Formasi Terbaik untuk Barcelona di PES 2018 Agar Selalu Menang

by
barcelona pes 2018
Dok: PES 2018

Selama ini mungkin Anda punya formasi andalan tertentu jika bermain game PES 2018, apapun tim yang digunakan. Namun, sebenarnya ada hal-hal kecil yang perlu diperhatikan saat mengatur formasi pada tim-tim yang berbeda. Misalnya saat Anda menggunakan Barcelona, tim yang identik dengan umpan-umpan pendek atau disebut Tiki Taka. Agak sulit jika Anda memaksakan Barcelona dengan strategi umpan panjang ataupun permainan lambat.

Sayangnya, tidak semua pemain PES 2018 menguasai cara bermain Tiki Taka. Sebab dibutuhkan kesabaran dan kemampuan mencari titik lemah di pertahanan lawan. Nah, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana mengatur formasi dan strategi untuk memaksimalkan keunggulan Barcelona atau tim lain yang punya kapasitas untuk bermain Tiki Taka seperti halnya Barcelona. Simak penjelasannya berikut ini.

Selengkapnya :  5 Misteri di Game GTA V yang Mungkin Belum Anda Tahu

Menggunakan Formasi 4-1-2-3

Di masa kepelatihan Luis Enrique, Barcelona selalu mengandalkan formasi dasar 4-3-3, yang lalu bisa dikembangkan menjadi 4-1-2-3. Akan tetapi karena hengkangnya Neymar ke PSG dan dalam kondisi tertentu, pelatih anyar Barca Ernesto Valverde juga beberapa kali menurunkan formasi dasar 4-4-2, dengan mengandalkan Lionel Messi dan Luis Suarez di lini depan.

Akan tetapi guna memaksimalkan potensi lini tengah dan serang Barcelona, sebaiknya Anda gunakan formasi 4-1-2-3. Berikut penempatan pemain yang perlu Anda perhatikan:

Kiper: Marc-Andre ter Stegen.

Bek: Gerard Pique, Samuel Umtiti (CB), Jordi Alba (LB), Nelson Semedo (RB).

Gelandang: Sergio Busquets (DMF), Andres Iniesta (CMF), Philippe Coutinho/Ivan Rakitic/Paulinho (AMF).

Selengkapnya :  Strategi Bermain DOTA 2 Supaya Peluang Menang Lebih Besar

Penyerang: Lionel Messi (RWF), Ousmane Dembele (LWF), Luis Suarez (CF).

Strategi Menyerang Tiki Taka

Tidak perlu sejak awal memainkan penguasaan bola. Sebab akan lebih efektif jika Anda memanfaatkan serangan balik, lalu membangun serangan lewat umpan-umpan pendek yang cepat. Kondisi ini bisa membuat lawan panik dan membuka cela di pertahanan lawan. Tidak perlu semua gelandang dan penyerang ikut membangun serangan, biasanya hanya dengan dua atau tiga pemain depan saja, Barca sudah bisa membahayakan pertahanan lawan.

Attacking Style: Counter Attack

Build Up: Short Pass

Positioning: Flexible

Support Range: 3

Number In Attack: Medium

Strategi Bertahan

Selain punya lini serang yang hebat, Barcelona juga dikenal punya pertahanan tangguh. Di bawah mistar, ter Stegen sudah jelas punya rating yang cukup bagus. Ditambah dengan duet bek tengah Pique dan Umtiti, pastinya membuat lini belakang makin sulit ditembus. Nah, supaya lebih mantap, cobalah pengaturan bertahan berikut ini.

Selengkapnya :  Cheat Game PES 2018 Agar Bisa Selalu Menang

Defense Style: Frontline Pressure

Containment Area: Middle

Pressuring: Aggressive

Defense Line: 9

Compactness: 8

Number In Defense: Many

Auto Offside Trap: On

Itu tadi adalah bentuk formasi dan pengaturan strategi terbaik untuk Barcelona di game PES 2018. Akan tetapi strategi serupa juga bisa diterapkan dengan tim-tim yang karakternya mirip dengan Barca, misalnya seperti Manchester City misalnya. Selamat mencoba dan selamat bermain!