Sulap Laptop Biasa Jadi Spek Gaming dengan Modal 500 Ribuan!

0
606

Laptop gaming adalah impian bagi orang-orang yang suka bermain game. Selain memori penyimpanannya yang memungkinkan kita menyimpan segudang permainan berkualitas dan berukuran besar, performanya juga tidak perlu diragukan lagi.

Hal ini dikarenakan laptop khusus gaming menggunakan RAM dan juga Graphic Card yang tidak main-main sehingga mendukung tampilannya untuk dapat memperlihatkan video game berkualitas tinggi tanpa macet sedikitpun. Namun, apakah kita benar-benar perlu membeli satu unit laptop gaming baru?

Perangkat Tambahan untuk Meningkatkan Spek Laptop

Adapun yang membedakan laptop gaming dengan laptop standard sebenarnya hanyalah pada soal graphic card. Komponen inilah yang menentukan secepat dan sebagus apa graphic dari game yang kita mainkan dapat ditampilkan.

Oleh karena itu, jika ingin mengubah laptop standar menjadi laptop gaming, kita hanya perlu menambahkan graphic card baru. Namun, tidak semua laptop standar bisa support dengan graphic card. Jadi, akan diperlukan suatu adaptor khusus yang bisa membaca graphic card dan mentransfernya ke dalam sistem internal laptop. Berikut inilah 3 jenis adapter yang bisa kamu gunakan.

  1. EXP GDC Beast V8

Ini adalah perangkat adaptor external Graphic Processing Unit (GPU) yang bisa kamu gunakan agar dapat memainkan permianan berat di laptop kamu yang standar. Harga satu unit EXP GDC Beast V8 ini tidaklah terlalu mahal. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 500.000 untuk satu unitnya. Setelah melakukan instalasi, maka laptop standarmu akan bisa digunakan hampir setara dengan laptop gaming. Tapi sebelum itu, pastikan laptopmu support dengan GPU ini karena ada beberapa jenis koneksi yang berbeda untuk laptop-laptop yang berbeda pula.

Artiket terkait  Tips Meningkatkan Performa Laptop untuk Bermain Game
  1. BPlus PE4C

BPlus PE4C adalah perangkat adaptor yang bisa dibilang lebih baik ari EXP GDC Beast V8. Namun, GPU keluaran BPlus ini memiliki berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Kamu bisa cari tahu sendiri fungsi dan jenis-jenis apa saja yang tersedia. Namun, bila kamu ingin segera tahu jenis apa yang cocok untuk gaming, maka jenis itu adalah BPlus PE4C v3.

Artiket terkait  Tips Cerdas untuk Pengguna Laptop Apple Macbook

Jenis ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 1.500.000. Agak mahal memang, tapi kualitas yang kamu dapatkan tidak akan mengecewakan. Kamu sudah bisa mengadaptasi kecepatan PCIe generasi ketiga. Meskipun tidak benar-benar sama, tapi setidaknya kamu akan bisa hampir menyamainya.

  1. Akitio Thunderbolt

Siapa yang tidak tahu Thunderbolt. Produk yang satu ini adalah rajanya GPU eksternal. Selain dikenal karena performanya yang luar biasa dalam mendukung laptop standar menjadi laptop gaming super, Thunderbolt juga dikenal karena bisa support dengan Apple MAC. Performa dari Thunderbolt memang tidak perlu dipertanyakan lagi.

Artiket terkait  Tips Perawatan Laptop yang Baik dan Benar

Untuk versi terbarunya, Thunderbolt bisa mendukung kecepatan koneksi sebesar 40 Gbps, memiliki kecepatan transfer data 4 kali kabel biasa, dan juga kecepatan transfer video 2 kali kabel biasa. Hal ini bisa diperoleh karena Thunderbolt menggunakan koneksi bandwidth sendiri. Untuk mendapatkan Akitio Thunderbolt ini, kamu perlu merogoh kocek yang sangat dalam, yakni sekitar Rp 5.000.000. Namun bila dibandingkan dengan membeli laptop gaming baru, harga itu tidaklah terlalu mahal.

Itulah 3 jenis Graphic Processing Unit (GPU) yang bisa kamu gunakan untuk mendongkrak performa laptop standarmu menjadi laptop gaming. Selain menggunakan GPU, jangan lupa untuk menambah RAM internal dan juga ukuran harddsik di dalam laptop. Hal ini diperlukan untuk kepentingan penyimpanan dan proses data dari game yang ukurannya terkadang luar biasa besar itu.

SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.