Apple Rencanakan Produksi GPU Secara Mandiri

0
133
apple
Apple Rencanakan Produksi GPU Secara Mandiri

Apple adalah produsen teknologi yang terkenal dengan pernangkat gadgetnya yang eksklusif. Perangkat tersebut mencakup ponsel iPhone hingga komputer Macbook dan iMac. Namun, karena fokus pada ponsel dan juga sistem operasi, Apple sempat menggantungkan produksi Central Processing Unit (CPU) kepada sebuah perusahaan asal Inggris bernama Imagination Technologies.

Namun, selama dua tahun terkahir, Apple tidak lagi melakukan itu. Apple menggantungkan produksi CPU kepada diri mereka sendiri. Artinya, Apple telah melakukan produksi secara mandiri. Hal ini telah disampaikan dan dibenarkan oleh pihak Imagination Technologies sendiri.

Produksi secara mandiri yang dilakukan Apple pun ternyata tidak berhenti sampai di CPU saja. Akhir-akhir ini, Apple dikabarkan akan memproduksi kartu grafis (GPU) juga secara mandiri. GPU sendiri adalah suatu komponen yang mendukung tampilan grafis pada perangkat Apple, baik iPad maupun iPhone, yang selama ini telah ada dan disematkan pada perangkat-perangkat tersebut sebagai hasil produksi oleh Imagination Technologies.

Hal ini lantas menjadi masalah. Hengkangnya Apple dianggap merugikan Imagination Technologies. Selian karena Apple merupakan pelanggan yang berkontribusi terhadap setengah pendapatan Imagination Technologies, ternyata Apple juga terkena sandungan hak paten apabila mereka memutuskan untuk memproduksi GPU sendiri. Hal ini terlepas dari kepemilikan saham Imagination Technologies oleh Apple sebesar 8%.

Masalah terkait hak paten yang akan menghadang Apple disampaikan oleh pihak Imagination Technologies. Mereka berkeyakinan bahwa Apple tidak mungkin memproduksi GPU sendiri tanpa sedikit pun memanfaatkan pengetahuan dari Imagination Technologies, yang dalam hal ini, telah merupakan suatu pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual. Bahkan apabila Apple bersikeras ingin menghindari masalah hak paten ini, Imagination Technologies meragukan kemampuan Apple untuk menggarap desain GPU sepenuhnya secara mandiri dari tahap awal.

Apple sendiri belum memberikan informasi atau pernyataan apa-apa terkait kasus yang sedang dihadapinya ini. Hal ini lantas membuat banyak pihak berspekulasi bahwa Apple kemungkinan besar tidak akan sungguh-sungguh mengekseskusi proses pembuatan GPU secara mandiri dalam waktu dekat. Apple diperkirakan masih akan melakukan negosiasi ulang dan membuat suatu perjanjian alternatif yang menguntungkan kedua belah pihak.

Artiket terkait  Menjajal Mac 7.0.1 dari Browser, Begini Penampilannya
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.