Home » News » Fitur Penangkal Hoax Terbaru dari Facebook

Fitur Penangkal Hoax Terbaru dari Facebook

penangkal hoax facebook

Fitur Penangkal Hoax Terbaru dari Facebook

Baru-baru ini keberadaan berita atau informasi palsu yang beredar di berbagai media komunikasi, terutama internet semakin meresahkan netizen. Bagaimana tidak? Banyak netizen yang akhirnya memberi spekulasi sendiri mengenai berita atau informasi palsu tersebut yang berujung pada “kerusuhan online”. Berita atau informasi palsu biasa disebut dengan kata “hoax”.

Berita atau informasi hoax ini disebarkan untuk memancing emosi para netizen, sehingga nantinya akan muncul berbagai keributan dan berbagai kesimpulan yang belum tentu benar adanya. Berdasarkan hal inilah, media sosial Facebook bekerja sama dengan pihak ketiga yang berfungsi sebagai penguji fakta untuk meluncurkan fitur terbaru mereka, yaitu fitur penangkal hoax.

Baca :  Cara Melihat Akun Teman yang Memblokir Kita di Facebook

Fitur terbaru Facebook ini pertama kali diluncurkan dan diumumkan pada bulan Desember 2016 lalu. Namun, baru akhir-akhir ini fitur penangkal hoax dari Facebook menjadi viral diberbagai kalangan netizen. Fitur terbaru Facebook ini nantinya akan dirancang khusus untuk memerangi penyebaran berita atau informasi hoax di Facebook, sehingga Facebook dapat dengan mudah menekan peredaran berita atau informasi hoax yang nantinya akan meresahkan netizen.

Baca :  Apple Rencanakan Produksi GPU Secara Mandiri

Dengan fitur penangkal hoax, pengguna akan diberikan sebuah peringatan sebelum memosting berita atau informasi palsu. Peringatan tersebut berupa kemunculan pop-up yang berisi pemberitahuan bahwa berita atau informasi yang akan di posting oleh pengguna sedang di perdebatkan oleh pihak ketiga selaku penguji fakta.

Jika pengguna tetap bersikeras untuk memosting berita atau informasi hoax tersebut, maka link berita atau informasi dari si pengguna akan muncul di timeline beserta dengan adanya tanda peringatan yang dikeluarkan oleh pihak Facebook. Fitur penangkal hoax ini dirasa cukup efektif untuk menekan peredaran berita atau informasi hoax yang akhir-akhir ini semakin memprihatinkan.

Baca :  iPhone 7 Ini Meledak karena Baterainya Bermasalah

Selain itu, dengan adanya pengawasan yang akurat dari pihak ketiga sebagai penguji fakta, membuat fitur penangkal Facebook ini wajib untuk diberi dukungan dan apresiasi sepenuhnya dari netizen. Namun sayangnya, fitur penangkal hoax ini belum tersedia untuk semua pengguna Facebook. Akan tetapi, tetap saja fitur terbaru Facebook ini dapat meminimalisir keresahan netizen terhadap keberadaan berita atau informasi hoax.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.