Home » Smartphone » Tips Smartphone » Begini Cara Memperbaiki Kamera Smartphone yang Buram

Begini Cara Memperbaiki Kamera Smartphone yang Buram

kamera smartphone

Begini Cara Memperbaiki Kamera Smartphone yang Buram

Saat ini kegunaan smartphone bukan hanya sebatas sarana komunikasi saja, melainkan juga telah menjadi kebutuhan primer yang multifungsi. Salah satunya adalah untuk mengabadikan momen, melalui fitur kamera. Dari waktu ke waktu, kualitas kamera yang disematkan pada smartphone semakin tinggi. Mulai dari yang hanya 5MP sampai yang berkekuatan 20MP.

Mempunyai ponsel pintar dengan fitur kamera yang bagus tentu menjadi kesenangan tersendiri untuk sebagian orang. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, terkadang hasil jepretan kualitasnya bisa semakin menurun. Bahkan terkadang hasilnya bisa menjadi blur atau buram. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja itu? Lantas, bagaimana solusinya?.

Tips Memperbaiki Kamera Smartphone

  1. Tutup lensa tergores

Tutup lensa yang tergores bisa terjadi apabila Anda sering membawa dan menaruh ponsel pintar Anda di mana saja secara sembarangan. Misal di tempat tidur, di kamar mandi atau di atas meja makan. Boleh ditaruh di tempat-tempat tersebut, tapi tidak boleh di permukaan yang kasar. Sebab, hal ini bisa membuat ponsel tergores, termasuk di bagian tutup lensa kameranya. Kondisi seperti itu bisa membuat hasil foto atau video menjadi buram.

Artiket terkait  Tetap Hemat Baterai Smartphone Walau Lupa Bawa Power Bank

Bagaimana solusinya? Sebenarnya hal-hal seperti ini bisa dicegah dengan menggunakan silicon atau case pelindung smartphone. Akan tetapi tutup lensa kamera smartphone Anda sudah terlanjur tergores, Anda bisa siasati dengan mengoleskan pasta gigi. Oleskan sedikit demi sedikit di permukaan yang tergores secara perlahan. Tapi cara ini hanya bisa digunakan untuk menghilangkan goresan halus saja.

Sebagai catatan, pasta gigi yang bisa Anda gunakan adalah pasta gigi putih, bukan yang berupa gel. Jika masih buram, ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Congkel tutup lensa kameranya secara hati-hati, lalu gantilah dengan yang baru. Jika Anda tidak menemukan sparepart-nya, gunakan saja yang lebih ekonomis, yakni dengan selotip berwarna bening.

  1. Debu yang mengotori lensa

Sama halnya seperti poin sebelumnya, menaruh smartphone Anda secara sembarangan bisa membuat lensa atau tutup lensanya menjadi kotor dan berdebu. Alhasil, jepretan Anda akan menjadi buran dan tidak maksimal. Untuk yang ini, solusinya lebih sederhana dan mudah. Anda tidak perlu sampai mengganti dengan yang baru. Cukup gunakan minyak kayu putih untuk menggosok dan membersihkan tutup lensanya dengan cotton bud. Hal ini berfungsi supaya debu terangkat dari permukaan lensa.

  1. Lensa berembun

Bagi Anda yang suka mendaki gunung atau traveling ke tempat-tempat yang dingin, terkadang akan berdampak kurang baik bagi smartphone Anda, terutama kameranya. Dalam kondisi yang terlalu lembab, lensa kamera bisa berembun. Dengan begitu hasil jepretan foto Anda pun bisa tidak maksimal seperti dua kasus sebelumnya.

Artiket terkait  Harga Paket Internet Smartfren 4G Terbaru

Lalu bagaimana solusinya? Ketika lensa sudah berembun, maka langsung matikan smartphone Anda dan lepas baterainya. Setelah itu keringkat pada lubang di sisi kanan dan kiri dengan hair dryer. Hal ini bertujuan supaya suhu smartphone bisa stabil kembali dan tidak berembun lagi. Setelah itu coba cek lagi apakah hasil jepretannya masih buram atau tidak. Jika masih, coba lakukan pengecekan lain, barangkali terjadi hal-hal seperti poin nomor satu dan dua.

Artiket terkait  Tips dan Trik Pasang Custom ROM pada Smartphone Android Tanpa PC

Nah, itu dia beberapa penyebab dan solusi memperbaiki lensa kamera yang buram. Perlu Anda ketahui, bahwa beberapa kondisi yang tadi dijelaskan, bisa terjadi karena kecerobohan penggunanya sendiri. Jadi, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam merawat smartphone Anda. Terutama saat menyimpan atau menaruhnya di tempat-tempat berpermukaan kasar. Semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.