Home » Laptop » Tips Laptop » Suara Laptop Tiba-tiba Mati? Lakukan Cara Ini

Suara Laptop Tiba-tiba Mati? Lakukan Cara Ini

sound laptop

Suara Laptop Tiba-tiba Mati? Lakukan Cara Ini

Sound atau suara menjadi salahs atu hal yang paling penting di laptop. Dari mulai film hingga game, semua membutuhkan suara sebagai salah satu unsur yang menambah aspek hiburannya. Bayangkan bila laptop Anda tidak memiliki suara, maka sudah pasti Anda tidak akan menikmati berbagai hiburan yang Anda simpan di laptop tersebut.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan bila laptop kehilangan suaranya? Pertama-tama, jangan buru-buru membawanya ke tukang service. Hal ini dikarenakan apabila Anda bertemu dengan tukang service yang nakal, maka Anda akan dibohongi dengan perkataan bahwa beberapa komponen yang berhubungan dengan suara laptop telah rusak. Alhasil, Anda harus menyiapkan anggaran yang lebih besar dari yang seharusnya.

soundfinish

Masalah yang berkaitan dengan suara sudah pasti sangat berkaitan dengan fungsi speaker. Namun bila Anda kehilangan suara di laptop, itu belum tentu karena speaker Anda yang rusak. Speaker adah sebuah perangkat keras yang hanya dapat berjalan apabila terdapat perangkat lunak yang menjalankannya. Perangkat lunak ini disebut dengan driver.

Artiket terkait  Cara Menambah VRAM Intel HD untuk ‘Angkat’ Game Berat di Laptop

device-msnsger

Jadi, apabila Anda ingin memeriksa kondisi speaker Anda, periksalah kondisi driver itu sendiri. Lakukan pemeriksaan dengan cara berikut.

  1. Klik kanan pada My Computer dan pilih Priperties.
  2. Pada bagian Properties, pilihlah tab Hardware dan pilih Device Manager.
  3. Device Manager adalah daftar dari hardware-hardware yang terinstal di laptop Anda. Setiap hardware akan terhubung dengan sebuah driver. Klik dua kali pada “Sound, Video, and Game Controller” dan lihatlah apakah ada Realtek High Definition Audio sudah terinstal di sana. Hal ini perlu dilakukan karena perangkat pada umumnya menggunakan Realtek sebagai drivernya.

Jika Anda tidak menemukan Realtek di sana, maka itu berarti driver untuk speaker laptop Anda belum terinstal. Langkah berikutnya sudah tentu adalah untuk menginstal driver Anda. Cara menginstal driver adalah sebagai berikut.

Artiket terkait  Cara Browsing di Google Chrome Tanpa Kuota Internet

install-devices

Tetaplah berada pada halaman Device Manager, carilah pilihan Other devices dan klik 2 kali pada pilihan itu. Jika ada tanda berwarna kuning pada perangkat itu, maka perangkat Anda sedang berada dalam masalah sehingga tidak dapat digunakan. Namun jika tidak ada tanda kuning, maka perangkat Anda sebenarnya baik-baik saja dan berfungsi dengan normal hanya saja perangkat Anda tidak diakui oleh siapapun sehingga Anda tidak akan menemukan driver yang tepat untuk perangkat speaker laptop Anda.

Jika yang terjadi adalah tidak diakuinya perangkat Anda, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan install ulang pada driver tersebut.Cara melakukan install ulang adalah dengan klik kanan bagian Audio Device on High Definition Audio Bus dan pilih Update Driver.

Artiket terkait  Mungkinkah Menjalankan Laptop Tanpa Harddisk?

Untuk melakukan update driver, pastikan Anda terhubung dengan koneksi internet. Setelah itu Anda dapat melakukan proses instalasi yang secara otomatis berjalan sendiri. Jika ini sudah dilakukan, maka Anda dapat melakukan pengaturan dengan cara membuka menu Start dan memilih Control Panel, lalu pilihlah Sound, Speech, and Audio Device.

Begitulah cara supaya laptop Anda dapat kembali mengeluarkan suara. Cara ini merupakan cara yang ditempuh dengan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan terhadap driver. Jika cara ini tidak berhasil, maka kemungkinan besar masalah ada pada hardware atau speaker Anda sendiri. Cobalah untuk mengganti perangkat speaker internal laptop Anda dengan yang baru atau membawanya ke teknisi reparasi laptop. Namun, pastikan Anda tidak tertipu oleh teknisi yang semestinya memperbaiki laptop Anda.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.