Home » Laptop » Tips Laptop » Cara Mengoptimalkan Kartu Grafis Nvidia Geforce di Laptop

Cara Mengoptimalkan Kartu Grafis Nvidia Geforce di Laptop

nvidia geforce

Cara Mengoptimalkan Kartu Grafis Nvidia Geforce di Laptop

Saat ini, laptop telah dimodifikasi menjadi sebuah perangkat yang tidak hanya melakukan berbagai pekerjaan dasar.Laptop telah dibuat menjadi sebuah perangkat yang mencakup dunia hiburan. Hal ini tentunya membuat permintaan pengguna terhadap laptop dengan kualitas grafis yang bagus kiat meningkat. Untuk itu, kebanyakan laptop saat ini menggabungkan dua buah kartu grafis yang akan mendukung tampilan yang memuaskan penggunanya.

Jika laptop yang kamu gunakan adalah laptop berbasis Intel, maka sudah tentu Intel akan menggunakan kartu grafis internal yang sudah terkenal selama ini, yaitu Intel HD Graphic. Namun, ternyata penggunaan Intel HD Graphis belumlah cukup, sehingga laptop berbasis Intel biasanya menggunakan sebuah kartu grafis tambahan atau add-on. Jenis yang paling sering digunakan sebagai add-on adalah Nvidia Geforce.

Penggunaan kartu grafis ganda membutuhkan sebuah pengaturan khusus agar keduanya bisa dioptimalkan. Laptop secara default dasarnya akan menggunakan Intel HD Graphis sebagai kartu grafis utama, kecuali bila digunakan untuk sebuah game yang berat. Hal ini akan menjadi penyebab munculnya lag apabila aplikasi atau game yang dibuka berada di bawah status berat, namun juga di atas status ringan. Untuk itu, kita sebagai pengguna harus tahu bagaimana cara melakukan pengaturan penggunaan kartu grafis tersebut. Berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti.

Artiket terkait  Tips Meningkatkan Performa Laptop untuk Bermain Game

nvidia control panel

Cara yang dapat ditempuh adalah dengan membuka pengaturan Nvidia Geforce dengan cara melakukan klik kanan pada daerah kosong di desktop. Setelah itu, pilihlah menu Nvidia Control Panel. Setelah itu, kamu akan dihadapkan dengan sebuah menu, lalu pilih Manage 3D Setting. Di sinilah letak pengaturan terkait kartu grafis apa yang dipilih untuk digunakan.

Pada kondisi default, maka pengaturan yang terpilih adalah Auto Select. Untuk dapat menggunakan Nvidia Geforce secara default, maka pilihlah pengaturan High-Performance Nvidia Processor. Dengan begitu, laptop akan menggunakan Nvidia Geforce untuk segala keperluan sehingga lag akan berkurang.

Artiket terkait  Begini Kriteria Laptop Gaming Terbaik untuk Anda

Selain memilih kartu grafis, Nvidia Geforce juga perlu diatur agar memberikan hasil yang optimal. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan membuka Nvidia Control Panel kembali dan memilih menu Adjust Image Setting with Preview. Pilihan ini akna membuat kita mampu menentukan bagaimana cara kerja laptop melalui tingkat performa Nvidia. Jika kursor digeser ke kiri, maka laptop akan menjadi lebih lancar.

Adjust-Image

Namun, hal ini harus dikompensasi dengan buruknya tampilan. Jika sebailknya kursor berada di kanan, maka ini akan membuat laptop bekerja maksimal soal penampilan. Namun, konsekuesinya adalah performa laptop yang cenderung lebih lambat. Jika kamu merasa keduanya perlu, maka tempatkan kursor di tengah agar baik performa maupun tampilan menjadi seimbang.

Artiket terkait  Cari Tahu Alasan Laptop Lemot dengan Cara Berikut

Selain mengatur korelasi tampilan dan performa serta mengatur tampilan 3D, Nvidia Control Panel juga menyediakan beberapa pilihan lain sebagai berikut.

  1. Ambient Occluision untuk mengatur detail objek pada gambar.
  2. Anistropic Filtering untuk mengatur tekstur dari 2D hingga 3D.
  3. Antialiasing mode untuk memberikan kesan smooth pada gambar.
  4. Power Management Mode untuk memilih antara pengingkatan kualitas tampilan atau kualitas ketahanan baterai.
  5. Threaded Optimization untuk memaksimalakn kerja multithread dalam game 3D.
  6. Vertical Sync untuk menyamakan frame rate game dengan refresh rate monitor sehingga grafik yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Itulah langkah-langkah yang dapat kamu tempuh untuk mengoptimalkan penggunaan Nvidia Geforce sebagai pendukung hobi gaming di laptopmu. Namun, ingat bahwa mengoptimalkan penampilan akan menguras baterai. Oleh karena itu, gunakanlah pada saat-saat tertentu saja agar baterai tidak mudah rusak akibat penggunaan terlalu berat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.