Home » Smartphone » Tips Smartphone » Solusi untuk Menghemat Kapasitas RAM pada Smartphone

Solusi untuk Menghemat Kapasitas RAM pada Smartphone

tips menghemat ram smartphone

Solusi untuk Menghemat Kapasitas RAM pada Smartphone

Banyak alasan mengapa smartphone dan kegiatan sehari-hari saat ini sudah sulit untuk dipisahkan. Sebab selain dapat memberikan kemudahan komunikasi bagi para penggunanya, juga tersedia banyak aplikasi-aplikasi yang sangat berguna di smartphone. Apalagi di zaman yang serba modern ini, kegiatan berbasis aplikasi menggunakan smartphone sudah sangat lazim dan menjadi kebiasaan.

Tapi jarang yang memperhatikan akibat dari banyaknya memasang dan menggunakan aplikasi-aplikasi di smartphone. Umumnya, semakin lama ponsel pintar akan kehilangan performa maksimalnya. Aplikasi yang terlalu banyak pada smartphone akan membutuhkan kapasitas RAM yang juga banyak, sehingga sistem smartphone pun menjadi lebih berat. Terkadang malah ada aplikasi yang bisa terhenti dengan sendirinya. Selain itu, penggunaan aplikasi yang cukup banyak ini juga akan mengurangi daya tahan pada baterai, sehingga smartphone pun sering kali harus di-charge beberapa kali dalam sehari.

Baca :  Kenapa Android Lebih Baik dari iPhone? Ini Alasannya

Banyak orang yang mengira bahwa smartphone mereka memiliki sistem yang kurang mumpuni, karena fungsi yang seharusnya dilakukan tidak berjalan dengan maksimal. Padahal, hal itu bisa saja terjadi karena banyaknya aplikasi yang digunakan. Pada smartphone, ada beberapa aplikasi yang memang berjalan di belakang layar, seperti aplikasi chat misalnya.

Adanya aplikasi yang  berjalan di background ini akan membuat RAM smartphone menjadi sesak, sehingga kinerja smartphone terasa lambat. Hal ini tentu saja akan menghambat aktvitas-aktivitas yang Anda lakukan dengan menggunakan smartphone. Apalagi jika aktivitas tersebut sangat penting dan mengharuskan Anda selesai dalam deadline tertentu. Sangat merepotkan, bukan? Namun tenang saja, karena ada solusi jitu untuk menghemat RAM pada smartphone Anda dengan cara membatasi aplikasi yang berjalan di background anroid Anda.

Membatasi Aplikasi yang Berjalan di Background

Membatasi aplikasi yang berjalan di background dengan sendirinya dianggap cukup efektif untuk menghemat RAM smartphone Anda. Sehingga Anda tak perlu takut lagi dengan aplikasi yang berjalan lambat dan sering force close.  Cara yang satu ini tidak mengharuskan Anda untuk me-root ponsel Android Anda, sehingga tidak akan membahayakan file system atau sejenisnya.

Baca :  Begini Caranya Android Bisa Menjadi ‘Asisten’ Pribadimu

Langkah pertama klik icon setting atau setelan. Setelah masuk, lanjutkan dengan memilih About Phone atau Tentang Ponsel. Kemudian, Anda scroll ke bawah dan cari Kernel Version atau Versi Kenel. Setelah ketemu, Anda diharuskan menekan (tap) opsi tersebut sebanyak empat kali untuk membuka Opsi Pengembang. Namun, cara ini tidak sama pada semua smartphone. Alternatif lainnya adalah cari instruksinya pada buku panduan pengguna smartphone Anda untuk membantu membuka Opsi Pengembang.

Setelah itu, buka Developers Option atau Opsi Pengembang. Cari fitur Background Process Limit atau Batasi Proses Latar Belakang dan klik pada opsi tersebut. Akan muncul sebuah pop-up pilihan, pada pop-up inilah Anda dapat memilih jumlah aplikasi yang diizinkan untuk berjalan di background. Anda bisa memilih satu sampai empat aplikasi, atau bahkan tidak ada sama sekali. Setelah langkah terakhir tersebut sudah Anda lakukan, maka Anda sudah membatasi aplikasi yang berjalan di background smartphone sesuai dengan pilihan Anda.

Baca :  Daftar Harga Tablet Android Terbaru Oktober - November 2017

Cara di atas merupakan cara yang paling mudah untuk menghemat kapasitas RAM smartphone Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu meng-install aplikasi tambahan pada smartphone yang nantinya justru semakin memperberat RAM smartphone Anda. Cara ini dapat mengurangi kemudahan multitasking, namun tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat dalam menghemat daya baterai smartphone dan menghemat kapasitas RAM yang ada pada smartphone Anda. Jadi, smartphone kesayangan Anda pun dapat bekerja secara penuh dan maksimal.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.