Home » Smartphone » Tips Smartphone » Sering Typo? Ini Tips Mengetik Cepat dan Akurat di Smartphone

Sering Typo? Ini Tips Mengetik Cepat dan Akurat di Smartphone

keyboard

Sering Typo? Ini Tips Mengetik Cepat dan Akurat di Smartphone

Pernah memerlukan untuk mengetik dengan smartphone namun tak puas karena hasilnya tak sesempurna dengan menggunakan laptop? Atau bahkan tak secepat dengan menggunakan laptop? Mengenai kecepata dan ketepatan dari mengetik menggunakan smartphone dibandingkan dengan menggunakan laptop memang terdapat beberapa elemen yang menjadi penyebab. Mulai dari besarnya media yang digunakan hingga karena kita hanya menggunakan dua jempol untuk mengetik di smartphone, sedangkan pada laptop menggunakan hingga 10 jari.

Perbedaan ini tentu saja mau tak mau akan mempengaruhi kecepatan hingga ketepatan ketika pengetikan. Namun jangan khawatir karena sebenarnya ada beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan untuk bisa mengetik cepat dan tepat dengan menggunakan smartphone.

Sebelum mempelajari cara mengetik yang cepat dan tepat dengan menggunakan smartphone, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama perbedaan ketika mengetik menggunakan kedua device atau gadget tersebut. Yang pertama adalah ukuran, karena itu penting menjadi menggunakan keyboard pada smartphone yang bisa bekerja selayaknya keyboard pada laptop. Yang ukurannya jauh lebih besar.

Selengkapnya :  Tips Mengatasi Masalah Umum pada Android Nougat

Berikutnya baru pertimbangkan mengenai cara untuk menjadikan mengetik di smartphone sama mudah, tepat dan cepat seperti ketika mengetik di laptop. dibawah ini adalah cara-caranya.

  1. Pilih keyboard yang tepat

keyboard 1

Seperti yang sudah dijelaskan di bagian atas, keyboard adalah elemen pembeda besar yang bisa menjadikan mengetik di smartphone lebih lambat dari pada di laptop. Karena itu penting untuk memilih dan menggunakan aplikasi keyboard yang tepat pada smartphone. Ada banyak sekali jenis aplikasi keyboard yang ada saat ini. Anda hanya perlu untuk mencoba dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Masing-masing keyboard memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing yang menjadikan mereka memiliki kriteria yang berbeda pula.

Selengkapnya :  Mungkin Ini Penyebab Play Store Anda Tidak Bisa untuk Download
  1. Fitur koreksi otomatis dan prediksi kata

keyboard 2

Kedua fitur ini akan membantu Anda mengetik dengan lebih cepat. Tapi biasanya pengaturan ini akan menggunakan bahasa Indonesia, karena itu pastikan lebih dulu mengunduh bahasa Indonesia baru mengubah pengaturan tersebut menjadi bahasa Indonesia.

Fitur koreksi otomatis ini bisa membantu untuk memastikan hasil ketikan benar-benar akurat. Dan prediksi kata untuk membantu mengetik lebih cepat. Namun tetap, perhatikan lagi karena tetap saja, seringkali kedua fitur ini melakukan beberapa kesalahan pengetikan atau pengejaan.

  1. Input flow dan voice typing

keyboard 4

Satu lagi fitur yang akan membantu untuk mengetik lebih cepat dan tepat. Kedua fitur ini bekerja dengan akurat dan tentu saja menjadikan mengetik jauh lebih cepat. Yang pertama adalah fitur input flow. Fitur ini mulai diperkenalkan oleh Google Android pada tahun 2014 lalu dan langsung begitu digemari. Pengguna hanya perlu menggeserkan jari pada key pad pada keyboard dan itu akan mengetikan sendiri tiap katanya.

Selengkapnya :  iPhone 8 Didukung Qi Wireless Charging?

Voice typing lebih canggih lagi, di mana smartphone akan mengetikan kata-kata yang diejakan melalui suara. Dengan cara ini, pengguna bahkan tak perlu lagi capai untuk mengetik karena semuanya bisa dialkukan hanya dengan menggunakan suara.

  1. Kamus dan jalan pintas kata

keyboard 3

Fitur berikutnya adalah penggunaan kamus dan jalan pintas atau shorcut. Dengan mengatur dua hal ini, bisa mengetik dengan cepat menggunakan kata-kata singkat yang sudah diatur sebelumnya. Misalnya saja, kata yg yang bisa diatur untuk menggunakan menjadi kata “yang”. Hingga sederet kata-jata lain yang paling sering digunakan.

Dengan empat fitur serta cara diatas, mengetik dnegan menggunakan smartphone akan menjadi sama cepat dan akuratnya dengan menggunakan laptop. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.