Home » Laptop » Tips Laptop » Bagaimana Cara Transfer File Antar Laptop Tanpa Flashdisk?

Bagaimana Cara Transfer File Antar Laptop Tanpa Flashdisk?

transfer file nirkabel

Bagaimana Cara Transfer File Antar Laptop Tanpa Flashdisk?

Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin sulit dibendung. Bahkan saat ini penggunaan USB drive/flashdrive/flashdisk sudah tidak seumum beberapa tahun lalu lagi. Banyak perangkat yang kini fungsinya sudah menggantikan flashdisk.

Secara umum, flashdisk biasanya digunakan untuk memindah atau transfer file dari satu perangkat ke perangkat lain. Lalu bagaimana kalau lupa bawa flashdisk? Nah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan koneksi internet. Kita bisa mengirim file yang dimaksud lewat email atau aplikasi perpesanan.

Tapi semua itu akan sangat bergantung pada kecepatan internet. Belum lagi, batasan ukuran file dalam sekali upload melalui email atau aplikasi perpesanan tidaklah besar. Jadi, bagaimana lagi kalau ternyata ukuran file yang dikirim cukup besar? Misal berupa video atau aplikasi lain.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini para pengembang aplikasi sudah mulai menemukan solusi untuk memindahkan file dari satu laptop ke laptop lain dengan cepat dan tanpa harus bergantung pada flashdisk atau perangkat drive sejenisnya, begitu pula tidak perlu cemas dengan kecepatan koneksi internet. Caranya adalah dengan menggunakan jaringan nirkabel atau yang biasa disebut dengan WiFi.

Selengkapnya :  Cara Mengoptimalkan Kartu Grafis Nvidia Geforce di Laptop

Sebagai informasi, penggunaan WiFi untuk kebutuhan transfer file ini akan tidak terpengaruh dengan berapa cepat koneksi internet. Bahkan kecepatannya bisa sama seperti saat kita memindahkan file dari satu tempat ke tempat lain di dalam satu hard disk atau hard drive. Kecepatan transfernya bisa beberapa MBps. Mantap sekali, bukan?

Bagi beberapa orang, cara ini mungkin sudah umum dan sudah digunakan sejak beberapa tahun belakangan. Tapi bagi Anda yang belum tahu, ada satu aplikasi yang sangat membantu dan mudah digunakan untuk proses transfer file nirkabel antar laptop. Prosesnya sangat sederhana dan Anda tidak perlu cemas saat harus mengirim file dengan ukuran yang besar.

Selengkapnya :  Cara Supaya Usia Baterai Laptop Anda Lebih Awet

Langkah-langkah Transfer File Antar Laptop dengan ShareIt

Nah, aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk aktivitas ini bernama ShareIt. Syaratnya adalah kedua laptop harus terhubung dalam satu jaringan WiFi yang sama. Jika Anda belum punya aplikasi ini di laptop Anda, silahkan terlebih dahulu unduh secara gratis di situs-situs yang tersedia di Google. Setelah terunduh dan terinstal di kedua laptop yang akan digunakan untuk saling bertukar file, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Jalankan dulu aplikasi ShareIt di masing-masing laptop.
  2. Pada laptop pertama, silahkan klik “is the device you are searching for not found”. Lalu akan muncul beberapa jaringan yang telah teridentifikasi di sana.01 01
  3. Sementara itu di laptop kedua klik ikon jaringan yang akan dihubungkan. Jika ada password, isikan sesuai yang Anda buat di laptop pertama. Kemudian hubungkan dengan mengklik “join”.
  4. Nah, kalau kedua laptop sudah terhubung satu sama lain, maka transfer file sudah bisa dilakukan. Bukan hanya dari laptop satu ke laptop dua saja, tapi juga bisa sebaliknya.
  5. Bagaimana cara membagikan file-nya? Cukup sederhana, sama seperti halnya jika Anda menggunakan “adhoc”. Pilih folder atau file yang ingin Anda bagikan, lalu “klik kanan > properties”. Pada tab sharing, klik tab share. Maka akan terlihat jendela “choose people to share with”. Kemudian pilih “everyone”. Pilih “add” lalu “share”.3 99
  6. Untuk mengambil file yang sudah di-share tersebut, laptop penerima bisa masuk ke windows Explorer. Kemudian klik “Network”, yang ada pada bagian bawah. Pilih nama laptop kedua yang telah tersambung. Di sana Anda bisa lihat beberapa file yang telah di-share dari laptop lainnya. Silahkan Anda copy-paste seperti biasa ke penyimpanan lokal.
Selengkapnya :  5 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Laptop Baru

Sederhana sekali, bukan? Nah, sebagai informasi saja, aplikasi ShareIt ini juga bisa digunakan untuk transfer file dari laptop ke smartphone hanya dengan sekejap mata. Hanya saja, langkah-langkahnya jauh lebih sederhana. Selamat mencoba.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.