Cara Mengukur Tinggi Badan Menggunakan Smartphone

0
430
smart measure
Cara Mengukur Tinggi Badan Menggunakan Smartphone

Pernah ingin melakukan pengukuran tinggi badan namun tidak memiliki alat bantu ukur yang pas? Tak perlu repot mencari, terlebih lagi membeli alat bantu pengukuran tinggi badan. Karena saat ini sudah ada cara mengukur tinggi badan paling mudah dengan menggunakan smartphone.

Smartphone? Ya, rupanya ada sebuah aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk pengaturan tinggi badan. Sebelumnya, Apple merilis smartphone iPhone 6 dengan fitur Force Touch yang rupanya bisa berfungsi sebagai timbangan digital. Dan saat ini, sebuah aplikasi untuk ponsel Android ini pun rupanya bisa digunakan untuk melakukan pengukuran tinggi badan. Fleksibel, mudah, dan sangat fungsional.

Aplikasi tersebut bernama Smart Measure, yang saat ini sudah tersedia untuk pengguna smartphone Android. Cara kerja dari aplikasi ini sebenarnya sederhana saja, dimana Smart Measure menggunakan salah satu sensor yang digunakan pada smartphone, yakni Measurement Sensor.

Seperti yang disebutkan, terdapat beberapa sensor pada smartphone, mulai dari fitur sensor Ambient Light untuk fungsi Auto-Brightness; atau sensor Magnetik, Gyriscope dan Accelerometer untuk headset VR. Aplikasi Smart Measure menggunakan sensor Measurement, yang juga banyak digunakan oleh aplikasi lain sebagai penggaris.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Smart Measure di Android? Ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini.

  1. Pertama-tama unduh aplikasi Smart Measure. Saat ini aplikasi ini sudah tersedia di Google Play untuk pengguna smartphone Android. Selain mengunduh langsung dari Google Play Store, aplikasi ini juga bisa diunduh versi apk di berbagai website. Hanya saja pastikan untuk mencentang perintah untuk mengijinkan aplikasi lain masuk ke ponsel pada pengaturan.
  2. Setelah itu instal aplikasi pada smartphone Android. Aplikasi ini tak memintah Anda untuk daftar atau memasukan kode apapun untuk login. Karena itu begitu sudah terinstal, tinggal di buka saja aplikasi tersebut. Proses instalasi yang sudah berakhir dan komplete bisa dilihat dari munculnya icon aplikasi Smart Measure pada wallpaper serta app desk. Klik dua kali pada aplikasi.
  3. Begitu terbuka, Anda akan disambut dengan pilihan untuk mengukur tinggi atau Height, lebar atau Width, atau ruang / dimensi atau Area. Untuk menggukur tinggi badan, pastinya pilih pengaturan Height.
  4. Setelah itu langkah selanjutnya adalah atur lensa kamera pada tanah. Untuk tahap pertama ini memang Anda diharuskan untuk mengukur Distance atau Jarak terlebih dahulu untuk mengaktifkan sensor Measurement. Klik untuk pilihan Distance sebelum menempatkan lensa kamera pada tanah ya.
  5. Posisikan tanda + pada sepatu atau dasat kaki orang yang akan dihitung tinggi badannya. Ini sebagai tanda titik dimulainya pengukuran. Bila ingin mengukur tinggi lain selain tinggi badan, maka titik ini harus tepat pada dasar objek yang akan diukur.smart measure 1
  6. Setelah itu baru posisikan tanda dan titik yang sama pada tepat atas kepala dari teman yang akan dihitung tinggi badannya. Titik ini nantinya jadi penanda akhir dari pengukuran. Jadi Smart Measure akan mengukur berdasar dari jarak atau distance yang sudah ditentukan semua untuk mengetahui skala. Baru kemudian menentukan dari titik terendah pengukuran yang ditentukan, baru kemudian terakhir pada titik teratas.smart measure 2
  7. Akan nampak hasil pengukuran untuk tinggi badan atau untuk Height dari orang atau objek yang diukur.

smart measure 3

Cara pengukuran untuk Width atau Lebar juga kurang lebih sama, hanya tentukan titik pengukuran pada lebar. Sama juga ketika menggunakan aplikasi ini untuk pengukuran Area. Demikian artikel cara untuk mengukur  tinggi badan dengan aplikasi Android kali ini dan semoga bermanfaat.

Artiket terkait  Solusi untuk Menghemat Kapasitas RAM pada Smartphone