Home » Smartphone » Tips Smartphone » Bukan Sulap, Ini Cara Kendalikan Smartphone Tanpa Sentuhan Tangan

Bukan Sulap, Ini Cara Kendalikan Smartphone Tanpa Sentuhan Tangan

eva facial mouse

Bukan Sulap, Ini Cara Untuk Kendalikan Smartphone Tanpa Sentuhan Tangan

Jujur saja, Anda pasti pernah merasa pegal karena terlalu lama bermain dengan smartphone. Beberapa orang bahkan sampai bermimpi untuk bisa mengendalikan smartphone tanpa perlu disentuh tangan. Dengan demikian ketika harus menggunakan ponsel saat makan atau yang lainnya, segalanya jadi lebih praktis. Pengguna smartphone juga tidak perlu repot untuk melepaskan sarung tangan karena layar ponsel saat ini kebanyakan belum sensitif untuk disentuh dengan menggunakan sarung tangan.

Nah, bila berbagai masalah tersebut pernah Anda keluhkan, saat ini ada inovasi baru yang sangat menarik dicoba. Sebuah pengembang menciptakan sebuah fitur yang bisa membuat Anda mengendalikan ponsel pintar tanpa harus menyentuh layar.

Ya, hal yang futuristik itu sangat mungkin dilakukan. Anda mungkin sudah mengenal fitur voice recognition yang bisa mengenali suara serta melakukan perintah berdasarkan suara. Namun, fungsi voice command ini masih memiliki banyak sekali kelemahan, diantaranya tak semua aplikasi bisa bekerja dengan fitur tersebut. Namun, tenang saja karena ada cara lain untuk mengendalikan kerja smartphone, bahkan tanpa perlu menyentuh perangkat tersebut.

Artiket terkait  Beli Paket Internet Semudah Goyangkan Jari dengan Aplikasi DOKU

Mengoperasikan Smartphone Semudah Menggerakkan Kepala

Selain dengan menggunakan voice command, cara lain untuk mengoperasikan smartphone tanpa menyentuh layar adalah dengan aplikasi EVA Facial Mouse. Banyak yang mungkin belum mengenal dengan aplikasi satu ini. EVA Facial Mouse merupakan aplikasi yang dibuat oleh pengembang Vodafone, yang berbasis di Spanyol.

eva facial mouse

Adapun konsep aplikasi ini sebenarnya cukup sederhana, yakni membuat pengguna bisa mengoperasikan ponsel pintar hanya dengan isyarat gerakan kepala saja. Ya benar, hanya dengan menggerakkan kepala saja!

Awalnya Aplikasi EVA Facial Mouse dibuat dengan tujuan orang yang memiliki keterbatasan, supaya tetap bisa menggunakan smartphone, seperti halnya orang normal. Vodafone selaku yayasan yang membuat aplikasi ini pun benar-benar memikirkan fungsi serta kerja dari EVA Facial Mouse ini. Aplikasi ini bekerja dengan menggunakan kamera depan, yang membaca serta mempelajari gerakan kepala serta mimik muka. Dengan aplikasi ini, kamu hampir bisa menjelajahi menu, menulis pesan, dan aktivitas lainnya bahkan tanpa menyentuh layar.

Artiket terkait  Cara Download Video YouTube di Android

Nah, bila Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi EVA Facial Mouse ini, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Download dan instal EVA Facial Mouse

Pertama-tama pastikan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi EVA Facial Mouse ini lebih dulu. Saat ini aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis dari Google Play Store untuk perangkat Android. Sayangnya Vondafone belum menyediakan aplikasi ini untuk pengguna iOS. Unduh aplikasi tersebut Google Play dan biarkan terpasang secara otomatis.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi EVA Facial Mouse, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama cara pengggunaan aplikasi. Penjelasan selengkapnya ada di poin berikutnya.

  1. Cara menggunakan aplikasi EVA Facial Mouse

Aktifkan Accessibility (Settings > Accessibility > EVA Facial Mouse). Nantinya akan muncul kebijakan aplikasi dan klik OK. Tahapan selanjutnya hanya perlu mengikuti perintah yang diberikan dan klik OK atau Next sesuai dengan perintah yang diberikan. Setelah semua tahapan tersebut selesai beirkutnya adalah menetapkan aplikasi EVA Facial Mouse sebagai keyboard utama. Caranya buka Settings > Language & input > Current Keyboard > Choose Keyboard > Aktifkan EVA Keyboard. Kembali lagi, klik Current Keyboard dan pilih EVA Keyboard.

Artiket terkait  Ini Dia 7 Aplikasi Penghasil Pulsa di Ponsel Android

Setelah mengunduh dan mengatur pengaturan serta Accessibility untuk EVA Keyboard, penggunaan aplikasi ini sendiri sebenarnya cukup mudah. Cukup dengan meletakkan ponsel di depan wajah maka ponsel bisa akan langsung beroperasi sesuai gerakan dari wajah. Selamat mencoba!

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.