Home » Smartphone » Tips Smartphone » Fungsi Lain Tombol Volume pada Smartphone yang Jarang Diketahui

Fungsi Lain Tombol Volume pada Smartphone yang Jarang Diketahui

tombol volume

Fungsi Lain Tombol Volume pada Smartphone yang Jarang Diketahui

Smartphone merupakan teknologi masa kini yang terus dikembangkan. Berbagai merk smartphone sudah tak terhitung lagi jumlahnya, namun tetap saja ada beberapa merk andalan yang menjadi favorit bagi penggunanya. Setiap smartphone pasti memiliki beberapa tombol yang sama pada semua jenisnya, baik itu smartphone berbasis Android maupun smartphone berbasis iOS, salah satunya adalah tombol volume.

Tombol volume pada seluruh smartphone memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk meningkatkan atau menurunkan suara pada perangkat. Namun, siapa yang menyangka bahwa tombol volume juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting untuk semakin mempermudah penggunaan smartphone Anda? Yuk, simak ulasan berikut ini.

  1. Mengambil Foto atau Gambar

shutter

Tombol volume pada smartphone memiliki fungsi lain selain meningkatkan atau menurunkan suara pada perangkat. Fungsi lain tersebut adalah untuk mempermudah Anda dalam pengambilan foto atau gambar. Hampir semua jenis smartphone memiliki fungsi ini pada tombol volumenya. Lalu, bagaimanakah cara penggunaannya?

Selengkapnya :  Tips Mengoptimalkan Kinerja Smartphone Supaya Tidak Lemot

Cara menggunakan fungsi ini cukup mudah, yaitu Anda hanya mengubah peraturan pada kamera untuk menjadikan tombol volume sebagai tombol Shutter. Tombol Shutter ini merupakan tombol pengambil gambar yang sangat praktis untuk Anda yang ingin berfoto tanpa kesulitan. Jika Anda sudah mengubah pengaturannya, maka Anda sudah siap untuk mengambil foto dengan cara menekan tombol volume. Dengan menekan tombol volume, smartphone Anda akan memotret secara otomatis. Sangat mudah, bukan?

  1. Zoom In dan Zoom Out Kamera

zoom

Selain fungsi diatas, ternyata tombol volume juga berfungsi untuk zoom in dan zoom out pada kamera. Caranya sama persis dengan cara diatas, yaitu mengubah pengaturannya. Hanya saja yang diubah adalah fungsi tombol volumenya menjadi shortcut zoom in dan zoom out. Jika Anda sudah mengubahnya, maka Anda tidak akan kesulitan lagi dalam memperbesar dan memperkcel gambar didalam kamera.

Selengkapnya :  Alasan Orang-orang yang Memilih iPhone Ketimbang Android

Adapun cara penggunaannya adalah tombol volume atas sebagai zoom out atau memperbesar gambar dan tombol voulme bawah sebagai zoom in atau memperkecil gambar. Hal ini tentu saja memudahkan Anda dalam mengambil gambar, karena untuk proses zoom in dan zoom out, Anda tidak perlu menggeser-geser layar smartphone Anda seperti biasanya.

  1. Screenshot

screenshoot

Fungsi berikutnya dari tombol volume adalah sebagai penyimpan tangkapan layar atau yang biasa disebut Screenshot. Banyak smartphone yang menerapkan swap 3 jari untuk menyimpan screenshot, namun menggunakan tombol volume sebagai penyimpan screenshot dianggap lebih praktis. Anda hanya harus menekan tombol volume bawah (down) + tombol power secara bersamaan, maka smartphone Anda akan otomatis menyimpan tangkapan layar.

  1. Shortcut Aplikasi
Selengkapnya :  Aplikasi Ini Bikin Baterai Smartphone Android Boros

Fungsi lain tombol volume yang satu ini dianggap sangat penting untuk mempermudah Anda dalam membuka aplikasi secara cepat. Namun, untuk menggunakan fungsi ini, Anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi seperti QuickClick. Dengan begitu, tombol volume Anda akan berfungsi sebagai pembuka aplikasi secara cepat dan singkat.

Memiliki smartphone adalah hal wajib yang harus dilakukan agar Anda tidak ketinggalan teknologi. Namun, ketika Anda memiliki smartphone, Anda diharuskan untuk mengetahui beberapa fungsi-fungsi penting untuk memaksimalkan penggunaan smartphone Anda. Fungsi-fungsi penting inilah yang nantinya akan sangat berguna dalam mempermudah Anda dalam menggunakan smartphone. Salah satunya adalah fungsi-fungsi penting lainnya yang terdapat pada tombol volume. Ternyata tombol volume pada smartphone dapat membantu Anda dalam menggunakan smartphone. Apalagi bagi Anda yang super sibuk, pastinya fungsi lain dari tombol volume ini dirasa sangat membantu, bukan? Selamat mencoba.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.