Cara Melakukan Registrasi Semua Kartu Prabayar Terbaru

by

Cara Melakukan Registrasi Semua Kartu Prabayar Terbaru oleh lalodSudahkah Anda melakukan proses registrasi kartu prabayar? Jika belum, tampaknya Anda harus secepatnya mengerjakan proses ini. Pasalnya guna pelanggan lama, proses registrasi ulang kartu prabayar nyaris memasuki batas akhir pada 28 Februari 2018 mendatang.

Nah, apakah Anda sudah melakukannya? Atau malah andamasih bingung untuk mengerjakan registrasi? Tenang saja, kali ini kami akan kasih tahu teknik registrasi kartu prabayar seluruh operator di Indonesia.

Cara Registrasi Kartu Prabayar Semua Operator di Indonesia

Peraturan baru tentang registrasi ulang kartu prabayar ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 mengenai Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Hal ini adalah*upaya pemerintah dalam menangkal penyalahgunaan kartu prabayar, seperti permasalahan  penipuan.

Cara Registrasi Kartu Prabayar

Kalau kamu berkeinginan melakukan proses ini, Anda membutuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Proses ini mesti banget untuk pelanggan baru atau pelanggan lama.

Berikut teknik registrasi kartu prabayar semuaoperator di Indonesia selengkapnya.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel (Simpati)

Untuk mengerjakan pendaftaran pelanggan baru atau registrasi ulang pelanggan lama provider Telkomsel (Simpati) bisa mengirim SMS ke nomor 4444 dengan format:

  • Pelanggan Baru – (Kartu SIM Perdana) – REG(spasi)NIK#No.KK#
  • Pelanggan Lama – (Kartu SIM Aktif) – ULANG(spasi)NIK#No.KK#
Selengkapnya :  Update BBM untuk Pengguna Android

Cara Registrasi – Kartu XL Axiata

Untuk mengerjakan pendaftaran pelanggan baru atau registrasi ulang pelanggan lama provider XL Axiata bisamengirim SMS ke nomor 4444 dengan format:

  • Pelanggan Baru – (Kartu SIM Perdana) – DAFTAR#NIK#No.KK
  • Pelanggan Lama (Kartu SIM Aktif) – ULANG#NIK#No.KK

Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo, Tri dan Smartfren

Untuk mengerjakan pendaftaran pelanggan baru atau registrasi ulang pelanggan lama provider Indosat Ooredoo, Tri, dan Smartfren bisamengirim SMS ke nomor 4444 dengan format:

  • Pelanggan Baru – (Kartu SIM Perdana) – NIK#No.KK#
  • Pelanggan Lama – (Kartu SIM Aktif) – ULANG#NIK#No.KK#

Cara Registrasi Kartu Prabayar via Online

Selain sejumlah langkah di atas yang memakai pesan singkat, andajuga dapat melakukan registrasi kartu prabayar melewati website sah operator selular di Indonesia. Berikut ialah daftar menyeluruh tautan yang dapat Anda kunjungi:

Selengkapnya :  iPhone 8 Akan Hadirkan Fitur Fingerprint yang Lebih Canggih?
  • Telkomsel (Simpati) – mobi.telkomsel.com/ulang
  • XL Axiata – registrasi.xl.co.id/ulang
  • Indosat Ooredoo – indosatooredoo.com/id/personal/support/knowledge-management-system/faq-registrasi
  • Tri – registrasi.tri.co.id/
  • Smartfren – my.smartfren.com/prepaid_reg.php

Catatan: Proses registrasi kartu prabayar ini telah dibuka31 Oktober 2017. Semua pelanggan diinginkan menuntaskan proses registrasi sebelum 28 Februari 2018. Jika melalui batas, nomor pelanggan mempunyai resiko diblokir dan dinonaktifkan secara bertahap.

Cara Cek Nomor Kartu Prabayar Teregistrasi Semua Operator Seluler

Nah, mendekati batas akhir proses registrasi, apakah Anda sudah yakin sudah melakukannya? Jika Anda merasa pernah mengerjakan registrasi ulang kartu prabayar tetapi belum yakin kamu dapat mengecek melewati website, SMS atau kode dial melewati handphone kamu.

Cara Mengecek Nomor Teregistrasi

Fitur ini sebetulnya sudah tersedia semenjak 20 November 2017 lalu. Bagi yang ingin melakukannya, kamu dapat melakukan sejumlah langkah dari setiap operator sebagai berikut.

  • Telkomsel – Kunjungi www.telkomsel.com/cek-prepaid
  • XL Axiata – Dial up pada menu *123*4444#
  • Indosat Ooredoo – Kunjungi registrasi.tri.co.id/ceknomor
  • Tri – Kunjungi registrasi.tri.co.id/ceknomor
  • Smartfren – Kunjungi my.smartfren.com/check_nik.php
Selengkapnya :  Spotify Kasih Harga Khusus untuk Pelajar Indonesia

Tata Cara Pemblokiran Kartu Prabayar

Nah, buat Anda yang belum yang mempunyai nomor prabayar belum teregistrasi sampai batas masa-masa pada 28 Februari 2018, maka kartu bakal otomatis terblokir secara bertahap, guys.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan pemblokiran akan dilaksanakan secara bertahap sampai28 April 2018 mendatang. Untungnya kamu akan mendapatkan masa tenggang sekitar 30 hari sebelum nomor benar-benar ditutup loh!

Proses Pemblokiran Nomor Prabayar

Dalam jangka 30 hari, nomor kamu akan diblokir untuk mengerjakan panggilan terbit dan SMS. Jika membandel, 15 hari setelahnya panggilan masuk dan SMS yang bakal diblokir. Sementara tersebut paket internet bakal tetap aktif.

Makanya, buru-buru deh mengerjakan proses registrasi sebelum masa pencatatan berakhir. Jangan hingga menyesal di lantas hari ya!

Akhir Kata

Nah, itulah teknik registrasi kartu prabayar seluruh operator yang wajib Anda tahu. Bagi informasi menyeluruh kamu dapat membacanya lebih menyeluruh pada tautan laman Kemenkominfo berikut. Yuk, buruan ikuti aturannya sebelum nomormu diblokir!