Cara Install Ulang Hp Android Agar Kembali Seperti Baru

316
cara reset ulang android
Dok: androidpit.com

Beberapa pengguna smartphone Android mungkin pernah mengalami perangkat tiba-tiba error. Banyak penyebabnya, tapi yang jelas hal ini dapat mengganggu aktivitas yang biasa dilakukan dengan smartphone. Untuk mengembalikan perangkat agar bisa berfungsi seperti semula, biasanya cara tercepat adalah dengan me-reset ulang.

Cara me-reset HP Android agar kembali seperti baru ini disebut dengan Recovery Mode. Fungsinya sama seperti menginstal ulang Windows di PC, tapi Anda tidak perlu memasukkan DVD. Hampir semua jenis Android memiliki Recovery Mode, namun ada  pula tipe-tipe tertentu yang membutuhkan cara khusus untuk melakukan reset.

Reset Ulang Android ke Pengaturan Bawaan Pabrik

Metode pertama dan yang paling mudah untuk membuat HP Android agar seperti baru lagi adalah dengan mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Untuk me-reset Android, Anda hanya perlu masuk ke menu Setting > Privacy > Factory Data Reset. Tetapi masalahnya, seringkali smartphone Anda tiba-tiba error dan mengalami bootloop atau tidak bisa masuk ke menu. Oleh karena itu, reset harus dilakukan dengan Recovery Mode. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama-tama Android Anda harus dalam keadaan mati dan pastikan baterainya penuh atau setidaknya 70%. Anda juga bisa melakukannya sambil mengisi daya.
  • Lalu nyalakan Android untuk masuk ke Recovery Mode, caranya dengan menekan secara bersamaan tombol power dan volume up. Namun beberapa tipe smartphone memiliki cara lain, misalnya tombol power dan volume down, home dan volume up, dan sebagainya. Anda bisa mencarinya di Google sesuai tipe smartphone atau membacanya di panduan.
  • Dalam mode ini hanya ada tampilan menu berupa tulisan saja dan layar sentuh tidak akan berfungsi. Anda hanya bisa menggunakan tombol volume dan power, tapi ini juga bergantung pada tipe smartphone yang digunakan.
  • Berikutnya Anda lakukan Wipe Data/Factory Reset. Pilih dengan menggunakan tombol volume, lalu tekan tombol power atau tombol home.
  • Tunggu semua prosesnya sampai selesai, kemudian reboot smartphone.

Yang Perlu Diketahui Tentang Recovery Mode

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Recovery Mode ini seperti menginstal ulang Windows di PC. Jadi, data-data Anda yang ada di tempat di mana sistem operasi terinstal akan terhapus dan kembali seperti semula. Nah, jika Anda masih bisa masuk ke menu, sebaiknya backup dulu semua data. Atau Anda juga bisa melakukan backup melalui Recovery Mode, langkah-langkahnya seperti berikut ini:

cara reset android
Dok: www.maketecheasier.com
  • Sebelum melakukan reset di Recovery Mode, lakukan backup data di menu Back Up and Restore.
  • Tunggu sampai beberapa menit sampai proses backup selesai, biasanya 5-10 menit, sampai muncul tulisan Backup completed.
  • Untuk me-restore data-data yang Anda backup, langkah-langkahnya masih sama. Masuk ke menu Backup and Restore di Recovery Mode, lalu pilih menu Restore. Tunggu sampai proses restore selesai.

Demikian cara untuk me-reset HP Android Anda ke pengaturan pabrik agar kembali menjadi seperti baru lagi. Biasanya cara ini dilakukan apabila Anda lupa PIN, ada aplikasi yang error atau karena rooting. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.