Cara Hasilkan Foto Keren via Kamera iPhone

0
233
kamera iphone
Cara Hasilkan Foto Keren via Kamera iPhone

Foto adalah salah satu hal yang menjadi favorit kita semua saat ini. Tak ayal lagi, dari mulai travelling, kumpul bareng keraat, hingga objek-objek tertentu tak luput dari bidikan kamera kita. Berbagai cara pun ditempuh untuk mengabadikan momen atau objek tertentu menjadi file gambar yang bisa dilihat kapan pun kita menginginkannya. Namun, kebanyakan orang akan berpikir untuk segera membeli kamera super mahal yang fungsinya sebenarnya lebih dari sekedar apa yang diperlukan. Oleh karena itu, kebanyak orang pula akhirnya membuang anggaran secara sia-sia.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya ponsel bisa digunakan untuk mendapatkan jepretan dari momen yang sempurna? Saat ini sudah banyak fasilitas yang disediakan, mulai dari lensa kamera bawaan ponse yang didesain semakin bagus, aplikasi-aplikasi pengedit foto yang lengkap, hingga perangkat eksternal yang bisa ditambahkan dan dipadukan dengan ponsel kita. Khusus untuk pengguna iPhone, berikut adalah cara untuk mendapatkan jepretan yang sempurna dari ponsel Anda.

Aktifkan Grid

aktifkan grid

Fungsi dari Grid adalah untuk menempatkan objek secara lebih terukur. Dengan mengaktifkan Grid, maka Anda akan mengetahui posisi objek yang sebenarnya. Banyak dari kita mengambil gambar dengan memperhatikan estetika dari gambar itu sendiri tanpa memperhatikan letak-letak objeknya, terutama saat foto keluarga. Oleh karena itu, dengan mengaktifkan Grid, akan lebih mudah bagi Anda untuk menempatkan objek baik secara simetris maupun sengaja tidak simetris dengan jarak yang lebih terukur.

Jangan Gunakan Zoom

jangan zoom

Penggunaan zoom memang memudahkan kita untuk mendapatkan gambar dari suatu objek secara lebih dekat. Namun, penggunaan zoom akan membuat gambar menjadi buram dan penuh noise. Untuk itu, hindari penggunaan zoom pada kamera iPhone. Jika Anda memang ingin mendekat, maka mendekatlah.

Hindari Flash

flash

Flash memang berfungsi untuk menerangi objek saat difoto. Sayangnya, penggunaan flash di kamera ponsel hanya akan membuat warna objek menjadi tersaturasi. Artinya, warna akan terlihat kurang tajam sehingga membuat foto menjadi kurang bagus. Usahakan untuk mendapatkan cahaya alami apabila berfoto di siang hari, atau cahaya lampu ruangan dan jalanan apabila berfoto di malam hari.

Coba-coba mode manual

mode manual

Mode otomatis adalah pilihan kebanyakan orang. Namun, karena mode otomatis merupakan pengaturan bawaan yang dibuat untuk memperindah foto secara umum, ada baiknya Anda mencoba mode manual. Mainkan pengaturan ISO, focus, kontras, dan berbagai konfigurasi lainnya hingga Anda menemukan yang pas dengan yang Anda igninkan. Ingat, setiap suasana akan membutuhkan pengaturan yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Gunakan HDR

hdr

HDR akan menggabungkan 3 exposure cahaya yang berbeda yakni gelap, normal, dan terang. Dengan menggunakan HDR, maka foto yang kau hasilkan akan terlihat lebih natural dan tajam.

Gunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

aplikasi pihak ketiga

Aplikasi kamera pihak ketiga biasanya menyediakan fitur edit yang lebih kaya daripada aplikasi kamera bawaan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakannya. Namun, tetap jaga keamanan ponsel dengan mengunduhnya dari sumber terpercaya.

Gunakan Earphone Sebagai Shutter

earphone

Pernahkan Anda merasa kesulitan mendapatkan foto yang fokus karena tangan bergetar? Solusi dari masalah ini adalah dengan meletakkan ponsel pada tripod atau tempat lain yang lebih stabil dan gunakan tombol call atau volume pada earphone sebagai shutter kamera Anda. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan akan lebih fokus dan tidak goyang.

Itulah tadi tujuh cara menggunakan kamera iPhone untuk menghasilkan jepretan foto yang bagus dan hasilnya seperti menggunakan kamera DSLR. Selamat mencoba!

Artiket terkait  Cara Menghindari Malware di Android
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.