Home » Smartphone » Tips Smartphone » Memori Android Penuh Bikin Lemot! Begini Cara Mengatasinya

Memori Android Penuh Bikin Lemot! Begini Cara Mengatasinya

Smartphone adalah sebuah alat komunikasi yang sangat populer dan super canggih yang pernah diciptakan di dunia ini, bahkan hampir setiap orang sudah memiliki alat komunikasi yang satu ini. Smartphone berbasis android ini sangat populer dan sudah banyak digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, baik itu anak-anak, para remaja, hingga orang yang sudah dewasa sekalipun.

Banyak orang yang sudah membeli dan memiliki smartphone ini karena memang pembawaannya yang simpel dan memiliki fungsi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hampir semua pekerjaan yang kita jalani bisa terbantu dan menjadi lebih ringan dengan adanya smartphone berbasis android ini.

Smartphone android juga memiliki cara penggunaan yang tidak begitu rumit, dan bisa dengan mudah dipelajari oleh orang-orang yang baru saja membeli ponsel dengan jenis yang satu ini. Saat ini saja sudah banyak perusahaan yang memproduksi produk-produk smartphone androidnya sebagai bisnis kerja mereka yang ternyata hasilnya bisa dibilang begitu sukses dan pendapatannya juga sangat memuaskan. Para perusahaanpun saling berlomba-lomba agar bisa menguasai pasar smartphone yang ada di dunia.

Artiket terkait  Tetap Hemat Baterai Smartphone Walau Lupa Bawa Power Bank

Saat ini sudah terdapat banyak jenis smartphone android yang sudah diproduksi di dunia ini. Dengan spesifikasi yang sederhana sampai spesifikasi yang sangat tinggi, dengan harga yang cukup terjangkau sampai harga yang super mahal. Tentu semua itu sudah didasari dengan kualitas dari ponselnya masing-masing.

Dengan tawaran teknologi modern yang menggiurkan tersebut, bukan berarti bisa menutup kemungkinan agar tidak terjadi kerusakan pada ponsel yang telah Anda miliki. Tidak hanya kerusakan, bahkan kejadian-kejadian kecil yang akan berdampak negatif pada ponsel Anda juga masih sering kita temui. Salah satunya adalah masalah yang terjadi ketika memori pada ponsel Anda sudah penuh.

Tips Mengatasi Memori Android yang Sudah Penuh

  1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Berguna

Memang sebagian besar penyebab dari penuhnya memori penyimpanan pada android kita adalah banyaknya aplikasi yang sebenarnya sudah tidak berguna lagi bagi kita. Maka dari itu, Anda bisa menghapusnya dengan cara masuk ke setting, kemudian klik application, klik manage application, kemudian akan terlihat seluruh aplikasi yang berada di ponsel Anda, lalu hapuslah aplikasi yang tidak berguna lagi bagi Anda.

  1. Memindahkan Aplikasi Ke Penyimpanan Kartu SD

Penyebab lain terjadinya memori penuh adalah penggunaan data pada aplikasi yang Anda gunakan sudah cukup banyak. Sehingga hal ini akan memenuhi ruang penyimpanan internal pada ponsel Anda. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa memindahkan sebagian aplikasi yang terdapat pada penyimpanan internal ponsel Anda menuju ke penyimpanan kartu SD pada ponsel Anda. Dengan cara masuk ke pengaturan setting, kemudian klik application, klik manage application, lalu pindahkan beberapa aplikasi yang berada pada penyimpanan internal Anda menuju ke penyimpanan eksternal/ kartu SD Anda.

  1. Menghapus Cache/Sampah

Masalah memori penuh pada ponsel Anda juga bisa disebabkan oleh sampah-sampah yang terdapat pada aplikasi atau file-file yang Anda miliki. Untuk menghilangkan sampah tersebut, Anda bisa menghapusnya dengan cara seperti biasa atau jika aplikasi Anda kadang-kadang masih sering digunakan, Anda bisa saja menghapus data pada aplikasi tersebut tanpa harus menghapus atau menguninstal aplikasi tersebut dari ponsel Anda. Dengan cara langsung saja masuk ke bagian setting, kemudian klik application, klik manage application, pilih aplikasi yang akan Anda hapus datanya. Kemudian klik hapus data. Di situ juga terdapat pilihan hapus cache, namun jika Anda belum puas dengan pilihan hapus cache tersebut, Anda bisa memilih pilihan hapus data.

Artiket terkait  Paket Internet Terbaru Axis Februari 2017

Sebagai catatan jika Anda akan mengapus data pada aplikasi Anda, maka aplikasi tersebut akan mengulangi atau mereset sistemnya seperti pada awal-awal Anda menginstal aplikasi tersebut. Sehingga berhati-hatilah Anda dalam mengambil keputusan yang akan Anda perbuat. Demikian artikel dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.