Home » Laptop » Tips Laptop » Tips Mengatasi Webcam di Laptop yang Bermasalah

Tips Mengatasi Webcam di Laptop yang Bermasalah

webcam laptop

Tips Mengatasi Webcam di Laptop yang Bermasalah

Webcam adalah perangkat yang dapat mendukung sistem komunikasi dan juga hiburan Anda. Saat ini, ada banyak software yang mendukung komunikasi tatap muka virtual menggunakan webcam. Selain itu, ada juga situs dunia maya yang menggunakan webcam sebagai perangkat utama yang harus digunakan apabila ingin mengoperasikan fitur di situs tersebut.

Biasanya situs ini merupakan situs pertemanan atau sekedar perkumpulan online yang dilakukan antar beberapa orang yang tidak saling mengenal (mungkin juga bisa saja kebetulan kenal) di dunia nyata.

Penggunaan webcam yang luas dan penting membuat perangkat keras yang satu ini memiliki fungsi krusial dan harus selalu siap digunakan kapan saja. Oleh karena itu, apabila Anda mengalami kerusakan webcam, tentu hal tersebut akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Maka apabila webcam Anda bermasalah, maka lakukan beberapa opsi berikut yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dan caranya terbilang sederhana.

  1. Cek Device Manager

Device Manager adalah bagian dari program komputer yang akan membuat list mengenai perangkat keras apa saja yang tersedia di laptop atau komputer Anda. Di Device Manager, Anda akan memiliki akses terhadap semua perangkat keras yang sedang terpasang serta memeriksa keadaan perangkat lunak yang menggerakkan (driver) dari perangkat keras itu. Apabila Anda tidak menemukan webcam di sana, maka kemungkinan besar webcam Anda memang tidak terdeteksi ke laptop atau komputer Anda.

Artiket terkait  Tips Perawatan Laptop yang Baik dan Benar
  1. Cek Software Webcam

Webcam biasanya datang bersama dengan software bawaan yang akan memberikan sejumlah efek atau perintah unik yang khusus ditujukan untuk webcam dengan merek yang sama. Sotware semacam ini biasanya adalah software universal yang bisa diterapkan di komputer-komputer yang berbeda dan juga untuk webcam tipe apa saja dari merek yang sama.

Artiket terkait  Masalah Umum pada Laptop Windows 10 dan Cara Mengatasinya

Apabila software ini menurut Anda merupakan bagian yang bermasalah, maka Anda bisa melakukan instalasi ulang terhadap software ini. Setelah melakukan uninstall dan menginstallnya kembali, maka Anda normalnya akan memecahkan masalah apapun pada software tersebut dengan sendirinya.

  1. Aktifkan Webcam Laptop dengan tombol Fn

Berbeda dengan komputer yang memerlukan webcam eksternal, webcam pada laptop biasanya sudah dipasang sebagai bagian laptop itu sendiri (Bult-in). Oleh karena itu, webcam built-in tidak bisa dinyalakan dan dimatikan (on/off) menggunakan saklar atau kabel. Satu-satunya cara untuk melakukan ini adalah dengan tombol perintah function atau Fn.

Tombol ini memang khusus diperuntukkan bagi laptop untuk dikombinasikan dengan tombol lain yang akan memberikan perintah yang berlainan pula. Untuk mengaktifkan/non aktif webcam, tombol yang sering digunakan adalah Fn + F3. Namun, kombinasi ini bukanlah sesuatu yang baku. Ada beberapa tipe laptop yang menggunakan Fn+F2 atau Fn+F4 sebagai kombinasi tombolnya.

  1. Periksa Kabel USB

Kabel USB tidak bisa dipungkiri sebagai salah satu device yang mudah sekali mengalami kerusakan. Entah apakah hal ini karena permintaan terhadap USB semakin banyak sehingga kualitas produk yang dihasilkan semakin murah dan lemah. Oleh karena itu, apabila webcam Anda tidak menyala, maka cobalah untuk mencari tahu apakah kabel USB Anda mengalami masalah atu tidak. Caranya adalah dengan menggunakan kabel lain untuk menyalakan webcam di komputer Anda.

Artiket terkait  10 Laptop Gaming Harga 5 Jutaan Terbaik

Itulah cara-cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi masalah webcam yang mengalami gangguan di PC atau laptop. Keduanya sebenarnya tidaklah terlalu berbeda. Namun, yang membedakan hanyalah penggunaan tombol Fn yang memang tidak tersedia di PC dan biasanya hanya terdapat di laptop atau notebook.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.