Home » Smartphone » Tips Smartphone » Lakukan Cara Ini Jika Android Tiba-tiba Mati Total

Lakukan Cara Ini Jika Android Tiba-tiba Mati Total

Android adalah salah satu sistem operasi ponsel pintar yang paling banyak digunakan saat ini. Selain bersifat open source  atau terbuka dikembangkan oleh siapapun, sistem operasi ini juga menyediakan berbagai aplikasi pendukung yang tersedia di toko aplikasi. Tak heran jika banyak orang berbondong-bondong mengganti ponsel mereka dengan ponsel pintar berbasis Android.

Namun, saat ini banyak pengguna Android yang hanya berfokus pada aplikasi dan modifikasinya, tanpa memikirkan ‘kesehatan’ atau kondisi ponselnya sendiri. Banyak sekali keluhan dari para pengguna Android saat ini, mulai dari kinerja ponsel yang perlahan menjadi lamban, hingga yang ponselnya mati total. Nah, masalah terbesar adalah ketika ponsel mati total. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Jiki hal itu terjadi pada Anda, lakukanlah lima hal berikut ini.

  1. Kehabisan Daya Total

Mungkin sebagian dari kamu sadar bahwa ketika ponsel mati, sebenarnya dia masih memiliki sejumlah kecil daya pada baterainya. Hal inilah yang membuatnya masih bisa hidup jika dicoba untuk dinyalakan, meskipun dalam waktu beberapa detik akan mati lagi.

Selengkapnya :  Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone

Ini adalah sistem yang dirancang pada ponsel agar secara otomastis mati bila daya terukur pada baterai kurang dari jumlah tertentu. Fungsi dari daya cadangan ini adalah untuk menjaga agar baterai tidak benar-benar kosong karena sebagian jenis baterai akan rusak bila benar-benar kosong.

Namun bila ponselmu mati dan benar-benar tidak bisa dinyalakan lagi, kekosongan daya total mungkin sedang terjadi. Untuk mengatasinya, cobalah men-charge ponsel selama 15 sampai 20 menit tanpa dinyalakan.

Setelah itu, coba nyalakan. Jika ponselmu hidup kembali, maka benarlah dugaan sejak awal dan kamu bisa lega. Namun, jangan lupa men-charge ponselmu ketika ada peringatan habis daya. Semakin sering baterai kosong total, semakin cepat rusak ponselmu.

Selengkapnya :  Cara Menghindari Malware di Android
  1. Pasang Ulang Baterai

Ketika ponsel dinyalakan, biasanya akan muncul logo brand ponsel dan logo Android. Setelah itu akan muncul layar bagian depan atau homescreen. Namun, jika proses booting berulang pada logo brand atau logo Android, maka sebaiknya lepaskan baterai dan pasang kembali. Dengan cara ini, sistem akan ter-reset sehingga apapun masalahnya sejak awal, ponsel akan “melupakannya” dan booting dilakukan seperti biasa.

  1. Lepas Baterai dan Menekan Tombol Power

Jika kamu mengalami layar gelap, maka inilah solusinya. Layar gelap yang dimaksud di sini adalah ponsel yang menyala, hanya saja koneksi ke LCD yang terputus. Jika ini masalahmu, coba lepaskan baterai dan tekan tombol power selama satu atau dua menit.

Hal ini untuk me-reset ponsel kamu sehingga nantinya layar akan menyala kembali. Sebenarnya, hal semacam ini adalah indikasi ponsel akan rusak di kemudian hari dalam waktu dekat. Namun, tidak apa jika tetap digunakan sembari menabung untuk ponsel baru.

  1. Reset Factory

Reset Factory adalah solusi untuk segala kerusakan yang membuat Android mati total, dari mulai booting berulang hingga seringnya layar menjadi gelap. Selain itu, reset factory bisa menjadi solusi untuk ponsel Android yang menjadi lemot. Hal ini karena reset factory akan menghapus semua data sehingga ponsel kembali “segar”.

Selengkapnya :  Memori Android Penuh Bikin Lemot! Begini Cara Mengatasinya

Itulah 4 hal yang bisa kamu lakukan jika ponsel pintar Androidmu mengalami masalah booting, layar gelap, dan mati total. Satu hal yang perlu diperhatikan, ponsel jaman sekarang tidak didesain untuk tahan terhadap penggunaan yang kasar, terutama dari merek-merek yang tidak terkenal. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan ponsel Android sesuai petunjuk penggunaan.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.