Home » News » Google Resmi Tutup Site Search per 1 April 2017

Google Resmi Tutup Site Search per 1 April 2017

google site search

Google Resmi Tutup Site Search per 1 April 2017

Perusahaan industri teknologi yang berbasis di Menlo Park, Google Inc baru saja menyampaikan kabar yang cukup mengejutkan. Mengutip laman The Techportal pada Minggu (26/3/2017), bahwa per 1 April 2017 ini Google akan menutup layanan Site Search miliknya. Hal ini diketahui berdasarkan email yang dikirim oleh Google ke pelanggan dan mitra kerjanya.

Site search merupakan layanan dari Google yang dirancang dan dibuat khusus bagi pemiliki halaman situs yang ingin menambahkan kemampuan pencarian Google ke dalam situs buatan mereka sendiri. Sederhananya, pengguna tidak perlu repot-repot membuka situs Google. Cukup dengan menggunakan fitur Site Search yang terpasang di halaman situs miliknya.

Artiket terkait  Bos iPhone Mulai Tak Nyaman dengan Isu iPhone 8

Fitur Site Search ini cukup banyak digunakan karena kemudahannya yang ditawarkan. Google sendiri akan mengalihkan seluruh akun pengguna Site Search ini ke layanan pencarian komersil lainnya bernama Custom Search Engine (CSE). Meskipun keduanya dimiliki oleh Google, ternyata ada perbedaan di antara keduanya.

Layanan Site Search bisa didapatkan pengguna dengan sistem pembayaran yang dilakukan secara periodik dan memiliki jangka waktu tertentu untuk penggunaannya. Site Search juga bebas dari iklan. Sementara Custom Search Engine bersifat gratis yang justru dapat menghasilkan uang sebagai keuntungan, dengan memasukkan beberapa iklan Google di antara hasil pencarian yang dilakukan oleh pengguna situs.

Artiket terkait  Super Nintendo Mini Akan Rilis Tahun Ini

Google Site Search ini memang ditujukan untuk para pebisnis atau perusahaan komersil yang ingin memiliki situs internet dengan desain dan fitur tambahan dari Google. Layanan ini bermaksud untuk membantu efisiensi kerja dari perusahaan dan pebisnis tadi. Bahkan, layanan ini sebelumnya bernama Google Custom Search Business Edition.

Secara teknis, layanan Site Search akan ditutup aksesnya secara total oleh Google pada 1 April 2018 atau ketika akun berbayar yang menggunakan layanan sudah mencapai akhir kontraknya. Meskipun demikian, Google masih akan terus menawarkan pelanggan yang membutuhkan bantuan teknis untuk pengembangan situsnya hingga penutupan layanan tersebut secara keseluruhan pada April tahun depan. Sehingga, hal ini tidak akan berdampak buruk bagi pengguna site search di seluruh penjuru dunia.

Artiket terkait  Update BBM untuk Pengguna Android

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.