Home » Smartphone » Tips Smartphone » Lakukan Hal Ini Jika Smartphone Anda Sulit Di-charge

Lakukan Hal Ini Jika Smartphone Anda Sulit Di-charge

smartphone sulit dicharge

Lakukan Hal Ini Jika Smartphone Anda Sulit Di-charge

Tentu menjadi hal yang menjengkelkan ketika Anda sedang ingin menghubungi atau menunggu dihubungi seseorang, tapi tiba-tiba daya baterai ponsel Anda habis. Hal ini sering terjadi masalah, terutama bagi Anda yang bekerja di luar ruangan atau sering bepergian. Walau, saat ini sebenarnya sudah ada alat bernama Power Bank, yang bisa Anda gunakan untuk mengisi daya di mana pun Anda berada.

Namun, ada hal yang lebih menjengkelkan dari baterai smartphone Anda habis, yaitu ketika Anda telah menemukan sumber lisrik dan ingin melakukan isi ulang baterai, ponsel justru tidak menerima daya listrik dari charger. Apalagi jika kita menggunakan soket listrik di tempat-tempat umum seperti di sekolah, kampus, cafe, atau tempat lainnya.

Hal inilah yang membuat banyak orang memilih untuk membawa power bank daripada harus menumpang di soket listrik gratis dari tempat-tempat umum. Pasalnya, soket listrik di tempat-tempat umum tentu akan sering dicolok-cabut banyak orang, yang berpotensi membuat soket tersebut rusak. Tapi bagaimana bila setelah memastikan soket listrik bekerja dengan baik namun Anda tetap tidak bisa melakukan pengisian daya baterai pada smartphone?

Selengkapnya :  Fungsi Lain Wifi di Smartphone yang Jarang Diketahui

Maka masalah kemungkinan berasal dari kabel atau kepala charger Anda. Cobalah untuk mengganti kabel USB charger Anda (bila kabel tersebut bisa dilepas) dan coba pula untuk meminjam adaptor atau kepala charger orang lain untuk memastikan apakah masalahnya bersumber pada sistem charger termasuk kabel, atau justru pada ponsel Anda. Jika charger orang lain juga tidak bekerja, maka kemungkinan ada komponen dari ponsel Anda yang bermasalah.

Gangguan fungsi pengisian daya baterai pada ponsel bisa disebabkan banyak hal dari ponsel itu sendiri. Ada kemungkinan bahwa ponsel Anda memiliki gangguan pada sistem operasi sehingga proses pengisian daya baterai menjadi sulit. Kedua, ada baiknya Anda memeriksa kondisi baterai juga. Baterai yang rusak biasanya juga akan membuat proses pengisian daya baterai menjadi sangat lama dan bahkan tidak terbaca alias pengsian tidak bisa dilakukan sedikit pun.

Selengkapnya :  Cara Mudah Download Lagu di iPhone

Masalah lainnya pada sistem pengisian daya baterai adalah adanya perangkat keras (hardware) yang bermasalah. Cobalah untuk melihat ke dalam konektor charger. Biasanya konektor atau soket ini bisa dalam kondisi yang kurang bagus, apalagi bila Anda sering memasang dan melepas charger dengan terburu-buru dan sembarangan. Sehingga menyebabkan ujung charger Anda menjadi rusak pada bagian bilah konduktor di dalam soket charger.

Jika sudah parah, masalahnya akan semakin rumit. Tapi cobalah tetap tenang dan lakukan beberapa hal untuk memperbaikinya. Bila bilah konduktor di dalam soket charger terlihat bengkok, cobalah ambil sebuah benda yang tajam kecil seperti jarum untuk ditusukkan ke dalam soket charger pada ponsel pintar Anda. Fungsi menusukkan jarum ke dalam soket ini adalah untuk kemudian menekannya ke permukaan bilah konduktor hingga bilah tersebut menjadi lurus lagi. Apabila bilah sudah lurus, maka niscaya akan mudah lagi bagi ujung charger untuk masuk dan melakukan transfer daya.

Selengkapnya :  Cara Mudah Memindahkan Foto dari Laptop ke iPhone

Tapi kalau Anda merasa takut ada komponen lain yang rusak jika memperbaikinya sendiri, sebaiknya bawa ke tempat servis atau ke service center yang terpercaya. Barangkali soket atau konektor USB di smartphone Anda memang sudah saatnya diganti. Dengan begitu, tidak akan ada lagi masalah smartphone sulit di-charge.

Nah, demikian penejlasan tentang beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika ponsel pintar Anda mengalami kebuntuan atau sulit saat diisi ulang atau di-charge. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.