Cara Memperbaiki DVD ROM Laptop yang Error

0
159
dvd rom laptop
Cara Memperbaiki DVD ROM Laptop yang Error

Tidak semua laptop dilengkapi dengan DVD ROM. Tapi jika ada, sudah pasti kita akan dimudahkan dalam banyak hal. Misal saat hendak melakukan burning DVD atau saat ingin menonton film. Sialnya, DVD ROM pada laptop ini seperti mempunyai umur. Terkadang bisa cepat rusak apabila digunakan dengan tidak sewajarnya. Bahkan walau tidak dipakai pun bisa juga bermasalah.

Kalau sudah demikian, biasanya akan muncul beberapa gejala yang ditimbulkan pada laptop Anda. Bisa saja DVD jadi tidak terdeteksi pada sitem operasi. Apabila yang bermasalah adalah pada bagian hardware, DVD ROM terkadang tidak bisa membuka atau bahkan tidak bisa digunakan untuk membaca. Banyak masalah yang bisa timbul.

Memperbaiki DVD Laptop Tidak Terdeteksi

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah DVD ROM laptop Anda error dan tidak terbaca di sistem operasi, ada langkah yang bisa Anda lakukan. Tapi sebagai catatan, kerusakan yang akan coba kita perbaiki di sini adalah karena diakibatkan oleh kesalahan pada driver, bukan karena ada kerusakan fisik pada hardware. Berikut penjelasan langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, buka regedit. Caranya tekan tombol Window + R atau cukup tulis regedit pada search di menu Start.
  • Kemudian Anda masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > Class > 4d36e965-e325-11ce-bfc1-08002be10318 > REG_MULTI_Z. Di folder tersebut, Anda hapus file bernama “UpperFilters”.
  • Setelah itu coba restart laptop dan cek apakah DVD ROM sudah terdeteksi atau belum.

Memperbaiki Kerusakan Fisik pada DVD Laptop

Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah tersebut tapi masih saja belum terdeteksi, ada kemungkinan terjadi kerusakan fisik pada komponen DVD. Kalau Anda mau aman, sebaiknya perbaiki di service center atau minimal ke tukang servis laptop yang terpercaya. Tapi sebagai langkah ‘pertolongan pertama’ untuk DVD ROM Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda periksa.

  • Pertama-tama Anda perlu membongkar laptop Anda terlebih dahulu. Lepas mur pengaitnya, lalu cek pada tegangan yang masuk ke DVD ROM.
  • Bersihkan bagian-bagian yang mungkin kotor. Lakukan secara berhati-hati dan lembut. Bersihkan juga pada sekitar kepala laser dan jangan menggaruk lense. Gunakan bahan kain yang lembut.
  • Setelah itu pasang lagi seperti semula dengan berhati-hati. Nyalakan laptop Anda dak periksa di setup BIOS.
  • Jika masih belum terdeteksi, maka sebaiknya Anda set auto. Perhatikan juga apakah lamu led menyala atau tidak. Sebab, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada controller.

Cara tersebut sebenarnya cukup berisiko dilakukan oleh orang yang awam. Jadi sebaiknya biarkan saja ahlinya yang melakukan pekerjaan tersebut.

Membeli DVD ROM Ekesternal

Kerusakan pada DVD ROM laptop bisa saja terjadi pada mekanik motor atau karet motornya atau pada komponen optiknya. Apakah bisa diperbaiki? Masih ada kemungkinan untuk bisa diperbaiki lagi. Caranya adalah dengan melakukan pengaturan ulang pada optik tersebut. Tapi sayangnya, banyak masalah optik pada DVD ROM laptop yang sulit diperbaiki.

Jika sudah begini, bagaimana jalan keluarnya? Anda tidak perlu cemas. Sebagai alternatif Anda bisa membeli DVD RPM eksternal yang sekarang sudah sangat mudah didapatkan dan hanya membutuhkan slot USB saja. Harganya memang relatif mahal, tapi cukup terjangkau, berkisar antara Rp 200 ribu – Rp 300 ribuan. Apabila ingin menghemat anggaran, Anda juga bisa membeli DVD ROM eksternal seken. Tapi kelemahannya, usianya pasti akan lebih pendek ketimbang Anda membeli baru. Semoga bermanfaat.

Artiket terkait  Cara Mengoptimalkan Kartu Grafis Nvidia Geforce di Laptop
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.