Home » Laptop » Tips Laptop » Penyebab Laptop Hang dan Bagaimana Mengatasinya (Bag. 2)

Penyebab Laptop Hang dan Bagaimana Mengatasinya (Bag. 2)

penyebab laptop hang

Penyebab Laptop Hang dan Bagaimana Mengatasinya (Bag. 2)

Laptop alias komputer jinjing adalah perangkat teknologi paling serbaguna yang pernah diciptakan. Bagaimana tidak, hanya dengan sebuah laptop Anda sudah bisa menjalankan banyak aktivitas layaknya menggunakan komputer biasa. Seiring perkembangan, para produsen laptop ini pun mengembangkan berbagai jenis kategori laptop sesuai dengan kebutuhan penggunaannya, seperti khusus kerja, gaming, atau hanya untuk pemenuhan sehari-hari. Banyaknya produsen ini juga memudahkan calon pembeli, mengingat harga yang diberikan pun cukup kompetitif.

Meskipun telah menawarkan banyak kemudahan dan fleksibilitas, laptop juga memiliki beberapa kekurangan. Pada umumnya, usia pemakaian laptop tidak sepanjang komputer biasa, yaitu sekitar 5 hingga 7 tahun pemakaian. Apabila laptop sudah memasuki usia tersebut, biasanya laptop akan mengalami gangguan seperti tersendat atau hang tiba-tiba. Hal ini pun dapat mempengaruhi komponen dan data penting di dalamnya. Berikut adalah 5 penyebab laptop tiba-tiba hang serta cara mengatasinya.

  1. Ada masalah pada hard disk

Hard disk merupakan komponen yang bisa menyebabkan laptop menjadi hang, selain RAM. Hard disk dapat menyebabkan laptop menjadi hang bisa jadi karena kapasitasnya yang sudah rendah (low space), terfragmentasi, sudah tua sehingga rpm-nya menurun, atau mengalami error alias bad sector. Cara mengatasi hal ini adalah dengan meningkatkan kapasitas hard disk atau menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar. Lakukan defragmenter pada hard disk secara berkala. Hindarkan hard disk dari debu, goncangan, dan panas berlebih. Anda juga bisa memperbaiki kerusakan hard disk dengan tool checkdisk atau secara manual dengan membuka Windows Explorer.

Selengkapnya :  Masalah Umum pada Laptop Windows 10 dan Cara Mengatasinya
  1. Laptop terkena virus atau sejenisnya

Virus, dalam bentuk apa pun, adalah musuh terbesar perangkat komputer. Keberadaan virus dapat menyebabkan kerusakan data hingga komponen laptop, dan tentunya akan membuat laptop menjadi hang. Apabila laptop sudah terserang virus atau malware, segera jalankan Windows Safe Mode. Matikan fasilitas System Restore dan gunakan program Virus Cleaner seperti Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

  1. Files System corrupt atau bahkan hilang

Masih berkaitan dengan virus, malware, dan spyware, apabila laptop sudah terserang maka akan menginfeksi System Files dan menyerang data-data di dalamnya. Akibatnya, data-data tersebut akan rusak bahkan bisa terhapus oleh antivirus. Solusi paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperbaiki atau repair sistem operasi yang digunakan.

  1. Masalah hardware overheat

Beban panas berlebihan alias overheat ini bisa terjadi pada komponen-komponen penting seperti hard disk, VGA Card, serta processor atau CPU-nya. Hal ini bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi menurun hingga akhirnya mengalami hang, bahkan sering restart sendiri. Karena itu, pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik, begitu juga komponen kipas harus bersih dari debu sehingga bisa berputar dengan lancar. Gunakan laptop di permukaan yang rata dan menyerap panas, seperti lantai keramik atau meja berbahan kaca. Menggunakan laptop di permukaan lembut seperti kasur dapat menyebabkan ventilasi udara laptop tertutup dan sirkulasinya tidak lancar. Akan lebih baik jika Anda menambahkan kipas USB eksternal untuk menstabilkan temperatur laptop.

  1. Masalah pada jaringan/network

Traffic alias lalu-lintas jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang, hingga infeksi virus dapat mengganggu kinerja sistem laptop. Cara mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Reset LAN, restart Switch/hub dan gunakan program Port Scanner untuk melihat paket data apa saja yang masuk dan keluar dari laptop. Proses ini juga bisa dilakukan untuk mendeteksi virus yang mencoba masuk ke dalam laptop.

Selengkapnya :  Punya Laptop Jadul? Lakukan Ini Supaya Performanya Tetap Gahar

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.