Home » Laptop » Tips Laptop » Cari Tahu Alasan Laptop Lemot dengan Cara Berikut

Cari Tahu Alasan Laptop Lemot dengan Cara Berikut

penyebab laptop lemot

Cari Tahu Alasan Laptop Lemot dengan Cara Berikut

Laptop merupakan perangkat yang sangat membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai urusan. Sejauh ini, belum ada perangkat yang sepraktis dan secanggih laptop. Meskipun saat ini sudah banyak produk gadget seperti tablet atau fablet, namun perangkat tersebut tidaklah memiliki fungsi sehebat laptop. Selain sistem operasi yang beragam dan kompatibilitas program yang sangat luas, laptop lebih mudah digunakan daripada tablet. Hal tersebut harus diakui. Meski Anda merupakan penggemar tablet, bagaimanapun Anda masih membutuhkan laptop, terutama bagi Anda yang memang bekerja di bagian IT.

Lambatnya performa laptop merupakan hal yang sangat mengganggu Anda tentunya. Selain pekerjaan menjadi terkendala, performa lambat ini bisa menjadi gejala dari kerusakan lain yang lebih parah apabila dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, lambatnya performa laptop perlu segera diatasi. Langkah pertama, sebelum mengatasi, tentulah Anda harus tahu sebab dibalik lambatnya laptop Anda.

Artiket terkait  Begini Kriteria Laptop Gaming Terbaik untuk Anda

Inilah yang sering menjadi masalah, yaitu ketidaktahuan akan sebab dari lambatnya performa sebuah laptop. Agar Anda mengetahui sebab dari lambatnya performa, maka ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Dengan langkah-langkah tersebut, Anda akan mengetahui sebab dari lambatnya proses laptop Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Periksa Task Manager

Task Manager adalah sahabat dekat Anda untuk mengetahui berbagia masalah serta apa saja pekerjaan laptop Anda. Bukalah Task Manager dengan tombol shortcut Ctrl+Alt+Del di laptop Anda. Jika shortcut tersebut ternyata berbeda dengan laptop Anda, maka bukalah Task Manager dengan cara biasa, yakni dengan melakukan pencarian di start menu dan ketik Task manager. Setelah tampak aplikasi tersebut, maka bukalah dan Anda akan dapat melihat aplikasi apa yang sedang berjalan dan sebesar apa memori Anda digunakan.

Artiket terkait  Update Harga Laptop Lenovo All Type Terbaru Desember 2016

task manager

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan di Task Manager adalah dengan memeriksa tab Startup. Tab ini berisi informasi terkait aplikasi-aplikasi yang sedang dan akan berjalan tepat saat laptop Anda baru dinyalakan. Aplikasi-aplikasi inilah yang menjadi penyebab lemotnya laptop  Anda saat baru dinyalakan. Periksalah aplikasi-aplikasi tersebut dan jika Anda menemukan sejumlah aplikasi tak dikenal, maka kemungkinan besar merekalah penyebab lemotnya laptop Anda. Hilangkan aplikasi tersebut dengan mengklik disable.

Selain tab Startup, Anda juga bisa memeriksa aplikasi apa saja yang sedang berjalan melalui tab lainnya. Sebenarnya, tab-tab pada Task Manager berisi aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan dan jumlah memori yang termakan oleh masing-masing aplikasi tersebut. Lakukan pemeriksaan di setiap tab dan cari tahu mengenai aplikasi-aplikasi tak dikenal yang Anda temukan dan bagaimana cara mematikannya.

  1. Periksa Kondisi Hard Drive

cek harddisk

Periksa kondisi harddisk Anda melalui menu Scan Hard Drive apabila Anda menggunakan Windows, atau Scan Utility bila Anda menggunakan Mac. Proses ini akan mengeluarkan diagnosa terkait kondisi Harddisk Anda dan apakah Harddisk tersebut perlu diganti atau tidak.

  1. Periksa Malware atau Virus

malware

Malware adalah aplikasi yang biasanya berjalan sebagai aplikasi latar belakang. Artinya, aplikasi ini tidak akan terdeteksi sebagai aplikasi berjalan apabila Anda tidak melakukan pemeriksaan khusus terhadap Malware tersebut. Untuk memeriksa Malware, gunakan Windows Defender, yaitu sebuah aplikasi yang disediakan Windows untuk melakukan pemeriksaan terhadap virus atau gangguan yang ada di laptop Anda.

Artiket terkait  Tips Perawatan Laptop yang Baik dan Benar

Demikian penjelasan tentang beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu alasan di balik lambatnya performa laptop Anda. Dengan mengetahuinya, maka kini Anda dapat melakukan langkah-langkah berikutnya, yaitu pencegahan dan pembersihan. Setelah itu performa laptop Anda pun akan kembali seperti semula atau malah semakin cepat. Selamat mencoba.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.