Mengenal Taktik Team Shape dalam Football Manager

0
269
team shape football manager
Mengenal Taktik Team Shape dalam Football Manager

Dalam permainan Football Manager menjadi hal yang penting bagi kita untuk bisa membentuk tim asuhan kita sendiri sebagai tim terbaik nantinya. Bukan hanya sebatas tim yang instan dengan membeli pemain-pemain mahal. Tujuannya sudah tentu, memenangkan sebanyak mungkin pertandingan dan akhirnya mengangkat trofi kejuaraan dan untuk kepuasan. Pasalnya, memang ini yang menjadi tugas seorang manager dan keberhasilan ini akan mengangkat namanya sebagai pelatih yang ternama.

Ada satu hal yang jarang diketahui orang tentang bagaimana membina sebuah tim. Sebuah klub tidak hanya soal jumlah pemain bagusnya saja. Terkadang, banyak pemain Football Manager yang tergiur dengan cara menang instan berupa perburuan pemain-pemain top dan handal. Hal inilah yang sering membuat kita lengah. Kita lupa bahwa sebuah tim harus bisa diarahkan dalam setiap segi permainan, termasuk seperti apa para pemain bekerja sama.

Team Shape adalah salah satu pilihan yang dapat menjadi jalan untuk mengatur jalannya pertandingan. Team shape, secara umum, merupakan sebuah deksripsi koneksi antar lini. Team shape akan menentukan seperti apa penyerang bertindak ketika gelandang sedang kesulitan, juga seperti apa gelandang saat melihat lini pertahanan sedang dalam kekacauan. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk tahu seperti apa cara mengatur team shape yang baik. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa pilihan shape yang ada di Football Manager.

  1. Shape Very Fluid

Shape yang ini akan membuat jarak antar lini begitu sempit. Artinya, ketika seorang pemain lawan menciptakan area untuk melakukan permainan bersama beberapa rekannya di bagian tengah, maka lini serang dan gelandang akan bekerja sama untuk membekukan area itu. Proses isolasi ini bertujuan untuk mencegah permainan lawan semakin mengarah ke gawang kita. Intinya, semua pemain akan mengarah pada satu titik yang sama.

Kelemahan dari shape very fluid adalah bahwa apabila isolasi yang diciptakan tersebut berhasil ditembus, maka pemain-pemain di luar area akan kesulitan untuk bertindak karena harus menunggu beberapa pemain dari isolasi yang pertama untuk bergerak mundur dan mengisolasi area di sana.

Shape fluid juga akan membuat pergerakan bola lebih dinamis. Anda akan memiliki target umpan-umpan yang cukup banyak karena seluruh pemain di area tertentu akan terlibat dalam pergerakan bola.

  1. Shape Highly Structured

Shape yang satu ini akan membuat tim Anda lebih kaku. Artinya, apabila ada lawan yang mencoba bergerak di tengah, maka hanya pemain tengah saja yang akan fokus pada penghalauannya. Pemain serang mungkin tetap membantu, tetapi ia akan menjaga jarak dan tidak terlalu gencar untuk melakukan penghalaian.

Shape highly structured  memiliki kelemahan tersendiri, yakni sulitnya pemain untuk keluar dari areanya dan melakukan pertolongan darurat apabila lini lain sedang kerepotan. Namun, sisi positif dari shape ini adalah bahwa akan terbentuk sebuah tim yang solid dan kokoh untuk pertahanan.

Shape yang highly structured akan membuat pemain berorientasi pada penyerangan. Akibatnya, bola akan terus diarahkan ke depan sebagai bentuk penyerangan.

Itulah dua jenis Team Shape yang dijelaskan dengan singkat. Selain team shape, Anda juga bisa mengatur pola mental pemain melalui Creative Freedom. Pilihan ini akan mengatur sejauh apa pemain-pemain Anda rela mengambil resiko dalam setiap eksekusinya. Aturlah Creative Freedom agar sesuai dengan team shape dan juga ide permainan yang Anda ingin adakan di tim asuhan. Dengan melakukan pengaturan yang baik, maka Anda sudah bisa mulai bergerak dengan target memenangkan sebuah kejuaraan yang Anda impikan.

Artiket terkait  5 Game Balap Motor Terbaik dan Gratis di Android
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.