Home » Laptop » Tips Laptop » Buat Audio Laptop Menjadi Seperti Bioskop dengan Cara Ini

Buat Audio Laptop Menjadi Seperti Bioskop dengan Cara Ini

Semua laptop pada dasarnya sudah dibekali dengan perangkat audio oleh pabriknya. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri kalau kebanyakan perangkat audio pada laptop sangat minimalis. Suaranya lirih, bahkan saat volume sudah maksimal sekalipun. Maka dari itu biasanya kita akan membeli speaker aktif untuk membuat audio keluaran laptop menjadi lebih keras dan mantap.

Namun, bagi Anda yang suka mendengarkan musik, menonton film atau bermain game, ada cara untuk mengakali audio laptop Anda supaya bisa menjadi seperti bioskop. Tidak perlu menggunakan speaker aktif, melainkan hanya membutuhkan beberapa software khusus. Hanya perlu menginstal, lalu melakukan setting yang pas, maka kualitas audio di laptop Anda pasti akan berubah, setidaknya menjadi lebih keras dan lebih enak didengar.

Software untuk Memaksimalkan Audio Laptop

  1. DFX Audio Enhancer

dfx-audio-enhancer

Software DFX Audio Enhancher ini tersedia secara gratis, jadi Anda bisa langsung mencobanya di laptop. Selain tidak berbayar, tools ini juga menyediakan fitur yang cukup lengkap untuk memaksimalkan output audio laptop. Banyak pilihan menu yang bisa Anda kustomisasi sendiri sesuai dengan selera. Jadi Anda bisa lebih puas saat mendengarkan musik, menonton film atau bermain game.

  1. Razer Surround 7.1 Gaming Audio Software

razer-surround

Kalau software DFX Audio Enchancer fungsinya lebih umum, yang satu ini dikhususkan bagi Anda para gamers. Razer Surround 7.1 Gaming Audio Software pasti sudah tidak asing lagi di kalangan gamers, karena Razer sendiri merupakan salah satu vendor peralatan gaming berkualitas. Tapi walaupun kebanyakan dipakai oleh para gamers, Anda juga bisa pakai saat ingin menonton film atau aktivitas lainnya.

Selengkapnya :  Cara Supaya Usia Baterai Laptop Anda Lebih Awet
  1. V4W

v4w-viper4windows

Viper merupakan salah satu pengembang software yang pasti sudah tidak asing lagi di kalangan para pengguna Android. Pasalnya banyak tool yang diciptakan Viper untuk para ‘pengoprek’ Android, seperti software root dan sebagainya. Tapi selain itu Viper juga mengembangkan software khusus untuk memaksimalkan audio di laptop (Windows) bernama Viper4Windows atau sering disebut dengan V4W. Sampai sekarang pihak Viper masih terus melakukan pengembangan terhadap software yang satu ini.

  1. Hear

hear

Jika tiga software sebelumnya hanya bisa digunakan di perangkat berbasis Windows, Hear juga bisa digunakan bagi para pengguna laptop Macintosh atau sering disebut dengan Mac Book. Sebagian besar fitur yang disuguhkan mirip dengan DFX Audio Enhancer, yakni Anda bisa melakukan pengaturan sendiri sesuai keinginan. Akan tetapi, software Hear ini tidaklah gratis. Anda harus membeli versi penuhnya seharga sekitar Rp 270 ribu.

  1. Pengaturan ‘Bass Boost’

Selain itu Anda juga bisa memaksimalkan audio tanpa harus menggunakan software, melainkan dengan fitur bawaan di Windows. Anda bisa mengaktifkan fitur Bass Boost, yang mana akan membuat keluaran suara bass dari laptop lebih ‘nendang’. Caranya adalah dengan klik kanan ikon audio di sudut kanan bawah desktop > Playback device > Properties > tab Enchancements > ceklis Bass Boost. Anda bisa sesuaikan lagi seberapa keras suara bass di menu Settings. Tapi langkah terakhir sifatnya opsional.

Selengkapnya :  Tips Mengatasi Webcam di Laptop yang Bermasalah

Seru sekali, bukan? Dengan melakukan salah satu cara di atas, maka kualitas audio di laptop Anda setidaknya akan lebih baik, tanpa perlu menggunakan speaker aktif. Tapi jika Anda ingin mendengarkan hasil yang lebih jernih dan detail, Anda bisa memasang earphone atau headphone. Semoga tips tadi bisa menambah pengalaman Anda saat mendengarkan musik, menonton film dan bermain game di laptop. Selamat mencoba!

Selengkapnya :  Tips Membeli MacBook Bekas

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*