Home » Smartphone » Tips Smartphone » Mau Jual Smartphone Android? Jangan Abaikan Hal Ini

Mau Jual Smartphone Android? Jangan Abaikan Hal Ini

tips jual smartphone android

Mau Jual Smartphone Android? Jangan Abaikan Hal Ini

Berubahnya tren smartphone yang sangat cepat membuat kita merasa ingin selalu mengganti smartphone kita. Sebenarnya, hal tersebut adalah sesuatu yang kurang baik untuk dilakukan karena akan menimbulkan kebiasaan boros. Namun, menjual smartphone dan menggantinya dengan yang baru tidaklah masalah bila dilakukan sesekali, terutama bila ponsel Anda benar-benar sudah ketinggalan jaman atau karena sedang membutuhkan uang.

Jual Smartphone Android Anda dengan Aman

Jual Smartphone Android

Apapun alasan Anda menjual smartphone, yang terpenting adalah menjaga agar data-data pribadi Anda tidak jatuh ke tangan orang lain. Bukan sekedar foto, melainkan data lain yang bersifat lebih pribadi seperti pin online banking atau password lainnya. Untuk itu, agar Anda tidak dirugikan karena data Anda yang bocor ke tangan orang lain, alangkah baiknya bila Anda melakukan beberapa pencegahan seperti Factory Reset dan Hard Reset

Selengkapnya :  Beli Paket Internet Semudah Goyangkan Jari dengan Aplikasi DOKU

Factory Reset Smartphone

factory reset

Factory Reset adalah salah satu solusi untuk menghapus data-data yang ada di smartphone Anda. Prinsip dari factory reset sendiri sebenarnya adalah dengan mengembalikan smartphone Anda ke pengaturan pabrikan. Dengan melakukan ini, maka smartphone Anda akan kembali seperti ketika pertama kali Anda membelinya, yaitu kosong tanpa data.

Untuk melakukan factory reset, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Setting pada smartphone Anda.
  2. Kemudian, pilih Storage.
  3. Lalu, pilih Factory Data Reset.
  4. Pilih Reset Phone.
  5. Bila Anda pernah mengatur password smartphone, maka Anda akan diminta memasukkan password tersebut.
  6. Tunggu beberapa saat selagi smartphone melakukan restart.

Dengan melakukan ini, maka ponsel pintar Anda akan bersih dari data-data yang pernah Anda buat atau Anda masukkan. Setelah itu, barulah Anda dapat menjual ponsel Anda dengan aman.

Selengkapnya :  Tips Mengatasi Masalah Umum pada Android Nougat

Hard Reset Smartphone

hard reset

Selain dengan melakukan factory reset, Anda juga bisa melakukan hard reset untuk lebih meyakinkan hilangnya semua data pribadi Anda di ponsel. Selain itu, hard reset juga berguna apabila Anda ingin menghilangkan data di ponsel yang rusak dan tidak bisa boot. Hal ini dikarenakan apabila Anda tidak bisa melakukan booting, maka Anda tidak akan dapat memasuki menu Setting dan juga melakukan reset melalui Setting tersebut.

Untuk melakukan Hard Reset, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Meskipun ponsel Anda mati, pastikan charger terpasang. Hal ini diperlukan untuk menyediakan daya bagi ponsel untuk bekerja menghapus semua data.
  2. Kemudian, tekan tombol Volume Down dan tombol Power sehingga terasa getaran dua kali.
  3. Setelah itu, Anda akan melihat tampilan Recovery Android. Untuk bergerak dalam tampilan tersebut, Anda bisa menggunakan tombol Volume untuk bergerak naik dan turun dan tombol Power sebagai enter.
  4. Pilihlah Wipe Data/Factory Reset, kemudian pilih Yes.
  5. Tunggu selagi ponsel melakukan restart.
Selengkapnya :  Lakukan Hal Ini Jika Smartphone Anda Sulit Di-charge

Itulah langkah untuk melakukan proses Hard Reset di ponsel Android Anda agar aman ketika dijual. Ingat, meskipun ponsel Anda mati, pihak toko akan memperbaiki ponsel Anda untuk dijual kembali atau mereka akan mengambil media penyimpanannya untuk digunakan di smartphone sejenis yang lain. Oleh karena itu, data yang tidak terhapus akan tetap terlihat bagaimanapun juga pada akhirnya.

Begitulah tahap melakukan dua proses penghapusan data total di ponsel Anda sebelum dijual. Sebelum Anda melakukan itu, ada baiknya bila Anda melakukan pemilihan terhadap beberapa data yang Anda anggap penting dan juga masih terpakai dengan melakukan pencadangan data (backup) supaya dapat di-restore atau dikembalikan pada smartphone baru Anda nantinya. Selamat mencoba.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.