Cara Mudah Dapatkan dan Install Game PES 2018

by
pes 2018
Dok: Amazon

Game simulasi sepakbola Pro Evolution Soccer (PES) disebut-sebut telah memasuki era yang baru. Setelah selama bertahun-tahun gamer sering merasakan nuansa ‘Pak Tani’ alias game bajakan, kini tampaknya semua itu agak sulit dilakukan.

Dulu game oleh KONAMI ini begitu mudahnya didapatkan secara gratis. Hingga akhirnya di tahun 2016 lalu, game PES bajakan tampaknya mulai banyak ditinggalkan. Saat ini gamer tidak lagi sibuk mencari crack reloaded atau sejenisnya, karena KONAMI kini menawarkan harga yang lebih terjangkau untuk memiliki game terbaru mereka dengan lisensi original. Tentunya termasuk game PES 2018, yang dirilis pada akhir tahun 2017 lalu.

Cara Cepat Download dan Menginstal PES 2018

Jika selama ini Anda sering mengeluhkan kualitas game PES yang masih kalah dibandingkan FIFA, mungkin Anda harus mulai memberikan support kepada KONAMI, selaku pengembang, dengan membeli game original. Hal itu pun tampaknya mulai dijawab oleh KONAMI dengan menjadi PC sebagai platform utama pada PES 2018. Dengan begitu, kini PES 2018 versi PC sudah memiliki grafis dan engine yang diimpi-impikan oleh para gamer selama ini.

Selengkapnya :  Baru Mulai Main Football Manager? Lakukan Ini Supaya Lebih Sukses

Jadi, bagaimana cara mendapatkan game PES 2018 yang asli alias original? Langkahnya sederhana, Anda cukup melakukan pembelian PES 2018 asli di Steam, lalu Anda akan mendapat email berupa digital key. Kata orang, mulai sejak PES 2017 lalu, tidak ada crack yang 100% working.

Tutorial Menginstal dan Menggunakan Digital Key PES 2018

Pastikan Anda sudah mempunyai installer PES 2018 full unlock, yang bisa didapatkan di internet atau membeli DVD-nya di marketplace. Lalu sebelum melakukan aktivasi digital key, copy semua file Pro Evolution Soccer 2018 ke folder instalasi Steam, biasanya ada di direktori “…\Steam\steamapps\common”. Jika sudah, baru lakukan aktivasi digital key yang didapatkan dari Steam. Prosesnya tidak akan lama, setelah itu PES 2018 asli siap dimainkan.

Selengkapnya :  Atur Strategi Terbaikmu di PES 2017 dengan Cara Ini

Apakah cara tersebut work dan aman? Ya, karena cara ini juga bisa dilakukan pada PES versi sebelumnya bahkan pada game FIFA. Bisa dibilang cara ini adalah trik agar Anda tidak perlu download ulang file PES 2018, seperti recovery download agar lebih menghemat waktu dan kuota Anda.

Cara membuktikan apakah trik ini work adalah dengan memeriksa direktori “…\Steam\steamapps\common\Pro Evolution Soccer 2018” saat proses download berlangsung. Pasti di sana tidak akan ada file lain, karena sudah secara otomatis pindah ke folder “downloading” (…\Steam\steamapps\downloading). Tapi setelah instalasi selesai, maka semua akan kembali ke tempat semula.

Selengkapnya :  Ini Dia Kendaraan Langka di GTA V yang Seru untuk Ditumpangi

Menginstal Patch

Seperti Anda ketahui, bahwa masalah utama dari setiap game PES adalah lisensi klub dan pemain. Jadi agar lebih terasa nyata, Anda harus download dan menginstal patch. Ukuran minimal file patch biasanya sekitar 5GB. Tapi di sini Anda sudah menghemat waktu karena tidak perlu download ulang file PES 2018. Selamat mencoba!

About Author: Bagas Dharma

Gravatar Image
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.