Home » News » Belum Sampai Dirilis, 3 Fitur Android Oreo Sudah Bocor

Belum Sampai Dirilis, 3 Fitur Android Oreo Sudah Bocor

android oreo

Belum Sampai Dirilis, 3 Fitur Android Oreo Sudah Bocor

Jika dibandingkan dengan sistem operasi smartphone lainnya, Android memang menjadi salah satu yang paling banyak berinovasi. Bahkan sejak versi pertama, Android selalu konsisten menamai sistem operasi mereka dengan nama-nama makanan manis. Terakhir, Google selaku pengembang resmi memperkenalkan Android 7.0 Nougat.

Belum sampai Android Nougat memasyarakat dan banyak dipakai oleh para pengguna smartphone, saat ini Google diketahui tengah dalam pengembangan sistem operasi terbaru. Para penggemar sistem operasi Android pun sudah mulai membincangkan tentang Android Oreo ini, yang akan menjadi versi kedelapan. Bahkan, beberapa bocoran Android Oreo sudah banyak beredar.

Selengkapnya :  Digaet Apple, Tim Dashwood Gratiskan Banyak Plugin FxFactory

Ya, meski belum resmi diperkenalkan maupun dirilis, tapi ada beberapa bocoran mengenai fitur apa saja yang akan ada di Android Oreo. Fitur apa saja itu?

Bocoran pertama adalah soal fitur bernama Copy Less. Di Android Oreo, nantinya fitur ini akan membuat smartphone Anda bisa mendeteksi informasi yang relevan dengan apa yang Anda copy dari suatu sumber, baik saat mengirim email atau pesan.

Dengan fitur Copy Less ini, maka Anda tidak akan bisa melakukan copy-paste secara sembarangan pada informasi yang tidak relevan. Bahkan beberapa teks yang dianggap tidak relevan dengan informasi juga bisa dihapus. Jadi, pengguna tidak akan bisa mengirim pesan-pesan hoax lagi.

Selengkapnya :  Puluhan Juta Orang Masih Main Pokemon GO!

Fitur lainnya adalah seperti yang digunakan pada Apple Playbook. Ketika Anda membuka alamat di sebuah pesan masuk, maka akan langsung diperlihatkan dari lokasi mana asal pesan tersebut. Pasalnya fitur itu sudah tersambung dengan aplikasi Google Maps. Sejatinya ini adalah fitur yang sudah bertahun-tahun lalu digunakan pada sistem operasi iOS. Tapi sekarang, pada akhirnya juga dirilis di Android.

Selengkapnya :  Baidu Sedang Gencar Garap Asisten Virtual

Terakhir adalah fitur Finger Gesture. Sebelumnya, fitur seperti ini memang sudah banyak digunakan di beberapa smartphone. Fungsinya mirip seperti shortcut atau jalan pintas menuju menu tertentu. Misal jari Anda menunjukkan gestur menuliskan huruf C di layar, maka Anda akan langsung masuk ke menu kontak. Akan tetapi, fitur ini masih perlu penyempurnaan karena masih memungkinkan terjadi delay.

Cukup keren bukan fitur yang diprediksi bakal diusung Android 8.0 Oreo? Patut dinantikan fitur apa lagi yang akan dikembangkan oleh Google di sistem operasi terbaru mereka yang satu ini.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*