Takut Baterai Laptop Habis Saat Bepergian? Lakukan Cara Ini

0
139
baterai laptop
Takut Baterai Laptop Habis Saat Bepergian? Lakukan Cara Ini

Baterai menjadi salah satu komponen penting dalam perangkat laptop. Tanpa baterai, maka pengguna tentu tidak akan bisa mengoperasikan komputer jinjing ini di mana pun dan kapan pun saat dibutuhkan. Namun, banyak pengguna laptop yang tidak memperhatikan kondisi baterai laptop mereka sebelum bepergian.

Akhinya, laptop pun kehabisan baterai dan mati saat sedang diperlukan. Apalagi laptop Anda akan digunakan untuk mengirim laporan penting saat sedang ada di luar ruangan. Repot pastinya kalau kejadian seperti itu. Maka dari itu, coba lakukan beberapa tips berikut, yang dapat Anda lakukan sebagai taktik membuat baterai laptop lebih tahan lama saat sedang bepergian.

  1. Kurangi tingkat kecerahan layar

Cahaya latar belakang dari layar Adalah salah satu hal yang cukup menguras baterai. Hal ini dikarenakan besarnya energi yang diperlukan untuk memberikan cahaya yang berfungsi sebagai peyokong utama tampilan layar. Oleh karenanya kurangi tingkat kecerahan layar laptop Anda agar baterai bisa tahan lebih lama.

  1. Perkecil resolusi layar

Layar adalah komponen yang memakan energi dari baterai dengan jumlah yang cukup besar. Namun, bukan hanya kecerahan layar saja yang mengkonsumsi baterai. Banyak yang belum tahu bahwa resolusi layar juga mempengaruhi konsumsi energi dari baterai laptop. Dengan menggunakan resolusi yang lebih kecil, maka baterai laptop akan menjadi lebih tahan lama.

  1. Disable device yang tidak digunakan

Device adalah perangkat yang terhubung ke laptop Anda seperti keyboard, trackpad, hingga perangkat eksternal USB, semua tergolong dalam kategori device. Sayangnya, device membutuhkan sumber energi listrik untuk dapat aktif dan bekerja sesuai fungsinya dan satu-satunya sumber yang dapat digunakan oleh device adalah baterai laptop itu sendiri. Itulah yang menyebabkan semakin banyaknya device yang bekerja, maka semakin boros pula baterai laptopnya.

Untuk itu, matikan device yang tidak Anda gunakan agar baterai laptop bisa tahan lebih lama. Cara untuk mematikan device adalah dengan membuka Device Manager melalui Control Panel. Anda akan melihat banyak sekali device yang aktif di laptop Anda. Untuk mematikannya, Anda cukup double klik pada device yang ingin Anda matikan dan saat sebuah window terbuka, pilihlah tab driver. Lalu terakhir, klik disable.

  1. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Selain mematikan perangkat keras yang tidak digunakan melalui device manager, Anda juga perlu mematikan perangkat lunak yang sedang bekerja di dalam sistem operasi laptop Anda. Hal ini dikarenaka konsumsi energi yang digunakan oleh pengoperasian perangkat lunak juga bukan merupakan sesuatu yang bisa diabaikan. Membuka perangkat lunak atau aplikasi akan membuat laptop Anda bekerja lebih keras dan mengalokasikan lebih banyak energi sekedar untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Oleh karenanya, jangan lupa menutup berbagai aplikasi yang tidak Anda gunakan. Kecuali bila Anda terhubung ke sumber listrik dan tidak hanya mengandalkan baterai, Anda bisa membuka aplikasi sebanyak apapun yang Anda mau sesuai kemampuan laptop Anda.

Itulah tadi empat tips yang bisa Anda lakukan agar baterai laptop bisa tahan lebih lama saat dibawa bepergian. Tapi selian beberapa hal tersebut, cobalah periksa kondisi baterai Anda juga. Jangan sampai Anda tidak menyadari bahwa sebenarnya baterai Anda memang sudah bermasalah dan tidak mampu memberikan suplai listrik secara maksimal ke laptop Anda. Untuk itu Anda juga perlu melakukan perawatan baterai laptop secara baik, supaya usia baterainya bisa lebih lama. Semoga bermanfaat.

Artiket terkait  Jagalah LCD Laptop dengan Benar Supaya Awet
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.