Fungsi Lain Wifi di Smartphone yang Jarang Diketahui

0
231
fungsi wifi
Fungsi Lain Wifi di Smartphone yang Jarang Diketahui

Wifi merupakan perangkat yang memungkinkan Anda untuk lebih hemat dalam penggunaan kuota internet. Banyak tempat-tempat wisata maupun tempat tongkrongan anak muda, yang menjadikan Wifi sebagai fasilitas utama mereka. Hal ini dikarenakan Wifi mampu memberikan kecepatan akses yang maksimal dan penggunaan internet yang lebih hemat kuota.

Banyak juga mereka yang memasang perangkat Wifi ini di rumah-rumah mereka untuk membantu mereka mempermudah akses internet, selain itu pekerjaan yang berhubungan langsung dengan internet pun akan sangat terbantu dengan adanya perangkat Wifi. Namun, tahukah Anda bahwa perangkat Wifi pada Smartphone memiliki fungsi selain itu? Silakan simak ulasan berikut ini.

  1. Modem

modem

Fungsi lain yang dianggap sangat penting dari Wifi adalah dapat menjadi perangkat modem. Sangat membantu, bukan? kuota yang banyak atau unlimited agar akses interetnya pun menjadi maksimal. Wifi akan menjadi modem bagi perangkat lain dengan menggunakan bantuan tathering.

Setiap smartphone pasti memiliki perangkat tathering, karena perangkat ini merupakan perangkat penghubung antara Wifi dengan modem. Fungsi ini memang sudah banyak diketahui oleh orang, apalagi oleh mereka yang gila teknologi. Namun, banyak juga pengguna baru smartphone yang tidak mengetahui fungsi Wifi ini sebagai modem.

  1. Transfer File

transfer file

Fungsi lain dari Wifi yang selanjutnya adalah sebagai transfer file. Transfer file ini bisa digunakan dari smartphone ke laptop Anda. Anda tidak perlu repot-repot lagi menggunakan kabel data untuk mentransfer file, hanya dengan menyalakan koneksi Wifi, maka Anda akan memindahkan file dengan mudah.

Namun sebelumnya, ada aplikasi yang harus instal terlebih dahulu untuk menggunakan fungsi ini. Aplikasi transfer file tersebut bernama Aplikasi Xender. Setelah Anda selesai menginstal, maka Anda dapat mentransfer file dengan mudah dari smartphone ke laptop Anda dengan bantuan koneksi Wifi, atau bisa juga sebaliknya.

  1. Sebagai Mouse atau Keyboard

mouse keyboard

Fungsi Wifi yang satu ini memang jarang diketahui oleh  banyak orang. Wifi dapat menjadi mouse atau keyboard alternatif Anda ketika mouse atau keyboard pada komputer Anda bermasalah atau bahkan rusak. Tidak perlu membeli mahal-mahal mouse atau keyboard yang  baru agar tidak ketinggalan deadline pekerjaan Anda, instal saja aplikasi Intel Remote Keyboard pada smartphone Anda.

Aplikasi ini dapat Anda instal di semua jenis smartphone, baik berbasis Android maupun berbasis iOS. Setelah di instal, Anda dapat menyalakan koneksi Wifi Anda dan menjadikan smartphone Anda sebagai alternatif pengganti mouse atau keyboard Anda yang rusak.

  1. Terhubung dengan Perangkat Lainnya

perangkat lain

Ternyata koneksi Wifi juga dapat terhubung dengan perangkat pintar yang lain, seperti smartband dan smartwatch. Hal ini dikarenakan, WiFi dapat menjadi penghubung antara smartphone Anda ke perangkat pintar lainnya. Bahkan Anda dapat mengambil gambar atau foto dan video dari perangkat pintar lainnya melalui smartphone Anda. Sangat canggih, bukan?

Memiliki akses Wifi yang baik jangan untuk disia-siakan. Sangat banyak fungsi lain dari adanya koneksi Wifi tersebut untuk semakin mempermudah tugas dan pekerjaan sehari-hari Anda. Fungsi-fungsi lain dari Wifi di atas merupakan fungsi penting yang belum diketahui oleh banyak orang.

Untuk Anda yang memiliki smartphone canggih dengan akses Wifi yang mumpuni, maka Anda dapat menggunakan fungsi-fungsi tersebut dengan maksimal. Dengan adanya fungsi-fungsi lain dari Wifi tersebut, tentu saja akan memudahkan kita dalam melakukan beberapa hal yang penting dengan cepat dan waktu yang singkat, bukan?

Artiket terkait  4 Hal yang Bisa Mengoptimalkan Penggunaan Ponsel Android
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.