Tips Membeli MacBook Bekas

0
217
macbook
Tips Membeli MacBook Bekas

Laptop keluaran Apple, MacBook menjadi salah satu produk laptop premium yang banyak digemari. Hal ini terlihat dari spesifikasinya yang terbilang eksklusif dan jarang dimiliki laptop lain. Hal ini mencakup kualitas layar, prosesor, hingga sistem operasi Apple OS X, yang dianggap sebagai sistem operasi handal produksi Apple. Semua ada di dalam unit laptop bernama MacBook.

MacBook ini harganya berkali-kali lipat lebih mahal dari laptop umumnya. Bahkan terkadang, spesifikasinya dianggap tidak sesuai dengan harganya. Akan tetapi permintaan terhadap MacBook di Indonesia justru terus bertambah. Sayangnya, Apple tidak dengan mudah untuk menurunkan atau memproduksi MacBook dengan harga yang murah. Oleh karena itu, banyak peminat MacBook yang akhirnya beralih ke MacBook bekas.

Membeli produk elektronik bekas, terutama MacBook, cukup berisiko, lho! Hal ini dikarenakan harganya yang mahal dan belum tentu merupakan produk asli yang digaransi oleh Apple. Oleh karena itu, perhatikan tips-tips membeli Mac bekas berikut ini agar tidak mengalami kerugian dan menyesal di kemudian hari.

  1. Usahakan Membeli COD

COD atau Cash on Delivery memang merupakan metode transaksi teraman yang pernah ada. Metode ini adalah sebuah metode pembayaran dimana penjual dan pembeli bertemu serta memeriksa barang yang diperdagangkan bersama-sama. Hal ini penting agar tidak ada pihak yang dirugikan. Apabila pembeli menemukan ada ketidaksesuaian antara deskripsi penjual atau kecacatan yang baru terlihat, maka pembeli bisa membatalkan transaksi kapanpun sebelum ada kata sepakat. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli Mac bekas menggunakan metode COD. Selain

  1. Kenali Versi

Banyak peminat Mac yang sebenarnya tidak mengerti jenis-jenis serta spesifikasi yang berbeda dari tiap versi Mac yang ada. Sebagai contoh, antara MacBook Pro da Macbook Air, keduanya tentulah berbeda. Perbedaan versi pada Mac yang ada di pasaran harusnya diketahui pembeli bahkan sebelum ia mulai mencari. Selain memudahkan pencarian dan mengkhususkan pada produk Mac versi tertentu saja, pembeli juga tidak akan tertipu oleh penjual nakal yang menjual Mac versi tertentu seolah-olah ia adalah Mac versi lain yang lebih mahal.

Setelah mengenali perbedaan versi Mac dan masing-masing spesifikasinya, calon pembeli dapat mulai melakukan pencarian. Selain itu, dalam proses COD, pastikan Anda sebagai pembeli juga melakukan cek versi dari Mac yang akan Anda beli agar tidak rugi di kemudian hari.

  1. Periksa Keaslian Mac dan Aksesori

Mac adalha produk yang sudah dipalsukan. Hal itu tidak bisa dipungkiri lagi. Bahkan, professional di bidang jual beli komputer memiliki kode sendiri untuk Mac palsu seperti Mac Cina atau Mac lokal atau lain sebagainya. Apapun sebutan para penjual untuk Mac palsu itu, yang jelas produk Mac tersebut tidak akan ditanggung oleh service center Apple dan biasanya hanya mendapat garansi toko atau distributor.

Selain memeriksa keaslian Mac, Anda sebagai pembeli juga perlu memeriksa keaslian dan kelengkapan aksesoris dari Mac yang akan Anda beli. Jika Anda menemukan aksesoris yang tidak lengkap atau tidak asli, maka silakan lakukan negosiasi harga yang cukup jauh ke bawah kepada penjual atau segera batalkan transaksi.

Periksa kondisi fisik dan juga fungsi perangkat-perangkat dari Mac yang akan Anda beli orang. Meskipun Apple merpakan yang bertanggung jawab atas segale bentuk malfungsi pada Mac, hal ini bukan berarti Anda bisa tenang-tenang saja saat sedang memebeli produk Mac bekas.

Itulah tiga tips yang bisa membuat pembelian Mac bekas Anda menjadi lebih aman dan membuat Anda terbebas dari penipuan. Semoga bermanfaat.

Artiket terkait  Takut Baterai Laptop Habis Saat Bepergian? Lakukan Cara Ini
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.