Kenapa Banyak yang Lebih Memilih Laptop Windows Ketimbang MacBook?

0
200
windows vs apple
Kenapa Banyak yang Lebih Memilih Laptop Windows Ketimbang MacBook?

Ketika mencari perangkat elektronik, orang memang akan cenderung memilih yang terbaik. Tak hanya dari segi spesifikasi serta kualitas saja, namun juga yang terbaik dari segi merek atau produsen yang memproduksi perangkat elektronik tersebut.

Meskipun pada akhirnya perangkat elektronik dengan kualitas terbaik pasti akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal pula, ketimbang perangkat elektronik berkualitas biasa-biasa saja. Dari sekian banyak jenis perangkat elektronik laptop atau notebook, perangkat keluaran Apple, MacBook, memang kerap kali dianggap yang terbaik.

Anggapan ini pun digenapkan dengan banyaknya fitur serta keunggulan yang disisipkan Apple untuk produk laptopnya tersebut. Walau tentu saja, harga laptop MacBook ini di atas harga laptop standar lain. Namun meski laptop MacBook diklaim sebagai yang terbaik, rupanya masih banyak orang yang belum tertarik untuk memilikinya.

Bagi mereka, harga MacBook yang mahal mungkin tak menjadi masalah. Lalu, mengapa banyak orang yang lebih memilih laptop Windows dari MacBook, ya? Di bawah ini beberapa alasan yang mengapa laptop Windows lebih dipilih ketimbang MacBook.

  1. Terbiasa dengan laptop Windows

Ini merupakan alasan pertama mengapa lebih banyak orang yang tertarik menggunakan laptop Windows, meskipun mampu membeli jenis MacBook. Laptop produksi Apple ini mulai diproduksi dan banyak digunakan di tahun 2006, sedangkan laptop Windows sudah digunakan jauh sebelum itu.

Selain umurnya yang sudah lebih lama, sistem operasi Windows untuk laptop pun lebih banyak digunakan yang akhirnya menjadikan pengguna lebih familiar dalam penggunaannya. Berbeda dengan sistem operasi Mac OS untuk MacBook yang masih banyak orang belum familiar dengan penggunaannya.

  1. Perbedaan pada desain keyboard

Desain laptop Macbook dan Windows memang berbeda. Tapi rasanya yang paling menjadi perbedaan antara kedua laptop ini adalah keyboard. Pada laptop MacBook keyboard yang digunakan mungkin menyenangkan, karena ukuran tombolnya yang besar. Begitu pula dengan ukuran trackpad yang lebih besar.

Namun untuk beberapa pengguna, perbedaan desain dan penggunaan tombol pada keyboard MacBook jadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih laptop Windows. Keyboard Macbook tak terdapat tombol number pad dan tak terdapat tombol Home, End, PgDn, PgUp, tombol Menu, PrtScn, tombol Windows, Alt, dan Del. Fungsi tombol tersebut diganti dengan tombol CMD.

  1. Bermain game

Harus diakui, meskipun harganya mahal, laptop MacBook kurang tepat digunakan untuk bermain game. Selain banyak jenis game yang tidak kompetibel dengan Mac OS, namun juga karena ada banyak jenis laptop berbasis sistem operasi Windows yang cocok untuk bermain game alias laptop gamingi.

  1. Spesifikasi lebih tinggi dengan harga sama

Berbicara mengenai spesifikasi, memang banyak jenis laptop Windows dengan harga yang nyaris sama dengan MacBook, namun dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi. Misalnya saja laptop dengan spesifikasi Quad-Core i7 6th generation, 2.6 GHz (3.5 GHz in turbo mode), RAM 32 GB dengan 2 slot untuk di-upgrade ke 64 GB, memori 512GB SSD plus 1TB HDD, yang harganya nyaris sama dengan satu laptop MacBook dengan spesifikasi standar. Belum lagi dengan sistem operasi terbaru Windows 10 yang disertakan.

  1. Lebih banyak pilihan

Ini adalah alasan terakhir mengapa lebih banyak orang yang memilih laptop Windows ketimbang MacBook. Laptop Windows memang memiliki lebih banyak pilihan ketimbang MacBook. Pasalnya laptop Macbook hanya ada beberapa jenis saja dan diproduksi oleh Apple saja. Sedangkan untuk Windows terdapat banyak sekali pilihan model, jenis dan produsennya.

Nah, kalau ada apakah ada di #TeamWindows atau #TeamMacBook? Intinya, semua itu hanya masalah selera dan kebutuhan. Pastinya Anda bebas menentukan pilihan.

Artiket terkait  Tips Perawatan Laptop yang Baik dan Benar
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.