Langkah-Langkah Menginstall Ulang Komputer (PC/Laptop)

4641
windows 7
Dok: Windows 7

Menginstal ulang komputer mungkin menjadi salah satu keahlian yang wajib Anda punyai apabila memiliki perangkat PC/laptop di rumah. Sebab, kita tidak bisa memprediksi kapan komputer akan mengalami kerusakan, terutama dari sisi software. Untuk itu, kali ini kita akan belajar bagaimana langkah-langkah menginstal ulang komputer dengan sistem operasi Windows 7.

Seperti diketahui, Windows 7 ini dirilis pada tahun 2009 lalu. Meski sudah ada Windows 8 dan Windows 10, tapi Windows 7 ini masih banyak digemari. Nah, sebelum menginstal ulang, jangan lupa siapkan dan lakukan beberapa langkah awal, yakni:

  • DVD/Flashdisk installer Windows 7 dan serial key (disarankan menggunakan yang asli).
  • Setting BIOS.
  • Backup data-data penting, terutama yang ada di drive C.
  • Jika Anda akan menginstal ulang laptop, maka sebaiknya hubungkan dengan charger agar laptop tidak kehabisan daya saat proses instalasi sedang berlangsung.

Langkah 1: Setting BIOS

Setting BIOS ini perlu dilakukan agar kita bisa melakukan instalasi lewat DVD maupun flashdisk, karena umumnya komputer kita secara default akan mengarahkan first boot pada HDD. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Masukkan DVD/Flashdisk installer Windows 7, kemudian nyalakan atau restart komputer. Tekan tombol untuk masuk BIOS beberapa kali sebelum tampilan loading Windows muncul. Biasanya tombol yang dimaksud bisa berupa DEL (Delete), F1, F2, atau F12, berbeda-beda pada setiap motherboard atau laptop.
  2. Setelah muncul tampilan BIOS, pilih menu Boot dengan tombol arah.
  3. Di situ Anda akan melihat urut-urutan booting, yang biasanya akan dimulai dari HDD. Nah, pindahkan kursor ke DVD/Removable Device (Flashdisk) sesuai yang Anda gunakan untuk menginstal ulang. Lalu pindahkan ke urutan paling atas menggunakan tombol +/-.
  4. Setelah selesai, simpan pengaturan tersebut dan keluar dari tampilan BIOS. Biasanya Anda bisa lakukan menekan tombol F10.
install windows 7
Dok: nesabamedia.com

Catatan: Perlu diketahui, bahwa tidak semua PC atau laptop punya tampilan BIOS yang sama, jadi Anda harus mencari menu BIOS dan urutan booting sendiri.

Langkah 2: Menginstal Windows 7

Setelah keluar dari menu BIOS, maka komputer akan me-restart lagi dan sekarang proses instalasi Windows 7 akan dimulai. Untuk caranya, perhatikan langkah demi langkah yang dijelaskan berikut ini:

  1. Saat muncul tulisan “Press any key to boot from Cd or DVD…” tekan tombol apa saja untuk masuk ke langkah isntalasi yang pertama.
  2. Pada Language to install biarkan saja tetap default, sedangkan pada kolom Time and currency format pilih Indonesian (Indonesia). Lalu klik Next.

    Dok: nesabamedia.com
    Dok: nesabamedia.com
  3. Klik Install now untuk memulai proses instalasi.
  4. Ceklis “I accepted the license terms”, lalu klik Next.
  5. Pilih Custom (advanced).

    Dok: nesabamedia.com
    Dok: nesabamedia.com
  6. Perlu Anda ketahui, bahwa di langkah ini Anda akan menghapus seluruh file di partisi atau drive C. Pilih partisi tersebut sebagai tempat instalasi. Hati-hati jangan sampai memilih partisi lain, tempat Anda menyimpan data-data penting, karena setelah langkah ini partisi akan terformat ulang.

    Dok: nesabamedia.com
    Dok: nesabamedia.com
  7. Klik Next, lalu tunggu proses instalasi Windows 7 berlangsung. Biasanya proses ini memakan waktu sekitar 20 menit, jika HDD dan DVD Anda normal, tapi bisa juga lebih lama. Akan lebih cepat jika instalasi dilakukan menggunakan flashdisk. Selama proses ini juga, komputer akan beberapa kali me-restart sendiri, jadi jangan panik.

    install windows 7
    Dok: nesabamedia.com
  8. Saat komputer meresetart dan kembali memunculkan tulisan “Press any key to boot from CD or DVD…” Anda tidak perlu menekan tombol apapun agar proses instalasi tidak diulang lagi dari awal.
  9. Tunggu loading sampai masuk ke tampilan Setup Windows. Di sini langkah instalasi Windows 7 sudah hampir selesai, Anda hanya tinggal mengisikan nama pengguna (username) dan nama komputer. Lalu klik Next.
  10. Jika perlu, silakan buat password untuk masuk ke akun Windows Anda. Jika Anda mudah lupa, sebaiknya tidak perlu dikunci password atau gunakan password hint. Ini berupa petunjuk yang Anda buat sendiri untuk membantu dalam mengingat password. Jika tidak diperlukan, biarkan kosong dan langsung klik Next.
  11. Berikutnya masukkan product key yang Anda punya. Ada banyak product key bajakan yang tersebar di internet, namun sebaiknya Anda membeli product key asli dan bisa digunakan untuk berkali-kali instal ulang. Jika langkah ini dilewati, maka Anda akan menggunakan Windows 7 versi trial selama 30 hari. Lalu klik Next.
  12. Pada pilihan Windows Update, klik Ask me later atau langsung klik Use recommended settings jika Anda menggunakan Windows 7 asli.

    install windows 7
    Dok: nesabamedia.com
  13. Atur zona waktu sesuai tempat tinggal Anda. Untuk Waktu Indonesia Barat, pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.
  14. Selanjutnya pilih Publick Network.
  15. Langkah terakhir, Windows akan mulai dimuat dan masuk ke desktop. Tetapi jika di langkah ke-10 tadi Anda membuat password, maka Anda harus login dulu dengan memasukkan password. Proses instalasi Windows 7 di PC atau laptop Anda sudah selesai.

    Dok: nesabamedia.com
    Dok: nesabamedia.com

Apabila Anda menginstal ulang komputer dengan product key Windows 7 bajakan, maka sebaiknya matikan saja update windows otomatis. Sebab jika windows melakukan update dan mendeteksi bahwa sistem di PC atau laptop Anda bajakan, maka tampilan wallpaper akan berubah menjadi hitam dan pemberitahuan di bagian sudut kanan bawah layar.

Selain itu apabila Anda ingin melakukan instalasi mengguankan flashdisk, maka Anda harus terlebih dahulu menjadikan flashdisk menjadi bootable dengan software tertentu. Demikian penjelasan langkah-langkah menginstal ulang komputer dengan Windows 7. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.