Home » Smartphone » Tips Smartphone » Alasan Orang-orang yang Memilih iPhone Ketimbang Android

Alasan Orang-orang yang Memilih iPhone Ketimbang Android

iphone

Alasan Orang-orang yang Memilih iPhone Ketimbang Android

Pasar smartphone di dunia saat ini didominasi oleh dua sistem operasi dari dua perusahaan yang berbeda, yakni Android dan iOS. Smartphone berbasis iOS sendiri dikenal dengan nama iPhone. Perbedaannya, iPhone hanya diproduksi oleh satu perusahaan, yakni Apple. Sementara itu smartphone dengan OS Android diproduksi oleh banyak perusahaan di dunia, karena memang bersifat open source.

Jika kedua jenis ponsel pintar itu dibandingkan, pasti tidak akan ada habisnya dan menimbulkan banyak perdebatan. Akan tetapi, ada sebagian orang yang punya alasan kalau iPhone lebih baik ketimbang Android. Sebab di balik harganya yang memang terbilang mahal dan ekslusif, ternyata memang iPhone punya beberapa kelebihan yang tidak dipunyai smartphone Android. Apa saja itu?

  1. Aplikasi Eksklusif

aplikasi

Banyak sekali aplikasi untuk Android yang bisa diunduh, baik secara gratis maupun berbayar di Google Play Store. Namun demikian, pasti tetap saja ada beberapa aplikasi eksklusif yang hanya bisa ditemukan di App Store, toko aplikasi untuk perangkat iOS. Misalnya aplikasi untuk pengolah suara, GarageBand atau game legendaris Super Mario Run. Bahkan untuk urusan update aplikasi dan game, iPhone terbilang lebih cepat ketimbang Android.

  1. Kemudahan Pengguna

penggunaan

Jika Anda berpikir Android lebih mudah digunakan ketimbang iPhone, mungkin karena Anda memang belum pernah menjajal ponsel pintar iPhone. Sebab, pada dasarnya iPhone sangatlah mudah dioperasikan. User interface yang digunakan begitu sederhana dan punya banyak fitur yang memudahkan pengguna, sehingga pengguna yang masih awam pun bisa lebih mudah dalam mengoperasikan iPhone.

Artiket terkait  Mau Jual Smartphone Android? Jangan Abaikan Hal Ini

Anda juga tidak perlu repot harus update firmware setiap beberapa hari sekali, seperti yang terjadi pada beberapa ponsel Android. Tingkat kompatibilitas firmware pada iPhone dinilai lebih baik ketimbang Android.

  1. Desain yang Mewah

desain

Dari segi desain, iPhone punya ciri khas yang selalu dipertahankan di setiap serinya. Sejak seri pertama, iPhone didesain dengan gaya yang mewah dan kesan yang mahal. Bahkan dengan melihatnya sekilas saja, Anda pasti sudah bisa mengenali kalau ponsel pintar tersebut adalah iPhone. Apalagi identitas perangkat ini semakin lengkap dengan adanya logo apel di bagian punggungnya.

Artiket terkait  Cara Mudah Update iOS 10 untuk Perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch

iPhone sangat cocok bagi orang-orang yang ingin tampil beda, karena desain Android selama ini banyak dinilai monoton walau banyak pula perusahaan yang mengembangkan. Tapi, semua itu kembali pada masalah selera masing-masing.

  1. Semakin Tangguh

daya tahan

Pada seri iPhone 7 dan 7 Plus, Apple sudah membekali ponsel pintar jagoan mereka itu dengan fitur baru yang membuat perangkat tersebut makin tangguh. Pasalnya pada iPhone 7 Series itu telah ada fitur waterproof atau tahan air dan tahan debu. Memang, sebelumnya sudah banyak perangkat Android yang memperkenalkan fitur tersebut. Tapi setiap seri iPhone memang mempunyai build quality yang bagus jika dibandingkan dengan rata-rata ponsel pintar di pasaran.

  1. Aksesori yang Unik

aksesori

Apple juga sering membuat aksesori iPhone dengan bentuk yang eksklusif dan unik. Pokoknya berbeda dengan perangkat Android pada umumnya. Baik itu produksi asli dair Apple maupun dari pihak ketiga, biasanya punya tampilan yang antimainstream. Sebut saja Apple AirPods, yang menjadi trend karena earphone satu ini wireless alias tanpa kabel dan berdesain unik. Apple juga yang pertama kali dikenal memproduksi earphone dengan warna putih, ketika produsen lain berlomba-lomba membuat yang berwarna hitam.

Artiket terkait  Solusi untuk Menghemat Kapasitas RAM pada Smartphone

Nah, kiranya itu tadi beberapa alasan orang-orang yang menggunakan iPhone, mengapa mereka bisa move on dari Android. Tapi sekali lagi, semua itu bergantung pada kebutuhan dan selera masing-masing individu. Semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.