Penyebab Laptop Hang dan Bagaimana Mengatasinya (Bag. 1)

0
115
penyebab laptop hang
Penyebab Laptop Hang dan Bagaimana Mengatasinya (Bag. 1)

Laptop di era modern ini sudah menjadi seperti kebutuhan utama. Mulai dari pelajar hingga para pekerja membutuhkan laptop. Tak heran jika penggunaan laptop terkadang menjadi berlebihan. Masalahnya, laptop sama seperti perangkat elektronik lainnya, bisa bermasalah tanpa kompromi dulu dengan pemiliknya. Tidak jarang laptop tiba-tiba mengalami hang karena berbagai macam masalah.

Nah, jika Anda mengalami masalah seperti itu, beberapa penyebab dan cara penanganannya berikut ini mungkin bisa mengembalikan laptop Anda seperti semula lagi.

  1. Terlalu banyak program yang terinstal

Ketika laptop Anda tiba-tiba saja hang, Anda perlu periksa berapa jumlah aplikasi yang terpasang di laptop. Anda bisa melihatnya di Control Panel > Add/Remove Program. Coba pilah-pilah aplilasi atau program mana saja yang kiranya tidak terlalu Anda butuhkan. Lalu segera uninstall program tersebut supaya tidak membebani laptop Anda.

  1. Kekurangan memori

Masalah lainnya yang bisa menyebabkan laptop Anda hang adalah karena memori atau RAM yang minim. Biasanya ukuran RAM sudah diketahui pemilik laptop sejak pembelian awal. Tapi, yang terkadang tidak diketahui adalah seberapa batas penggunaannya. Saat Anda menjalankan cukup banyak aplikasi di laptop, bisa jadi memori yang termakan sangat besar. Maka dari itu, setidaknya Anda upgrade RAM di laptop Anda. Setidaknya minimal RAM 1GB untuk pengguna OS Windows XP atau 2GB untuk pengguna Windows 7 dan di atasnya.

  1. Terlalu banyak program startup dan service

Program startup dan service memang tidak secara langsung terlihat di layar laptop Anda. Tapi hal ini sangat berkaitan dengan poin nomor satu dan dua. Jika terlalu banyak program yang terpasang di laptop, maka semakin banyak pula startup dan service yang berjalan di belakang layar. Begitu pula dengan penggunaan RAM yang semakin besar.

Bagaimana solusinya? Untuk menonaktifkan startup program dan service, Anda perlu masuk ke menu System Configuration Utility. Untuk masuk ke menu tersebut, cukup ketik “msconfig” pada Run. Klik tab service dan startup, lalu hilangkan tanda ceklis pada aplikasi yang dianggap tidak penting.

  1. Terlalu banyak antivirus

Ada beberapa orang yang merasa terlalu cemas laptopnya terkena virus. Maka, biasanya mereka akan memasang lebih dari satu security program. Misalnya memasang dua atau bahkan tiga antivirus sekaligus dalam satu laptop. Ini sangat tidak dianjurkan, karena bisa membuat laptop Anda keberatan dan pada akhirnya hang.

Sebagai solusinya, gunakan saja satu antivirus yang terpercaya dan selalu menyediakan update secara rutin. Begitu pula lengkap dengan fitur perlindungan secara online. Jangan lupa untuk mengaktifkan firewall. Selain itu, berhati-hatilah setiap kali menancapkan Flashdisk atau Memory Card.

  1. Keberatan temporary file

File temporer atau temporary file yang membengkak bisa menyebabkan laptop hang. Temporary file ini berisikan file-file sisa, misalnya setelah Anda mengekstrak file archive. Lalu di mana letak file tersebut? Letaknya ada di C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp dan C:\WINDOWS\Temp.

Nah, hapuslah file yang ada di dalam dua folder tersebut. Langkah lebih singkatnya, Anda bisa gunakan program Disk CleanUp. Cukup ketik “cleanmgr” pada Run lalu pilih drive mana yang akan Anda bersihkan atau cleanup.

Itulah tadi lima hal yang bisa menjadi penyebab laptop Anda hang dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan cara-cara tersebut, Anda bisa membuat laptop menjadi lebih ringan dan kencang. Tapi masih ada lagi beberapa penyebab lainnya, yang akan kita bahas pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat.

Artiket terkait  Tips Mengatasi Kipas Laptop yang Bunyinya Bising
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.