Home » Laptop » Tips Laptop » Tips Perawatan Laptop yang Baik dan Benar

Tips Perawatan Laptop yang Baik dan Benar

perawatan laptop

Tips Perawatan Laptop yang Baik dan Benar

Laptop alias komputer jinjing menjadi pilihan banyak orang, terutama para pekerja dan pelajar saat ini. Perkembangan teknologi menuntut sistem pendidikan dan cara belajar pun turut berubah. Kemunculan laptop sangat membantu bagi mereka yang bekerja secara dinamis.

Pasalnya, perangkat ini bersifat portabel dan fleksibel alias bisa dibawa ke mana-mana. Bobotnya pun saat ini dibuat seringan mungkin, dengan kategori ultrabook yang tipis. Laptop bisa menjalankan fungsi sama baiknya dengan komputer konvensional.

Itu sebabnya banyak pengguna yang lebih memilih laptop berkat segala keuntungan yang diberikan. Meskipun demikian, laptop umumnya memiliki usia pakai yang tidak lama. Beberapa menyatakan usia laptop hanya bisa mencapai 5 hingga 7 tahun pemakaian, tergantung seberapa sering penggunaannya.

Namun, jika digunakan secara baik dan dirawat dengan benar, usia laptop bisa lebih panjang. Prosedur pun harus dilakukan secara rutin demi mencegah kerusakan pada laptop. Berikut tips-tips menarik yang bisa dicoba untuk menjaga kondisi laptop Anda.

  1. Jauhkan laptop Anda dari benda cair dan makanan

Ilustrasi: WikiHow

Ilustrasi: WikiHow

Saat ini, menggunakan laptop sambil menikmati sesuatu seperti makanan dan minuman seakan menjadi sebuah keharusan yang tidak tertulis. Umumnya, orang akan bekerja menggunakan laptop sambil meminum kopi. Padahal kebiasaan ini dapat mengancam kondisi laptop. Anda bisa saja secara tak sengaja menyenggol cangkir atau gelas minuman hingga mengenai laptop.

Selengkapnya :  Tips Memilih Laptop untuk Programer

Mengingat laptop adalah perangkat elektronik, segala jenis cairan jelas akan berdampak buruk pada komponen di dalamnya. Akibatnya, tidak hanya laptop yang rusak, namun Anda juga akan kehilangan data-data penting. Karena itu, beri jarak secukupnya antara minuman dan laptop. Akan lebih baik jika gelas dan cangkir dilengkapi dengan tutup. Begitu juga untuk makanan, karena serpihan makanan bisa jadi akan masuk ke dalam laptop dan dapat mengganggu kinerja komponen di dalamnya.

Selengkapnya :  Punya Laptop Jadul? Lakukan Ini Supaya Performanya Tetap Gahar
  1. Menggunakan software antivirus asli

Ilustrasi: WikiHow

Ilustrasi: WikiHow

Virus adalah salah satu pemicu utama kerusakan pada laptop. Kerusakan tidak hanya terjadi pada data dan software, namun juga pada komponennya. Virus bisa datang dari data yang ditransfer via USB atau ketika sedang mengunduh file tertentu. Membuka alamat web yang mengandung pop-up pun beresiko mendatangkan virus ke laptop Anda. Maka lengkapilah laptop Anda dengan software antivirus. Saat ini ada begitu banyak merek antivirus yang menawarkan berbagai keunggulan dengan harga yang kompetitif. Anda harus rajin memperbarui antivirus ini agar kinerjanya tetap berlangsung dengan baik dan lancar.

  1. Lindungi layar monitor laptop

Ilustrasi: WikiHow

Ilustrasi: WikiHow

Layar adalah fitur paling vital dari laptop sekaligus paling rawan mengalami kerusakan. Minimal layar akan mengalami goresan-goresan halus. Namun bekas goresan ini dapat berdampak pada kinerja dan tampilan layar. Karena itu, pastikan tidak ada benda antara keyboard dan layar laptop demi meminimalisir goresan. Tutuplah laptop secara pelan agar komponen di dalamnya tetap berfungsi dengan baik. Akan lebih baik jika layar laptop diberikan lapisan pelindung. Ada banyak ragam pelindung yang bisa Anda beli dengan harga yang terjangkau.

  1. Pastikan ruangan bersih dan bebas debu

Ilustrasi: WikiHow

Ilustrasi: WikiHow

Debu adalah musuh utama bagi peralatan elektronik. Walau wujudnya kecil dan halus, namun dapat berdampak buruk apabila menumpuk. Karena wujudnya itulah debu dengan mudah masuk ke bagian dalam laptop, mengenai komponen-komponen di dalamnya. Kerusakan awal memang tidak terasa, namun lama-kelamaan akan berdampak luar biasa. Karena itu, pastikan ruang kerja atau ruang kamar Anda bersih dan bebas debu.

Selengkapnya :  Cara Memperbaiki DVD ROM Laptop yang Error

Begitulah kurang lebih bagaimana cara menjaga laptop secara benar, supaya terhindar dari kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.