Kurang dari Sebulan, Perjalanan Windows Vista Akan Segera Berakhir

0
169
windows vista
Kurang dari Sebulan, Perjalanan Windows Vista Akan Segera Berakhir

Windows Vista pertama kali muncul ke publik sebagai versi update dari Windows XP, pada 8 November 2006. Pada saat itu, Microsof baru merilis untuk pengguna bisnis saja. Kemudian pada 30 Januari 2007, versi untuk pengguna rumahan menyusul. Tapi faktanya, banyak pengguna yang merasa kurang puas dengan kinerja sistem operasi Vista.

Pada saat itu, Windows Vista muncul lima tahun setelah Windows XP lahir pada 25 Oktober 2001. Awalnya, Microsoft berharap sistem operasi terbaru mereka itu bisa menyusul kesuksesan XP, yang disukai para pengguna. Namun, alih-alih meraih keberhasilan, Windows Vista malah menjadi salah satu ‘produk gagal’ Microsoft.

windows-vista

Pada akhirnya, Microsoft meluncurkan sistem operasi Windows 7, sebagai penebus kegagalan mereka untuk produk sebelumnya. Tapi setelah bertahun-tahun berjuang di tengah kurangnya minat dari para pengguna, kurang dari satu bulan ke depan atau sekitar bulan April 2017 mendatang, Microsoft akhirnya bakal segera mengistirahatkan Vista.

Ya, Microsoft tidak akan lagi melanjutkan dukungan mereka pada Windows Vista. Dengan begitu, Vista akan menyusul pendahulunya, Windows XP, yang sudah terlebih dahulu ‘disuntik mati’ oleh Microsoft beberapa waktu lalu. Adapun bentuk dukungan yang akan dihentikan oleh pihak pengembang adalah berupa patch, update keamanan dan beberapa pembaharuan lainnya.

Maka dari itu, bagi Anda para pengguna Windows Vista, sebaiknya mulai berpikir untuk beralih ke sistem operasi Microsoft lainnya, seperti Windows 7, 8 atau 10, yang sejauh ini masih mendapat dukungan dari Microsoft untuk berbagai pembaharuan. Walau Anda masih bisa menggunakan sistem operasi Vista, tapi bisa saja dari segi keamanan akan semakin rawan. Dari segi dukungan aplikasi pun pasti akan berkurang.

Saat ini, Microsoft memang sudah mengeluarkan sistem operasi terbaru mereka, yakni Windows 10, baik untuk versi desktop maupun mobile. Tapi para pengguna Microsoft juga masih banyak yang menggunakan Windows 7. Microsoft pun rencananya akan memberi dukungan penuh pada sistem operasi yang satu ini hingga tahun 2020 mendatang. Jadi, sekarang pilihan ada di tangan Anda, apakah akan tetap menggunakan Vista atau berpindah ke sistem operasi yang lebih baru.

Artiket terkait  5 Game Balap Motor Terbaik dan Gratis di Android
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.