Strategi Bertahan Terbaik Barcelona di PES 2018

by
barcelona pes 2018
Dok: Wallpaper Cave

Klub raksasa La Liga, Barcelona memang dikenal punya pemain-pemain serang yang tajam. Bahkan dalam beberapa musim terakhir ada julukan Trio MSN untuk menyebut tiga penyerang andalan La Blaugrana, yakni Messi, Suarez dan Neymar. Walau demikian, sempat banyak yang mempermasalahkan pertahanan Barca, karena dinilai kurang bisa mengimbangi ketajaman pemain depannya.

Namun keberadaan pemain senior macam Gerard Pique dan beberapa armada berdarah muda seperti Samuel Umtiti dan Nelson Semedo, membuat Barca di bawah asuhan Ernesto Valverde punya pertahanan yang lebih solid. Akan tetapi, akan berbeda cerita jika Anda menggunakan Barcelona di game PES 2018. Sebab Anda sendiri yang bisa memastikan apakah pertahanan tim Anda bisa solid atau tidak.

Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana strategi bertahan terbaik Barcelona di PES 2018. Bahkan strategi ini konon bisa mematikan serangan-serangan Real Madrid. Lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Pemain Terbaik di Lini Belakang

Seperti diketahui, PES 2018 mengikuti komposisi pemain Barcelona di musim 2017/18. Nah, untuk menciptakan tembok kokoh di depan kiper, Anda bisa memilih pemain-pemain dengan nilai tinggi. Anda direkomendasikan menggunakan formasi dasar empat bek, dengan Gerard Pique dan Samuel Umtiti sebagai duo bek tengah. Didampingi oleh Nelson Semedo di sebelah kanan dan Jordi Alba di sebelah kiri.

Lalu tambah ketebalan lini belakang tim Anda dengan memainkan Sergio Busquets sebagai gelandang bertahan (DMF), tepat di depan empat bek tersebut. Tempatkan posisi Busquets di beloakang garis tengah, lalu ubah role atau perannya menjadi DMF. Sedangkan untuk posisi penjaga gawang, pilih Marc-Andre ter Stegen (84) karena memiliki nilai yang lebih tinggi dari Jasper Cillessen (80).

Untuk komposisi pemain di lini depan bisa Anda variasikan sendiri, karena Barcelona memiliki banyak opsi.

Defensive Instructions

Defensive Styles: All-out Defense

Containment Area: Wide

Pressure: Aggressive

Defensive Line: 6

Compactness: 9

Advanced Instructions

Defense 1: Tight Marking (CF lawan)

Defense 2: Tight Marking (SS/WF/AMF lawan)

Strategi Tambahan

Setelah mengatur instruksi bertahan seperti yang dijelaskan tadi, Anda bisa memberikan strategi tambahan, yakni dengan mematikan lini tengah lawan. Gunakan Mark Settings, lalu instruksikan beberapa pemain bertahan dan gelandang bertahan untuk menjaga pemain-pemain kunci di kubu lawan, mulai dari pemain sayap hingga pemain tengah (CMF).

Nah, saat masuk dalam permainan, jangan terlalu sering merebut bola secara langsung dari lawan dengan sekali ambil. Lakukan penjagaan zona di depan lawan terlebih dahulu, lalu rebut bola di waktu yang cepat. Sebab jika satu pemain belakang lewat, maka akan tersisa celah yang kosong di belakang. Lalu dengan strategi bertahan Barcelona di PES 2018 yang telah Anda atur lagi, Anda juga bisa sering melakukan intersep atau memotong umpan lawan. Dengan begitu, Anda juga bisa menggunakan strategi serangan balik cepat. Selamat mencoba.

Selengkapnya :  “Orbiz” Game Zombie Besutan Developer Indonesia

About Author: Bagas Dharma

Gravatar Image
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.