Home » Laptop » Tips Laptop » 5 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Laptop Baru

5 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Laptop Baru

laptop baru

5 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Laptop Baru

Memiliki laptop atau gadget baru memang rasanya tak sabar untuk buru-buru mengisi dengan berbagai jenis aplikasi. Tapi janganlah terburu-buru unutk menginstal aplikasi ini dan itu pada laptop yang masih baru. Alih-alih ingin memasang beragam aplikasi, malah bisa membuat laptop baru kesayangan Anda menjadi hang.

Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya memang jangan menginstal terlalu banyak aplikasi dulu, terutama yang tak diperlukan. Menginstal aplikasi-aplikasi penting serta esensial yang dibutuhkan memang jauh lebih baik ketimbang membebani laptop dengan aplikasi yang pada akhirnya tak akan pernah digunakan.

Tips Menginstal Aplikasi di Laptop Baru

Beberapa laptop dijual di pasaran dengan hanya dibekali sistem operasi saja. Itu artinya pengguna harus menginstal sendiri aplikasi-aplikasi apa saja yang mereka butuhkan. Nah, di bawah ini ada lima aplikasi penting yang wajib ada sejak pertama kali Anda memiliki laptop. Untuk aplikasi selain lima yang akan dibahas berikut ini, sebaiknya Anda instal nanti saja bila benar-benar dibutuhkan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Driver pack

Ketika pertama kali membeli laptop baru, jangan langsung mulai menginstal terlalu banyak aplikasi, terutama yang berat. Pertama-tama Anda perlu menginstal adalah driver pack terlebih dahulu. Aplikasi driver pack ini menyediakan beragam driver untuk beragam hardware laptop, dari beragam vendor.

Artiket terkait  Tips Cerdas untuk Pengguna Laptop Apple Macbook

Namun, secara umum aplikasi ini biasanya digunakan untuk mencari driver VGA, motherboard, sound, keyboard, dan mouse. Gunanya tentu saja untuk memastikan semua komponen hardware pada laptop bisa bekerja dengan baik selama digunakan. Driver pack juga memberikan pengaturan untuk masing-masing hardware tersebut.

  1. Office

Setelah driver pack terpasang dan menemukan berbagai driver yang diperlukan untuk laptop baru Anda, berikutnya silahkan Anda instal aplikasi Office. Aplikasi ini pasti diperlukan oleh semua pengguna laptop, baik itu pelajar sampai yang sudah bekerja. Sebab, fungsi utamanya adalah sebagai mengolah data serta membuat semua jenis dokumen digital. Aplikasi Office yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Office. Namun ada juga pilihan seperti Libre Office, yang fungsinya juga sama.

  1. Antivirus

Sudah sangat jelas apa fungsi serta pentingnya aplikasi satu ini. Antivirus memiliki guna yang sangat vital pada laptop baru. Aplikasi ini mampu mencegah virus, malware atau adware yang mencoba menyusup ke dalam laptop baru Anda, ketika menginstal aplikasi baru atau ketika mengunduh konten dari internet. Saat ini sudah ada banyak sekali jenis antivirus yang bisa diunduh dan diinstal.

Artiket terkait  Tips Menggunakan Android File Transfer di Mac

Bahkan bila menggunakan sistem operasi Microsoft, sudah terdapat antivirus bawaan yakni Microsoft Defender. Selain itu juga sudah banyak tersedia jenis antivirus lain, yang gratis maupun yang berbayar.

  1. WinRar

Ya, aplikasi satu ini pun wajib dimiliki ketika mempunyai laptop baru. Fungsi dari WinRar memang hanya satu membuka file archive terutama yang berekstensi Rar atau Zip. Meski sangat sepele, namun WinRar sebenarnya memiliki fungsi yang juga penting, apalagi banyak installer yang disimpan dalam bentuk archive.

  1. Browser

Terakhir adalah browser. Rasanya tak mungkin memiliki laptop tanpa browser. Bukan begitu? Microsoft sendiri sudah memberikan browser bawaan, yang sayangnya masih sangat kurang optimal dan lebih cenderung tak memberikan kepuasan ketika berselancar di dunia maya, yakni Internet Explorer. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menginstal aplikasi browser lain seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, yang selama ini lebih banyak digunakan.

Artiket terkait  Jagalah LCD Laptop dengan Benar Supaya Awet

Itulah tadi sedikit tips tentang Anda yang baru membeli laptop baru. Intinya, jangan langsung isntal aplikasi-aplikasi berat seperti game atau aplikasi editor. Semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.