu menuju balok merah yang menjadi tujuan utamanya. Kedengarannya mudah, namun semakin tinggi levelnya, balok-balok jalur ini semakin tersebar secara acak.

Kesulitannya tentu saja bagaimana caranya agar balok-balok ini bisa tersusun dengan benar, dan sebisa mungkin digunakan seluruhnya, karena akan menambah poin. Nilai pun juga tergantung pada kecepatan menyusun baloknya. Belum lagi akan ada benda-benda tersembunyi yang harus ditemukan di setiap levelnya.

  1. Unblock Me

unblock me

Permainan ini memiliki kemiripan dengan Roll The Ball, yaitu menggeser balok merah agar bisa keluar bebas dari arenanya. Masalahnya, ada balok-balok lain yang harus dipindah-pindah agar jalurnya bisa didapatkan. Permainan ini jelas menuntut logika dan kesabaran. Belum lagi posisi balok-balok penghalang yang terkadang ganjil, sehingga perlu usaha lebih keras untuk bisa memindahkannya. Sama seperti Roll The Ball, nilai diperoleh berdasarkan kecepatan dalam memindahkan balok-balok tersebut agar balok merah bisa bebas.

  1. 2048

2048

Game 2048 termasuk permainan asah otak yang populer. Betapa tidak, pemainnya harus menghasilkan angka persis berjumlah 2048 dari angka 2 sebagai bilang terkecil serta kelipatannya. Angka-angka akan tersusun dalam sebuah tabel ibarat sebuah puzzle. Pemainnya pun harus menggeser angka-angka ini ke bawah, atas, kiri, dan kanan untuk melakukan penjumlahan sampai angka 2048 ditemukan. Masalahnya, mendapatkan jumlah ini ternyata sulit untuk dilakukan, karena proses penjumlahannya tersebut. Permainan ini tidak hanya mengasah kemampuan otak dalam hal logika, tapi bagaimana teknik berhitung yang benar. Menarik, bukan?

  1. Brain It On! – Physics Puzzles

brain on it

Permainan ini berkonsep level dengan melewati berbagai tantangan dan misi. Berawal dari misi-misi sederhana, seperti bagaimana menjatuhkan gelas, merobohkan bangunan, memindahkan bola ke tempat yang benar, dan sebagainya. Caranya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan membuat goresan pada layar agar misi bisa terselesaikan. Yang harus dipikirkan dengan baik adalah bagaimana bentuk dari goresan tersebut agar bisa menyelesaikan misi dengan tepat dan benar. Permainan ini tentunya mengandalkan logika bentuk dan garis.

  1. Plumber

plumber

Bermain Plumber mungkin mirip dengan bermain game Where’s My Water, hanya saja yang menjadi perbedaannya adalah pada sistem permainannya. Pemain harus menyusun pipa-pipa yang tersebar secara acak agar air bisa mengalir secara lancar. Potongan-potongan pipa ini dibuat dalam beragam bentuk sehingga diperlukan logika yang benar agar jalur pipa bisa tersusun dengan benar. Jika penyusunan salah, maka air akan meluap dan terjadi banjir.

Artiket terkait  “Orbiz” Game Zombie Besutan Developer Indonesia
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.