Home » Smartphone » Tips Smartphone » Tips Mengatasi Masalah Umum pada Android Nougat

Tips Mengatasi Masalah Umum pada Android Nougat

android nougat

Tips Mengatasi Masalah Umum pada Android Nougat

Android Nougat adalah seri terbaru dari sistem operasi berbasis open source yang dikembangkan oleh Google. Android Nougat sendiri merupakan generasi ke-7 dan telah mengalami beberapa perbaikan dan pengembangan fitur sehingga membuatnya lebih unggul dibanding versi sebelumnya. Para pengguna smartphone pun menyambut dengan antusias saat Android ini dirilis.

Namun, kebanyakan pengguna merasakan ada beberapa masalah yang sering muncul saat menggunakan Android Nougat. Masalah-masalah tersebut bisa sangat mengganggu proses penggunaan ponsel pintar itu sendiri. Berikut adalah masalah-masalah tersebut dan cara mengatasinya.

Boros Baterai

Penggunaan Android versi Nougat akan menguras baterai lebih banyak daripada sebelumnya. Biasanya, pengguna smartphone lama yang kemudian meng-update OS ponsel menjadi Android versi Nougat akan merasa bingung. Pasalnya, sebelum ponsel tersebut menggunakan Nougat, penggunaan baterainya tidaklah terlalu boros. Jika ini terjadi pada Anda, maka jangan khawatir. Borosnya konsumsi baterai hanya akan terjadi di hari pertama dan kedua pasca instalasi OS Nougat. Pemborosan ini akan berhenti pada hari ketiga.

Artiket terkait  Bukan Sulap, Ini Cara Kendalikan Smartphone Tanpa Sentuhan Tangan

Pengisian Daya

Selain boros baterai, pengisian daya pada Android Nougat juga memakan waktu yang lebih lama. Hal ini menimbulkan pertanyaan apa yang sebenarnya bermasalah. Banyak yang mengalami penambahan waktu charging setelah menginstal Android Nougat dan langsung mengambil kesimpula bahwa baterai sudah rusak.

Namun, perlu diketahui bahwa proses charging tidak hanya soal hardware. Terkadang, proses charging juga melibatkan perangkat lunak sistem operasi. Oleh karena itu, bila ponsel Anda mengalami penambahan waktu charging, maka Anda harus melakukan semacam penyesuaian ulang aktivitas charging dengan cara sebagai berikut.

  • Isi baterai hingga 100%.
  • Gunakan seperti biasa.
  • Sebelum menyentuh angka 0%, segera isi ulang daya hingga 100%.
  • Lakukan proses di atas hingga 3 kali.
Artiket terkait  Daftar Aplikasi Android Jogging Populer Paling Diburu

Dengan melakukan ini, maka smartphone akan terbiasa dengan aktivitas charging yang baru dan akan membutuhkan waktu lebih cepat untuk charging berikutnya.

Masalah Koneksi WiFi

Proses update ke Android Nougat biasanya akan menimbulkan masalah pada proses koneksi WiFi. Masalah ini timbul karena sistem WiFi kesulitan mengambil data sejarah WiFi sebelum diupdate. Oleh karena itu, masalah ini bisa diatasi dengan memutus koneksi dan menghapus data WiFi. Setelah itu, koneksikan kembali WiFi Anda dan masukkan password yang dibutuhkan. Dengan melakukan reset data WiFi, maka Android dapat terhubung ke WiFi dengan lancar.

Performa Lambat

Selain masalah fungsional, update Android Nougat juga akan membuat ponsel Anda menjadi lambat dalam beroperasi. Hal ini dikarenakan penuhnya memori dengan data-data dari Android versi lama sebelum Anda mengupdatenya. Masalah ini dapat diatasi tentunya dengan memberi ruang lebih banyak pada memori.

Artiket terkait  Lakukan Cara Ini Jika Android Tiba-tiba Mati Total

Pertama, lakukan penghapusan data cache melalui pengaturan. Jika masih lambat, maka lakukanlah tahap kedua yakni dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang ada. Hal ini cukup membantu karena kemungkinan besar aplikasi-aplikasi tersebut tidak lagi support dengan Android Nougat dan justru malah memperlambat performanya.

Itulah masalah-masalah umum yang dihadapi oleh pengguna Android Nougat, terutama pengguna yang melakukan update dari Android versi sebelumnya. Jika Anda melakukan tips-tips di atas dengan benar, maka Android Nougat Anda akan menjadi lebih baik daripada saat pertama kali update. Namun, jika masalah berlanjut, Anda sebaiknya mulai berpikir untuk melakukan downgrade dan kembali ke versi Android sebelumnya. Karena kemungkinan ponsel Anda tidak cocok dengan Android Nougat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.