Cara Mengembalikan Data yang Hilang atau Terhapus di HP Android

by
mengembalikan data yang terhapus di android
Dok: android authority

Dahulu, mengamankan data-data penting biasanya dilakukan dengan menyimpannya di dalam brankas atau almari. Tetapi, saat ini Anda bisa menyimpan berbagai jenis data hanya ke dalam sebuah ponsel Android, mulai dari dokumen penting, foto hingga video.

Kabar buruknya, ponsel Android Anda bisa rusak sewaktu-waktu karena berbagai macam masalah dan membuat data-data penting hilang. Nah, bagi Anda para pengguna Android, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai solusinya. Menyelamatkan data-data di ponsel yang hilang atau tidak sengaja terhapus bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini.

Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Menyimpan foto di ponsel lebih praktis daripada harus mencetaknya dan menyimpannya di dalam album kenangan. Tetapi foto di ponsel Android juga bisa hilang atau terhapus. Jangan langsung panik, sebab biasanya Android sudah langsung terhubung dengan Google Photo yang secara rutin mem-backup foto-foto di memori ponsel.

Lalu bagaimana jika foto tersebut juga terhapus dari Google Photo? Tenang, Anda bisa me-restore-nya dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Photo dari Android atau PC.
  • Klik Menu > pilih Bin.
  • Di situ Anda akan menemukan foto-foto yang telah terhapus. Tekan dan tahan foto-foto yang ingin Anda kembalikan.
  • Terakhir, tekan restore.

Akan tetapi, cara ini hanya efektif untuk foto yang terhapus dalam kurun waktu 60 hari. Lebih dari itu, biasanya foto akan menghilang tanpa jejak.

Mengembalikan Data yang Terhapus dengan Aplikasi

diskdigger
Dok: Phone Arena

Selain itu Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi Android. Untuk melakukan restore dengan cara ini, Anda perlu melakukan root terlebih dahulu di HP Android Anda. Pertama-tama, unduh dan pasang aplikasi Diskdigger di Google Play Store, lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Lakukan pemindaian memori ponsel untuk menemukan data-data yang terhapus, seperti foto dan video.
  • Pilih file mana saja yang ingin Anda kembalikan, lalu tekan restore.

Mengembalikan Data yang Terhapus di Android dari PC

Dok: TechRadar
Dok: TechRadar

Jika Anda tidak mau me-root Android, maka Anda bisa menggunakan cara terakhir, yakni melalui perantara PC. Sebelumnya unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi Recuva di PC atau laptop. Kemudian hubungkan memori internal Android ke PC, dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Recuva, lalu pilih tipe-tipe file yang ingin Anda cari.
  • Biarkan aplikasi melakukan pemindaian, biasanya membutuhkan waktu beberapa menit.
  • Setelah proses selesai, pilih data-data penting yang Anda butuhkan kemudian klik recovery.

Selain aplikasi Diskdigger dan Recuva, sebenarnya ada banyak aplikasi serupa yang juga bisa Anda gunakan untuk mengembalikan data yang hilang, baik freeware maupun berbayar. Selain itu, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah jangan me-recover data-data penting di tempat yang sama dengan tempat data tersebut terhapus.

Jadi jika data yang terhapus berada di memori internal HP, pindahkan recovery-nya ke SD Card atau ke hard disk. Ini untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kerusakan file atau corrupt, walau juga tidak menjamin sepenuhnya data Anda akan bisa di-recovery dalam keadaan ‘sehat’.

Selengkapnya :  Update Harga HP Android Samsung Galaxy Young Series Terbaru Oktober 2016

About Author: Bagas Dharma

Gravatar Image
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.